SELEBRITI

Mengundurkan Diri dari Pihak Doddy Sudrajat, Sunan Kalijaga Bantah Disebut Beralih Menjadi Kuasa Hukum Haji Faisal

Sabtu, 01 Januari 2022 20:51 Penulis: Sora Soraya

Sunan Kalijaga mundur dari kuasa hukum Doddy Sudrajat ©KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Setelah sempat menyatakan akan menjadi salah satu tim kuasa hukum Doddy Sudrajat, Sunan Kalijaga akhirnya berpindah haluan. Hal itu dikarenakan, Doddy Sudrajat mengaku namanya dipakai untuk menakut-nakuti Gala Sky dalam sebuah video.

Akan tetapi, belakangan terungkap kalau video tersebut tak benar adanya. Sehingga apa yang telah diprasangkakan kepada pihak Doddy Sudrajat kepada besannya itu tak terbukti karena video tersebut adalah hasil editan netizen.

Oleh karena itu, Sunan Kalijaga akhirnya dikabarkan balik membela pihak besan Doddy Sudrajat, Haji Faisal. Akan tetapi saat ditemui di kawasan Kasablanka, Jakarta Selatan, Jumat (31/12) malam, ayah Salmafina Sunan itu dengan tegas membantah informasi yang beredar karena menurutnya itu melanggar kode etik advokat.

1. Tidak Sesuai Kode Etik Advokat

"Seorang advokat itu tidak boleh, bisa dikenakan sanksi sesuai Undang-Undang advokat ketika selesai dengan kliennya lalu berpindah ke pihak lawan kliennya," ungkap Sunan Kalijaga.

"Itu sangat-sangat bisa dikatakan orang tidak beretika. Yang pasti saya tidak akan melakukan itu," lanjutnya.

2. Sudah Klarifikasi Langsung ke Dua Pihak

Demi menghindari kesalahpahaman dan spekulasi miring dari masyarakat, Sunan Kalijaga sudah menyampaikan klarifikasi secara langsung ke Haji Faisal dan Doddy Sudrajat. Ia pun juga menyayangkan munculnya berita tanpa meminta konfirmasi dari dirinya.

"Saya sayangkan ada beberapa media yang cukup punya nama juga ikut memberitakan ini," ucapnya.

3. Alasan Mundur dari Kuasa Hukum Doddy Sudrajat

Selain itu, Sunan Kalijaga pun menuturkan alasannya mundur sebagai kuasa hukum Doddy Sudrajat. Ia menyebut karena ketidaksesuaian dengan hati nurani maka tindakan tersebut ia lakukan.

"Ketika sesuatu perkara yang kami tangani tidak sesuai dengan hati nurani, maka tidak perlu berlama untuk kami mengambil sikap," tukasnya.

4. Memilih Mediasi di Persidangan

Sunan Kalijaga telah melihat dari dua sudut pandang dari permasalahan antara Doddy Sudrajat denfan Faisal yang kini telah menjadi konsumsi publik. Namun saat Sunan mengajak Doddy untuk bermediasi dengan besannya, ayah dari almarhumah Vanessa Angel tersebut memilih mediasi dari pihak pengadilan.

"Setelah berjumpa dengan Pak Faisal dan Ibu, lalu saya sampaikan ke Pak Doddy. Dia bilang Bang Sunan itu sudah diagendakan dengan pihak pengadilan bahwa mereka ada jadwal mediasi untuk duduk bersama. Pak Doddy memilih untuk jalur tersebut," terang Sunan.

5. Mediasi Sebelum Maju ke Peradilan

Padahal sebagai kuasa hukum, Sunan Kalijaga berharap bila Doddy Sudrajat dan Faisal mau berbicara di luar agenda sidang. Sehingga ketika nanti persoalan melaju ke peradilan, tidak ada sesuatu yang menjadi ganjalan.

"Padahal harapan saya mereka bisa bertemu sebelum masuk ke area mediasi persidangan. Jadi ketika kedua belah pihak mediasi tanpa ada kuasa hukum, mereka bisa bicara dari hati ke hati supaya menemukan titik terang yang baik. Sehingga saat maju ke peradilan tidak ada lagi yang jadi persoalan masing-masing pihak," pungkasnya.


REKOMENDASI
TRENDING