Peduli Lingkungan, Nadine Chandrawinata Ajak Jadi Pejuang Lautan

Sabtu, 10 Desember 2016 11:00 Penulis: Arai Amelya
Peduli Lingkungan, Nadine Chandrawinata Ajak Jadi Pejuang Lautan Nadine Chandrawinata © KapanLagi.com®/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Dikenal sebagai selebritis yang sangat peduli pada lingkungan, Nadine Chandrawinata pun tak segan mengajak masyarakat bergabung jadi Sea Soldiers alias Pejuang Lautan. Bahkan di tahun 2016 ini, ada dua gerakan besar untuk mengubah pola hidup agar semua orang jadi lebih ramah lingkungan.

"Jadi sekarang mulai menyebar virus ramah lingkungan, aku ambil medianya gelang yang udah kupakai dua tahun ini buat diving. Aku melihat trend selfie kan lagi happening banget, aku arahkan ke hal positif tentang lingkungan. Jadi kayak selfie sambil buang sampah sendiri, selfie bawa tumblr bukannya botol minum plastik dan memakai gelang ini. Kita harus belajar eksis dengan cara positif," jelas Nadine.

Puteri Indonesia 2005 ini pun menjelaskan jika gelang Pejuang Lautan ini memang memiliki nomor seri karena untuk mendapatkannya tidak mudah dan butuh registrasi data. Bahkan kini Nadine sudah punya sekitar 400-an orang yang bergabung dan dituntut untuk aktif serta maksimal melakukan aksi peduli lingkungan lautan. Tak cuma lewat gelang, Nadine juga memiliki clothing line bergambar satwa dilindungi yang bekerja sama dengan WWF. Menurut Nadine, penjualan kaos ini begitu diminati lantaran hasil penjualannya ditujukan untuk perlindungan satwa langka.

Semakin peduli lingkungan, Nadine makin luar biasa © Budy SantosoSemakin peduli lingkungan, Nadine makin luar biasa © Budy Santoso

"Yang punya nomor harus tanggung jawab untuk ajak teman-temannya jadi lebih baik. Bukannya bikin aturan terlalu ketat, cuma kan ada banyak yang nggak punya nomor tetap berjuang maksimal. Sekarang gerakannya udah ke beberapa daerah seperti di Surabaya, Banyuwangi dan Papua yang masing-masing punya kegiatan seperti peduli hutan Mangrove, terumbu karang dan gerakan mengurangi plastik," lanjut perempuan cantik berumur 32 tahun ini.

Meskipun awalnya banyak yang bingung, Nadine pun dengan sabar menjelaskan gerakan Prajurit Lautan ini. Nadine bercerita bahwa selama ini semua sampah dari perkotaan mengalir ke laut dan itu sangat mengganggu kala menyelam. Demi menjaga ekosistem Bumi, Nadine pun mengajak semua orang mengubah pola pikir jadi lebih ramah lingkungan. Tak cuma peduli lautan, Nadine rupanya juga sudah menerapkan pola hidup sehat lewat memilih jadi vegetarian.

"Sebetulnya itu sih pilihan hidup aja. Aku memilih kurangi makan daging untuk jaga tubuh. Aku juga kasihan lihat binatang yang dipotong, jadi mending makan yang lain. Sejak SMA udah kurangi makan daging dan nasi, jadi vegetarian bukan hal yang baru sih. Aku juga nggak maksa ngejak orang lain jadi veggie, pokoknya nyaman bagi mereka.

(kpl/aal/aia)

Reporter:

Sahal Fadhli


REKOMENDASI
TRENDING