SELEBRITI

Olahraga Andalan Selebriti Supaya Sehat, Ada yang Suka Berkuda

Rabu, 26 September 2018 16:02 Penulis: Mahardi Eka Putra

KapanLagi.com®

Kapanlagi.com - Menjaga hidup sehat itu perlu perjuangan. Terlebih bagi para selebriti. Aktivitas padat, jam tidur, serta pola makan menjadi faktor-faktor penentu. Selain usaha ekstra untuk bisa istirahat cukup dan menjaga pola tidur yang baik, para selebriti membutuhkan olahraga untuk tetap bisa menjaga kondisi tubuhnya.

Ya, bagi para sebagian besar selebriti, punya waktu untuk berolahraga adalah keistimewaan. Banyak di antara mereka mengaku memiliki jadwal padat. Banyak dari mereka memakai waktu yang tersisa untuk beristirahat. Meski begitu, nggak sedikit juga loh seleb-seleb yang tahu pentingnya olahraga dan berusaha untuk rutin melakukannya. 

Dengan jadwalnya yang padat, Deddy Corbuzier, Nikita Mirzani, Ruben Onsu, Julie Estelle, Chacha Frederica, dan Iis Dahlia mengaku mengupayakan hidup sehat. Ketika kami wawancara, mereka mengaku sudah menerapkan pola hidup yang lebih sehat dengan memperhatikan makanan dan juga waktu olahraga.

Di sisi lain, beberapa seleb juga sudah berusaha untuk tetap berolahraga meski kadang masih belum rutin atau belum memperhatikan makanan yang dimakan. Yuk intip seperti apa sih kebiasaan olahraga, pola makan, dan juga diet para selebritis Indonesia ini.

 

1. Dari Jogging Sampai Berkuda

 

Bintang-bintang muda seperti Endy Arfian, Laura Theux, dan Aurelie Meoremans, termasuk yang jarang banget melakukan olahraga. Endy Arfian mengaku kalau ia biasanya olahraga sekali dalam sepekan, untuk Laura Theux dan Aurelie Moeremans keduanya masih jarang melakukan olahraga. Meski begitu Laura Theux mengaku kalau akan mulai ikut nge-gym.

"Jarang olahraga, biasanya kalau memang dapat break aku pakai buat istirahat aja... (Tubuh) mulai nggak seideal dulu sih (gara-gara jarang olahraga," ungkap Aurelie Moeremans. Sedangkan seleb seperti Uya Kuya mengaku kalau memang jarang sekali olahraga. Namun di sisi lain, ia menggantinya dengan memperbanyak mengonsumsi buah dan sayur agar tubuhnya tetap sehat.

Menariknya, mantan pemain bulutangkis Ricky Subagja pun ternyata tidak rutin berolahraga, "Nggak rutin (olahraga). Bulutangkis saya usahakan, atau sekalian coaching clinic, eksibisi atau jogging saja," ungkapnya. 

Sementara untuk Nindy, ia mengungkap bahwa dirinya berolahraga hanya untuk kebutuhan tertentu saja. Nindy memilih olahraga zumba. Ia sempat berhenti berolahraga karena merasa tubuhnya sudah ideal. Ketika ia merasa perlu membentuk tubuhnya lagi, ia bakal berolahraga. Nindy mengaku kuat olahraga zumba sampai dua jam kalau memang sedang ikut dua sesi kelas.

"Terus terang karena berat badan aku saat ini sudah sampai di angka yang aku inginkan, aku jadi jarang olahraga hahaha. Tapi ini mau mulai zumba lagi. Karena aku sadar kalau olahraga bukan hanya untuk ngurusin badan aja tapi juga untuk stamina atau endurance kita biar lebih fit. Dulu waktu pengen kurusin badan, aku hampir setiap hari olahraga. Kalau sekarang mungkin hanya sebulan tiga kali hahaha," tutur Nindy.

Julie Estelle yang sudah menerapkan pola hidup sehat memang berusaha untuk tidak meninggalkan kebiasaannya berolahraga. Ia juga bukan tipe orang yang merasa perlu olahraga hanya saat berat badan naik saja.

"Olahraga aja sih paling, kan kalau kita lagi pergi liburan mungkin kan kita kadang loss gak sempet olahraga, tapi biasanya pada saat kita kembali menjalani lagi rutinitas seperti biasa ya akan kembali seperti sebelumnya. Itu aja sih, mungkin disiplin kali ya, olahraga. Aku tahu tuh kalo olahraga kalau udah lama nggak pasti tuh mulainya susah banget. Aku pun begitu. Kalo udah lama pegel banget pegel. Kan bisa seminggu tuh pegelnya dan yang paling susah tuh niatnya kan hahaha udah males tuh niatnya awal-awalnya. Cuma begitu kita udah memulai lagi biasanya akhirnya menjadi sebuah kebutuhan," tandas Julie Estelle.

Jenis olahraga yang menjadi andalan para selebriti pun berbeda-beda. Sebut saja Ruben Onsu yang memiliki jadwal pasti untuk olahraga berkuda, Chacha Frederica yang rutin pilates dan yoga, Iis Dahlia yang tetap semangat nge-gym dan berenang, dan Dea Dahlila yang sudah sejak lama menggeluti wushu dan kini sedang ikut latihan Mua Thai dan juga olahraga lari - bersepeda. Luna Maya punya kebiasaan olahraga setiap hari Senin sampai Sabtu dan biasanya menjadwalkan di pagi hari. Ia pun memilih olahraga yang berbeda-beda untuk dilakukan, tapi tentunya jika ia ada jadwal syuting waktu olahraga harus disesuaikan lagi karena ia harus bekerja.

2. Sempatkah Berolahraga?

Salah satu perjuangan para selebriti dalam berolahraga adalah ketika waktu yang mereka miliki hanya pada saat senggang. Tara Budiman misalnya, mengaku ada rasa malas saat akan memulai olahraga, terlebih di akhir pekan di mana merupakan waktu libur. “Pola hidup sehat, satu istirahat teratur. olahraga teratur, itu sih yang paling penting. Elu tau kapasitas badan lu sendiri. Gua olahraga untuk lari seminggu tiga hari. PR-nya di hari minggu. Sekarang gua lagi proses pengurusan badan seminggu biasanya tiga kali. Sisanya gua isi-isi dengan ngegym,” ungkap suami Gya Sadiqah ini.

Di sisi lain, Deddy Corbuzier merupakan tipe orang yang selalu menyempatkan diri untuk berolahraga. Biasanya, Deddy melakukan sampai enam kali latihan dalam sepekan. Ia juga memiliki gym di rumah untuk menunjang olahraganya. Dari pengakuannya, Deddy paling lama tidak berolahraga hanya dua hari saja loh, itu pun terpaksa dilakukannya karena pekerjaan.

Saat berlibur atau harus pergi karena pekerjaan, Deddy selalu memilih hotel yang memiliki fasilitas gym. Karena suka makan, ia pun merasa harus membakar kalori yang telah dikonsumsi dengan olahraga. Bahkan saat kondisi kurang baik pun, Deddy Corbuzier masih tetap berolahraga loh.

"Biasanya mainnya ringan, olahraga tuh ada strength dan hipertrofi. Strength itu artinya kita mainnya berat, misalnya saya angkat beban anggap lah 40 kilo tapi cuma 6 kali. Kalau hipertrofi tuh angkatnya cuma 10 kilo tapi 12 kali, itu ringan. Kalau misalnya badan lagi nggak enak selama masih bisa olahraga saya olahraga tapi ringan. Jadi jangan dipaksakan berat," tandas Deddy Corbuzier.

Host program HITAM PUTIH ini juga mengklaim kalau ia sudah menerapkan pola hidup sehat dibandingkan rekan-rekan seprofesi atau orang seusianya, "Saya olahraga pasti, makan saya teratur, saya pilih makanan, saya tidak minum alkohol, saya nggak dugem, saya nggak pulang malam. Jadi harusnya sih sudah hidup sehat. Tapi kan orang hidup sehat belum tentu mati tua juga gitu kan. Itu kan tergantung. Jadi kalau dibilang sudah hidup sehat, compare to orang-orang yang seusia saya atau compare ke teman-teman yang pekerjaannya sama seharusnya saya sudah lebih sehat,” tegasnya.

Deddy menyoroti masih banyak selebriti yang masih tenggelam dalam pekerjaannya. Hal tersebut diyakininya bakal berdampak pada waktu tidur mereka yang kurang. Kualitas makanan juga bisa jadi berkurang karena lebih banyak menghabiskan waktu di tempat kerja.

3. Kebutuhan Olahraga Berbeda-Beda

Dokter Andreas Prasadja yang memiliki sertifikasi dalam studi soal tidur membahas pentingnya tidur dan hubungannya dengan olahraga. Pasalnya, setiap orang punya porsi dan jenis kebutuhan olahraga yang berbeda. Salah memilih olahraga juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan atau bisa sampai serangan jantung.

"Seorang pendengkur (salah satu gangguan tidur) yang bangun malam lebih dari 2 kali hati-hati berolahraga. Terutama cardio, bisa serangan jantung mendadak. Karena gangguan jantung terdeteksi saat sedang tidur." Nah sebaiknya bisa konsultasi pada ahli sebelum memilih olahraga yang akan dilakukan.

Nah kalau KLovers, olahraga apa yang menjadi andalan kalian untuk tetap hidup sehat? Intip liputan kami seputar jam tidur serta olahraga selebriti selengkapnya dalam video di bawah ini. 


REKOMENDASI
TRENDING