Miing Bagito Nonton Bareng Film Inspiratif

Kamis, 04 Oktober 2012 15:11 Penulis: Darmadi Sasongko
Miing Bagito Nonton Bareng Film Inspiratif Miing Bagito
Kapanlagi.com - Komedian Miing Bagito menilai saat ini warga Indonesia hampir kehilangan karakter dan jati diri sebagai bangsa Indonesia. Tidak sedikit anak muda lebih mengidolakan artis negara lain seperti Korea dan meninggalkan nilai-nilai budaya bangsa yang menjadi simbol jati diri bangsa.

"Negara tidak akan hancur karena tsunami atau bencana alam lainnya, negara juga tidak akan hancur karena krisis keuangan global, tetapi bangsa ini akan hancur bila kehilangan nilai budaya, dan kita kini sedang mengalami krisis nilai budaya tersebut," tegasnya.

Krisis budaya, katanya, terlihat dari maraknya tawuran pelajar yang terjadi di beberapa daerah, begitu juga dengan tawuran mahasiswa banyak menghiasi berita televisi. Kondisi ini karena bangsa Indonesia sudah mulai kehilangan karakter akibat mengabaikan budaya nilai luhur bangsa.

Miing bersama ratusan pelajar Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama serta para guru di Kota Banjarmasin menggelar nonton bersama film inspiratif di Mahligai Pancasila Banjarmasin, Rabu (03/10).

Film berjudul Lima Elang dan Batas yang mengangkat nilai-nilai budaya Indonesia tersebut dimaksudkan untuk menggugah tentang pentingnya nilai budaya bagi pendidikan karakter Indonesia.

Anak-anak, lanjut Miing banyak dijejali dengan hitungan-hitungan atau angka, sehingga melupakan pelajaran budi pekerti yang sebenarnya juga jauh lebih penting. "Kalau nilai matematika anak-anak tidak sembilan berarti anak tersebut tidak pintar, tentu hal tersebut suatu pemikiran yang sangat salah," katanya.

Padahal pendidikan dan karakter bangsa, tidak hanya bisa dinilai pada sebatas angka-angka, tetapi anak-anak harus terus didorong untuk tumbuh kreativitasnya. Anak yang nilai pendidikannya rendah, belum tentu tidak bisa sukses di kemudian hari. Sehingga pemerintah harus terus mendukung dan mendorong tumbuhnya kreativitas, tanpa harus dibatasi ukuran tingginya nilai.

Miing berharap, dengan diputarnya film tersebut, mampu menjadi inspiratif dan movifasi bagi anak-anak untuk menghargai nilai-nilai budaya.

Kegiatan nonton bersama itu juga dihadiri oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Musliar Kasim, produser eksekutif sekaligus pemain film Batas Marcella Zalianty, serta Piet Pagau yang juga bermain dalam film tersebut.

(antara/dar)


REKOMENDASI
TRENDING