SELEBRITI

Perdarahan Otak yang Dialami Tukul Arwana Tidak Ada Kaitannya dengan Vaksin COVID-19

Jum'at, 24 September 2021 13:17

Tukul Arwana (credit: Kapanlagi.com/Budy Santoso)

Kapanlagi.com - Kabar sedih datang dari komedian dan presenter populer Tukul Arwana. Tukul saat ini tengah dirawat intensif di rumah sakit akibat perdarahan otak atau stroke.

Sayangnya di tengah perawatan ini, muncul sebuah rumor yang menyebutkan kalau sakitnya Tukul disebabkan efek samping dari vaksin COVID-19. Direktur Utama Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON) Prof Dr dr Mahar Mardjono, Jakarta, Dr Mursyid Bustami, Sp.S (K), KIC pun menjelaskan sebenarnya yang terjadi pada Jumat pagi (24/9/2021).

"Pendarahan otak yang spontan itu adalah stroke. Ini merupakan penyakit yang ada faktor mendasari, ada kondisi kesehatan yang berpotensi untuk terjadi stroke. Pembuluh darah itu ada titik lemahnya di otak, pada waktu tertentu di mana tekanannya meningkat lalu pecah. Pada umumnya, pasien akan mengeluh sakit kepala lalu terjadi penurunan kesadaran," jelas Dokter Mahar.

1. Bantah Karena Vaksin COVID-19

Terkait dengan rumor kalau sakitnya Tukul disebabkan oleh vaksin COVID-19, Dokter Mahar membantah dengan tegas. Beliau pun merasa perlu memberitahukan masalah ini agar tidak ada kesalahpahaman.

"Kami perlu menegaskan bahwa dari berita yang beredar mungkin perlu diklarifikasi. Tidak ada hubungannya antara pendarahan otak dengan vaksin Covid-19. Supaya masyarakat tidak salah paham mengenai hal ini dan tidak menimbulkan keraguan masyarakat untuk melakukan vaksin," tegasnya.

 

2. Menolak Jelaskan Kondisi Tukul

Setelah membantah kalau apa yang menimpa Tukul bukan terkait vaksin COVID-19, Dokter Mahar menolak memberikan penjelasan mengenasi kondisi sang komedian. Ini semua bukan haknya untuk menjelaskan kondisi Tukul.

"Saya tidak berhak untuk menyampaikan kondisi pasien karena ini berkaitan dengan hak pasien. Tentunya informasi tersebut bisa didapat dari keluarga," tutup Dokter Mahar.

Semoga Tukul cepat pulih kondisinya dan segera bisa berkumpul bersama keluarga.

 


REKOMENDASI
TRENDING