SELEBRITI

Peduli Keselamatan Bumi, Kotak Ikutan Tanam Pohon di Ngawi

Minggu, 18 Agustus 2019 06:35 Penulis: Guntur Merdekawan

Kotak / Credit: Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Tak sekedar berprestasi di industri musik, Band Kotak juga sangat peduli akan lingkungan. Hal itu ditunjukkan oleh trio yang digawangi oleh Tantri, Chua dan Cella ini ketika berpartisipasi dalam program Djarum Trees for Life (DTFL) yang diusung oleh Djarum Foundation.

Kotak memang ditunjuk sebagai salah satu duta lingkungan DTFL. Sejak dijalankan pada tahun 2010 silam, program DTFL sudah menanam sebanyak 111.466 pohon trembesi di sepanjang 2.472 km yang tersebar di Merak-Bayuwangi, jalur Joglosemar (Yogyakarta-Solo-Semarang), ruas Tol Trans Jawa, Lingkar Madura, Lombok dan Medan. Kali ini, lokasi yang dipilih adalah sepanjang jalan Ruas Tol Ngawi-Kertosono.

Ini adalah partisipasi kedua Kotak pada program penghijauan DTFL. Tantri menekankan himbauan agar para penggemarnya, khusunya para milenial untuk mulai lebih peduli pada lingkungan sekitar.

"Kita harus menyadari bahwa manusia dan alam merupakan kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Jika kita merawat lingkungan, alam juga akan menjaga manusia. Jangan sampai bencana datang karena kita lalai menjaganya," kata Tantri Kotak dalam keterangan tertulisnya, Rabu (14/8).

"Kami sedang gencar-gencarnya mengajak Kerabat Kotak untuk melakukan upaya melestarikan lingkungan minimal dari rumah, seperti menghemat pemakaian plastik," sambung wanita bernama lengkap Tantri Syalindri Ichlasari itu.

 

1. Dimulai dari Perubahan Kecil

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk turut membantu penghijauan demi mencegah dampak pemanasan global. Bahkan, kita bisa memulainya dari hal-hal kecil, seperti yang sudah dilakukan oleh Chua dan Tantri.

"Kalau lagi di rumah, aku biasanya nyiram tanaman bareng anak. Selain bermain air, anak juga tahu kalau pohon-pohon di rumah bisa tumbuh subur. Kalau pergi ke mana-mana membawa thumbler. Begitu saja sih. Hal sepele tapi penting," ujar Chua.

"Nggak harus melakukan perubahan besar. Di rumah juga bisa menghemat plastik dengan cara membawa tas ke manapun, kayak ke minimarket," tutur Tantri.

2. Penampilan Kotak di Atas Panggung

Selain berpartisipasi menanam pohon Trembesi, Kotak juga memeriahkan acara ini lewat lagu-lagu hitsnya di alun-alun Ngawi, Jawa Timur. Bahkan, salah satu karya Kotak yang berjudul Hijaukan Bumi juga sengaja dibuat sebagai bentuk dukungan Tantri CS dalam melestarikan lingkungan.

"Program ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian, tanggung jawab, serta komitmen Djarum Foundation terhadap lingkungan guna mengurangi efek pemanasan global dan menciptakan lingkungan yang bersahabat bagi Indonesia di masa depan," ujar FX Supanji di sela rangkaian seremoni.


REKOMENDASI
TRENDING