SELEBRITI

Istri Miing Bagito Ungkap Kronologi Sakit Batu Empedu Suaminya, Minum Obat Selama 3 Bulan Hingga Akhirnya Operasi

Selasa, 16 Juni 2020 17:00

Miing Bagito © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Lama tak terdengar kabarnya, komedian Miing Bagito ternyata sedang dalam kondisi kesehatan yang kurang baik. Pemilik nama asli Dedi Gumelar ini tengah terbaring di rumah sakit setelah menjalani operasi batu empedu pada Jumat (12/6) lalu.

Rupanya penyakit yang dialami oleh Miing sudah dirasakan oleh anggota DPR periode 2009-2014 ini sejak awal tahun 2020. Kabar ini diungkapkan oleh Liesma, istri Miing via chat Whatsapp kepada KapanLagi.com, Senin (15/6/2020).

"Awal Januari periksa ke dokter karena perutnya sakit. Setelah diperiksa lab, rongent, dan USG, ternyata ada batu di empedu. Diputuskan selama 3 bulan minum obat," ungkap Liesma.

1. Selalu Merasa Kesakitan

Meski sudah rutin mengonsumsi obat, rasa sakit yang dialami oleh Miing tak kunjung membaik. Serangkaian pemeriksaan dan pengobatan yang sudah dilakukan tetap menunjukkan hasil yang nihil, sebelum akhirnya diputuskan untuk menjalani operasi.

"Bulan April seharusnya kontrol, karena kondisi covid tidak dicek ke RS. Bulan Mei terkadang terasa sakit hilang lagi. Awal Juni sakit sekali, tidak tahan semaleman tidak bisa tidur. Akhirnya kami ke rumah sakit dan harus dirawat. Setelah di USG kembali, batu empedunya membesar dan ada infeksi. Berjalan pengobatan selama 4 hari masih kesakitan. Infeksinya masih bereaksi. Akhirnya hari kelima pemeriksaan MRI dll.," sambungnya.

2. Sudah Cukup Parah

Kondisi empedu Miing yang tergolong cukup parah baru terungkap dari hasil operasi yang dilangsungkan pada Jumat (12/6) lalu. Tak hanya infeksi dan bengkak, ada banyak batu kecil yang ada di dalam empedu pria kelahiran 27 April 1958 ini.

"Jumat malam dijadwalkan untuk operasi. Setelah berbagai pemeriksaan, puasa selama 6 jam. Jumat jam 7 malam masuk ruang operasi, selesai jam 10-an kurang. Hasil operasi ternyata kantong empedunya bengkak sekali membuat batang empedunya menyempit, batu kecil banyak dan ada nanah. Makanya kemarin Mas Miing kesakitan sekali," tutur Liesma.

3. Kondisi Setelah Operasi

Setelah operasi, Miing masih harus menjalani serangkaian pemeriksaan di rumah sakit. Meski demikian, dikabarkan bahwa kondisi komedian veteran ini semakin membaik.

"Selesai operasi, masuk ruang HCU dulu untuk pantau cairan di empedunya. Ada selang masuk ke dalam perut dipinggir. Di HCU selama 2 hari. Alhamdulillah hari Minggu sudah bisa dipindahkan ke ruangan. Hari Senin (15/6) tadi pagi kateter dan selang makan sudah dicabut. Infus dan selang dari lambung masih terpasang. Besok (16/6) akan ada pemeriksaan lab kembali," pungkasnya.

Semoga Miing lekas sembuh dan bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala. Aamiin.

(kpl/dan/rsp)


REKOMENDASI
TRENDING