Marsha Tengker Akui Susah Perangi Konten Negatif dan Berbagi Tips

Selasa, 03 Oktober 2017 18:15 Penulis: Ahmat Effendi
Marsha Tengker Akui Susah Perangi Konten Negatif dan Berbagi Tips Marsha Tengker ©KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Dunia maya terutama dengan sosial media yang ada menghadirkan kemudahan bagi para pengguna untuk saling sharing informasi. Namun di sisi lain saat ini bermunculan banyak konten negatif dan hoax. Melihat perkembangan yang ada, Marsha Tengker sadar sangat sulit untuk berperang melawan berita negatif.

"Kalau aku sendiri lihatnya gini, sekarang konten negatif tuh banyak banget, misalnya kita mau perangin konten negatif itu susah banget, sama seperti kita mau memerangi konten pornografi dan sebagainya yang ada di website," ujar Marsha Tengker di Aula Dewan Harian Nasional, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (2/10/2017).

Karena itu Marsha Tengker pun berbagi tips untuk bisa mengubah keadaan. Jika selama ini banyak konten negatif bermunculan, hal itu hanya bisa dilawan dengan memperbanyak konten positif.

Marsha Tengker mengajak netizen memperbanyak konten positif. ©KapanLagi.com/Bayu HerdiantoMarsha Tengker mengajak netizen memperbanyak konten positif. ©KapanLagi.com/Bayu Herdianto

"Tapi apa sih yang bisa kita lakukan? Kita bisa bikin konten positif biar orang-orang tuh bisa terinspirasi bikin konten positif juga, jadi bukan konten negatif aja yang bagus, tapi konten positif juga banyak yang bagus," tuturnya.

Berita hoax selama ini cukup mudah menyebar di kalangan netizen. Karena itu Marsha selalu berusaha melakukan kroscek ulang mengenai kebenaran berita. Hal ini begitu penting untuk menghindari berbagai konten yang ternyata tidak benar.

"Kalau aku sendiri lihat berita pasti cek dulu. Misalnya kayak aku ada yang kenal, beritanya tentang apa gitu, pasti aku langsung tanya kroscek ke orangnya, atau paling nggak, aku lihat dari website yang beritanya bisa dipertanggungjawabkan. Jadi aku orangnya memang nggak gampang nyebarin berita hoax gitu sih, pasti aku pilih-pilih. Kalau untuk medsos aku sendiri ya aku batasi untuk berita-berita (hoax) kayak gitu. Aku lebih seneng apa yang kira-kira ada manfaatnya untuk orang lain," tandasnya.

(kpl/far/sjw)

Reporter:

Fikri Alfi Rosyadi


REKOMENDASI
TRENDING