SELEBRITI

Kronologi Debat Awkarin dan Anji Soal COVID-19 di Twitter, Karin Kini Disebut Baik

Kamis, 23 Juli 2020 10:35

Awkarin dan Anji (credit: Istimewa)

Kapanlagi.com - Buat yang suka main Twitter, pastinya tahu dong soal debat seru antara Karin Novilda alias Awkarin dengan musisi Anji. Keduanya punya perbedaan pendapat soal COVID-19 yang sekarang masih meresahkan seluruh dunia.

Semua ini berawal dari jenazah pasien COVID-19 yang dipotret oleh Joshua Irwandi untuk Natgeo sebagai bentuk awareness masyarakat agar lebih berhati-hati terhadap virus corona sekaligus menghargai kerja keras tenaga medis di garda depan. Rupanya foto ini membuat Anji punya opini sendiri.

Dalam unggahan yang sudah dihapus itu, Anji menyatakan kalau aneh saja foto itu bisa jadi viral seperti sengaja diunggah oleh influencer/buzzer. Anji juga menyoroti bagaimana mungkin seorang fotografer bisa masuk untuk mengambil foto tersebut. Ia juga mengatakan kalau COVID-19 yang ditulisnya dengan cvd tidak lah semenakutkan yang digembar-gemborkan di mana-mana. Pernyataan Anji ini pun dapat sorotan dari banyak orang termasuk Awkarin.

1. Opini dari Awkarin

Lewat Twitter-nya, Karin membuat screenshot atas pernyataan Anji tersebut dan menyampaikan opininya sendiri. Karin membuat tiga poin yang membuatnya tidak setuju dengan pernyataan Anji.

Menurut Karin, buzzer/influencer memang suka mengunggah hal-hal yang sedang tren dengan tujuan yang beragam bisa memang untuk awareness, engagement dan ikut-ikutan aja biar dibilang hits. Ia juga yakin kalau fotografer itu memang ditugaskan buat mendokumentasikan berbagai momen penting bahkan yang berbahaya sekalipun. Terakhir Karin nggak sreg dengan cara Anji menuliskan COVID-19 jadi cvd dengan alasan malas tapi masih bisa menjelaskan hal yang lainnya.

2. Opini dari Fotografer

Cuitan Awkarin ini lalu mendapat perhatian dari salah satu fotografer Nyimas Laula yang juga membuat opini terkait viral-nya foto jenazah COVID-19 tersebut. Ia pun tak setuju dengan pernyataan Anji yang bilang kalau viral-nya foto ini karena buzzer.

Karin lalu meng-quote tweet dari Nyimas sekaligus mention username Anji. Ia meminta sang musisi untuk memberikan opininya lagi. Anji menjawab pernyataan Karin itu dan meminta waktu karena ia masih dalam forum fotografi membahas foto tersebut.

3. Surat dari PFI

Tanggal 19 Juli 2020, Pewarta Foto Indonesia (PFI) membuat surat untuk mengecam pernyataan yang dibuat oleh Anji. Mereka juga berharap Anji untuk menghapus postingan sekaligus minta maaf secara terbuka kepada Joshua Irwandi dan pewarta foto.

Karin lalu mengunggah surat pernyataan PFI Pusat di Twitter. Ia sekali lagi mention Anji dan memintanya untuk menghapus pernyataan di Instagram.

4. Balasan Anji

Anji akhirnya membalas tweet dari Karin. Ia mengaku sudah melakukan kontak dengan Sekjen PFI dan janji membuat pernyataan baru secepatnya.

Bukan cuma itu saja. Yang menjadi sorotan adalah cara Anji yang menyebut Karin dengan 'Mbak Karin yang (sekarang) baik).

5. Karin Tak Mau Masa Lalu Dibawa-Bawa

Tentu saja hal tersebut tak luput dari perhatian Karin. Ia pun merasa tak seharusnya Anji ikut bawa-bawa masa lalu yang tak ada hubungannya dengan apa yang sedang mereka bahas.

"Wih Mas Anji, pake kartu 'bahas-bahas masa lalu' nih. Oke deh, Mas Anji yang (selalu) baik," balas Karin.

Seru juga debatnya. Tapi yang jelas untungnya mereka debat sehat dan tak ada masalah lain ya! Kalau menurut KLovers gimana?


REKOMENDASI
TRENDING