SELEBRITI

Para Korban Tak Terima Olivia Nathania Divonis Tiga Tahun Penjara, Ruang Sidang Sempat Memanas

Senin, 28 Maret 2022 17:29

Para korban penipuan Olivia Nathania histeris ©KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjatuhkan hukuman untuk Olivia Nathania, anak dari Nia Daniaty tiga tahun penjara atas kasus penipuan berkedok penerimaan CPNS. Hukuman ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang sebelumnya yang menuntut Olivia Nathania 3,5 tahun penjara.

Selama sidang berlangsung, ada beberapa orang korban penipuan Olivia Nathania turut menyaksikan persidangan putusan yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, pada Senin (28/3/2022). Mendengar putusan majelis hakim, salah satu korban bernama Agustin mendadak pingsan atau tak sadarkan diri.

Mengetahui Agustin pingsan, para korban yang lainnya pun langsung membantu dan membopong rekannya itu ke kursi ruang sidang. Kemudian, usai persidangan sempat terjadi cekcok antara kuasa hukum Olivia Nathania, Andy Mulia Siregar dengan salah satu korban.

1. Berbohong

Andy Mulia Siregar yang ingin memberikan keterangan kepada awak media terkait hasil persidangan. Tiba-tiba, salah satu korban langsung memotong pernyataan kuasa hukum Olivia Nathania. Bukan hanya itu, salah satu korban itu juga sempat menunjuk-nunjuk ke arah Andy Mulia Siregar.

"Kami menghargai ya apa yang disampaikan majelis hakim," kata Andy Mulia Siregar.

"Bohong, mana kembalikan, kamu berbohong ya, jangan macem-macem," kata korban.

"Ini pengadilan pak, ini pengadilan," kata Andy Mulia Siregar.

2. Hargai Putusan Majelis Hakim

Kemudian, Andy Mulia Siregar melanjutkan pernyataannya kepada awak media terkait putusan majelis hakim yang memvonis tiga tahun penjara untuk Olivia Nathania. Andy Mulia Siregar mengaku, pihaknya sangat menghargai putusan majelis hakim.

"Kami sangat menghargai apa yang disampaikan pengadilan. Karena itu merupakan putusan kita harus hargai," katanya.

3. Siap Banding

Andy Mulia Siregar mengatakan, pihaknya juga akan berupaya banding atas putusan majelis hakim. Menurutnya, ada beberapa pertimbangan yang membuatnya berupaya banding, salha satunya adalah terkait pengembalian uang kepada korban.

"Tapi kami merasa ada beberapa pertimbangan yang tidak dilakukan dengan tepat itu kita ajukan upaya hukum banding. Seperti apa, seperti alasan-alasan pengembalian yang sudah dikembalikan tenyata itu tidak dijadikan pertimbangan oleh majelis hakim," tutup Andy Mulia Siregar.

4. Penipuan CPNS

Seperti yang diketahui, Olivia Nathania, putri Nia Daniaty dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas kasus dugaan penipuan dengan modus seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Korban penipuan Olivia mencapai 225 orang dengan kerugian mencapai Rp9,7 M.

225 korban tersebut diketahui belum memiliki status CPNS. Padahal, sudah ada SK dan pengangkatan NIK yang dijanjikan Olivia Nathania. Hingga kini kasus tersebut sudah dinaikkan statusnya dari penyelidikan menjadi penyidikan. Bahkan, putri Nia Daniaty itu telah ditahan di Rutan Polda Metro Jaya.


REKOMENDASI
TRENDING