SELEBRITI

Setelah Operasi Pembuangan Batu dan Nanah di Empedu, Miing Bagito Dilarang Makan Pedas Lagi

Rabu, 24 Juni 2020 11:10

Miing Bagito (credit: KapanLagi.com)

Kapanlagi.com - Pelawak senior Miing Bagito baru saja diketahui tengah terbaring lemah. Melalui sahabatnya yang juga rekan satu grup di Bagito, Didin, Miing punya masalah di empedunya sejak Januari lalu dan selama ini menjalani perawatan dengan minum obat-obatan. Miing pun menjalani operasi pada pekan lalu.

Didin sempat diwawancarai kembali soal kondisi Miing saat ditemui di kawasan Pondok Gede, Jakarta Timur, Minggu (21/6/2020). Ia bilang kalau sahabatnya saat itu belum fit, jalannya masih sempoyongan, dan butuh istirahat. Di hari Minggu itu Miing disebut sudah tiga hari berada di rumah. Walau begitu ia menjelaskan kalau operasi rekannya berjalan lancar.

"Awalnya yang namanya batu empedu bisa harus operasi besar, tapi karena empedunya sudah ada pelengketan, jadi otomatis operasi. Saya juga lihat hasilnya serem banget, ada nanahnya sama batu-batu kecil, agak sedikit rumit. Biasanya kan kayak angkat batu ginjal bisa ditembak, akhirnya dibuang semua," jelasnya.

1. Tak Boleh Makan Pedas Lagi

Menurut Didin, Miing selama ini bertahan tanpa operasi. Tapi terkahir masuk rumah sakit, pihak dokter sudah tak memberikan toleransi lagi dan memutuskan agar sang komedian senior dioperasi.

"Menurut dokter yang namanya empedu menyaring racun yang masuk ke tubuh, jadi mungkin terlalu banyak makanan sembarangan yang mengandung racun akhirnya overload barangkali. Jadi dia gak kuat ya sudah mengkristal jadi batu-batu kecil, tapi banyak, ada juga kan yang satu tapi besar. Mungkin pas ramadan gak kekontrol makanan, taju sendiri kalau puasa," ujar Didin.

2. Sudah Bisa Bercanda

Setelah operasi, Miing sempat dirawat di ICU selama dua hari. Setelah melewati masa kritis, masih belum boleh makan hanya infus juga selama dua hari dan buah yang blender. Didin pun rajin berkomunikasi untuk melihat kondisi Miing.

"Sekarang sangat ditekankan gak boleh lagi makanan pedas, berminyak, mau gak mau harus makan sehat sekarang. Sekarang lagi istirahat dan tadi pagi kontekan dengan saya. Ada progres yang bagus tidak seperti waktu pulang pertama kali itu masih lemes, pucet. Sekarang sudah bisa bercanda sama cucunya. Alhamdulillah support dari keluarga, temen-temen sejawat juga betul-betul memberikan dukungan doa dan support," pungkas Didin.

Semoga cepat sehat buat Miing!

[crosslink1]


REKOMENDASI
TRENDING