SELEBRITI

Menangis di Persidangan, Zumi Zola Minta Hartanya di Brankas Dikembalikan

Jum'at, 23 November 2018 10:46 Penulis: Tantri Dwi Rahmawati

Liputan 6

Kapanlagi.com - Dikenal sebagai gubernur tampan yang sekaligus juga mantan artis tenar, Zumi Zola selama ini berhasil membangun citra baik. Siapa yang bisa lupa dengan ketegasannya saat menggerebek sejumlah pegawai rumah sakit yang lagi asyik santai-santai? Selain itu langkahnya yang melakukan reshuffle demi efisiensi pegawai pemerintahan juga mendapat banyak respon positif.

Namun di balik itu semua, ternyata Zumi Zola nggak luput dari kasus. Yup, November 2017 lalu ia tertangkap Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh KPK. Zumi diduga menyuap para anggota Dewan senilai total Rp 16,5 milyar. Kini kasus ini terus bergulir di pengadilan, hingga kamis (22/11) Zumi ajukan sejumlah permohonan.

1. Meminta Kembali Uang Simpanan

Dalam sidang utama di pengadilan tipikor tersebut, Zumi menangis sambil meminta agar uang simpanannya dikembalikan. "Kepada Majelis Hakim Yang Mulia, saya memohon dengan amat sangat agar uang simpanan saya tersebut bisa dikeluarkan dari penyitaan untuk kebutuhan saya dan keluarga saya selama menjalani penghukuman," ujarnya seperti yang dilansir dari Liputan 6.

Zumi menjelaskan bahwa sang istri bukan seorang pekerja, sehingga pendapatan keluarga sepenuhnya berasal darinya. Terlebih, ia miliki anak-anak berusia balita, serta ia sendiri butuh biaya untuk pengobatan diabetes. Dengan begitu permohonannya dirasa rasional. Selain itu dengan kondisi perekonomiannya yang terpuruk, Zumi Zumi meminta keringanan pidana denda.

2. Penghasilan Sebagai Artis Sudah Habis

Ia juga menambahkan, penghasilannya sebagai artis juga sudah habis. "Penghasilan saya selama ini sebagai artis telah saya jual dan dipakai untuk membantu keluarga saya. Dan sebagian lagi menjadi simpanan saya yang saya taruh di dalam brankas yang kemudian disita oleh penyidik KPK," sambung Zumi Zola.

Dalam brankas tersebut nggak cuma berisi penghasilannya sebagai artis, tapi juga sejumlah uang dari sang ayah, Zulkifli Nurdin. Ada juga uang asing dan beberapa uang poundsterling yang merupakan sisa uangnya saat kuliah di Inggris dulu.

Saat sidang akan ditutup, dia kembali meminta majelis hakim agar permintaannya terkait pengembalian brankas dipenuhi. "Terhadap uang yang disita dan rekening bank yang tak ada kaitannya dengan perkara ini dapat dikembalikan dan dibuka kembali karena itu sumber pembiayaan keluarga," pungkas Zumi Zola

 


REKOMENDASI
TRENDING