SELEBRITI

'OPERA AINUN', Angkat Kisah Cinta Habibie Pada Ainun Yang Belum Diketahui

Senin, 17 September 2018 16:33 Penulis: Rezka Aulia

Kisah cinta Habibie-Ainun dipentaskan dalam opera. (istimewa)

Kapanlagi.com - Kisah cinta BJ Habibie dan Hasri Ainun tak pernah habis untuk diangkat. Kali ini untuk pertama kalinya Lima Dimensi Production mencoba untuk menyuguhkannya lewat pementasan opera. Kisah mereka dihelat di Taman Ismail Marzuki pada 15 dan 16 September 2018 kemarin.

Kali ini, cerita lebih fokus dari sosok Ainun, tidak seperti pada film dan novel yang lebih menonjolkan Habibie. Titien Wattimena sebagai penulis skenario mengatakan banyak kisah yang dituangkan soal Ainun yang tidak ditemui di novel ataupun film yang sudah keluar.

"Apa yang ada di film gak bisa kita tampilkan disini, dan apa yang disini tidak bisa kita tampilkan juga di film. Jangankan dibandingkan dengan film, dibandingkan opera lainnya juga beda. Dan bicara tergantung beban terus terang ini punya jiwanya sendiri dan jalannya sendiri dan lebih dari filmnya," ucap Titien.

1. Ceritakan Kisah Habibie-Ainun Secara Detail

Selama 150 menit, para penonton pertunjukan disuguhkan tiga babak yang berlatarbelakang di tiga tempat berbeda. Yang pertama di Bandung, Jawa Barat dengan suguhan cerita Ainun sebagai dokter muda yang digandrungi banyak pria, namun lebih memilih pria yang baru pulang dari Jerman dan mengajaknya berkencan dengan menggunakan becak.

Babak kedua berlatar di Oberforstbach dan Hamburg, Jerman. Setelah mereka menikah, Ainun menjadi ibu rumah tangga dan digambarkan sedih dan kesepian lantaran sang suami sibuk dengan pekerjaannya. Dan terakhir di Jakarta tatkala sang suami menjadi Presiden Republik Indonesia.

2. Kisah Cinta Tulus Penuh Haru

Rupanya, Ainun menyembunyikan fakta penyakit keras yang dideritanya pada sang suami. Alasannya, dia tak mau menambah beban pikiran Habibie karena kala itu keadaan bangsa Indonesia sedang dalam masa krisis.

Akhirnya, sang suami pun mengetahui perihal penyakit yang diderita istrinya, hingga menyesali banyak waktu yang terbuang diantara mereka. Tentunya banyak penonton terlihat menitikan air mata saat kepergian Ainun menghadap sang pencipta.

 


REKOMENDASI
TRENDING