SELEBRITI

Raditya Dika Soal 'Fresh Graduate Tolak Gaji 8 Juta', Tanya 3 Adiknya yang Alumni UI

Senin, 29 Juli 2019 11:20 Penulis: Rahmi Safitri

Raditya Dika © KapanLagi.com®/Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - Beberapa waktu lalu sempat viral soal postingan Insta Story dari seseorang yang mengaku sebagai fresh graduate dari Universitas Indonesia alias UI dan menolak karena mendapat gaji awal Rp 8 juta. Arogansi yang tertulis di Insta Story itu membuat marah netizens Twitter hingga dapat komentar dari para selebtwit sampai selebritis Indonesia.

Salah satu yang memberikan komentar soal keviralan ini, Raditya Dika sebagai alumni UI pun turut memberikan komentar lewat channel YouTube-nya. Pria multitalenta ini menuturkan pendapatnya soal keviralan ini.

Pertama-tama Dika menuturkan kalau bisa saja Insta Story itu hanya iseng belaka yang dimaksudkan untuk viral dan bukan dibuat oleh anak UI asli. Tapi kalau Insta Story itu memang postingan dari alumni UI, Dika pun memberikan komentar dan nasihatnya.

1. Teman-Teman Dika Nggak Ada yang Sombong

Dika membaca komentar dari netizens yang bilang kalau mending lulusan kampus swasta daripada alumni universitas negeri yang sombong-sombong. Suaminya dari Anissa Aziza ini menjelaskan teman-temannya yang anak UI nggak ada yang sombong. Makanya ia menasihati kepada pemilik Insta Story untuk tidak belagu sebagai seorang fresh graduate yang baru masuk dunia kerja.

Attitude yang jelek tak akan membuat karir seorang tak bisa ke mana-mana. Dika sudah melihat contoh langsung orang-orang yang hanya segitu saja karena merasa dirinya hebat. Ia bilang orang yang terus mau belajar justru bisa punya karir cemerlang.

2. Hati-Hati di Internet

Nasihat lainnya dari Dika adalah hati-hati jika menulis di Internet. Walaupun hanya di Insta Story tapi itu jejaknya bisa selamanya. Jika suatu saat nanti pembuat Insta Story itu ketahuan jati dirinya itu bisa berdampak negatif.

"Gua kalau jadi orang yang mau meng-hire dia pasti yang akan mikir berkali-kali gitu dan mungkin nggak akan gue terima juga. Karena dia pernah yang kayak gini. Gua nggak mau punya karyawan yang seperti ini," ujar Dika.

3. Gaji Fresh Graduate UI

Dika lalu menyebut artikel yang membahas, berapa sih seharusnya gaji dari fresh graduate UI. Di artikel tersebut disebutkan kalau alumni baru UI rata-rata mendapat gaji sekitar 3 - 8 juta rupiah. Untuk membuktikan, Dika lalu menghubungi tiga adiknya yang kebetulan lulusan UI juga, soal gaji fresh graduate kampus tersebut.

Dari ketiga adik cewek Dika, semuanya menyebutkan rata-rata teman mereka saat baru lulus mendapat gaji antara 3,5 juta sampai 8 juta rupiah. Itu juga tergantung besarnya perusahaan yang memperkerjakan. Baru beberapa tahun kemudian setelah kerja, mereka bisa mendapat gaji belasan hingga puluhan juta.

Dika sendiri mengaku gaji pertamanya dulu sebagai alumni UI adalah Rp 4 juta. Ia juga tak menyalahkan jika seseorang menghargai diri mereka dengan tinggi, tapi perlu diingat itu semua juga perlu diimbangi dengan attitude yang baik.

4. Raditya Dika di JICOMFEST 2019

Raditya Dika memang seorang alumni FISIP UI. Namun kini ia lebih dikenal sebagai penulis, aktor, sutradara, YouTuber hingga stand up comedian. Ia adalah YouTuber pertama Indonesia yang mendapat 1 juta subscribers.

Ayah satu anak ini akan tampil di Jakarta International Comedy Festival alias JICOMFEST 2019. Event komedi terbesar di Indonesia itu pun bakal dilangsungkan pada 3-4 Agustus 2019 di JIEXPO Kemayoran.  Cek informasi selengkapnya di sini.


REKOMENDASI
TRENDING