RAN Inginkan Indonesia Yang Lebih Segar dan Lebih Baik

Kamis, 10 Mei 2018 12:35 Penulis: Guntur Merdekawan
RAN Inginkan Indonesia Yang Lebih Segar dan Lebih Baik RAN / Credit: KapanLagi - Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Grup musik RAN sebagai Duta Penghijauan Bakti Lingkungan Djarum Foundation ditunjuk untuk mengawal penanaman pohon Trembesi di Kawasan Danau Rawa Pening, Ambawara, Semarang, Jawa Tengah. Penanaman pohon ini merupakan bagian dari program Djarum Trees for Life yang dilakukan di sepanjang Jalur Yogyakarta, Solo dan Semarang, tepatnya sepanjang 261 kilometer.

Bagi Rayi, Asta dan Nino, penghijauan itu sangat penting untuk dilakukan dan butuh kesadaran dari masyarakat. Perlu diketahui jika ini bukanlah pertama kalinya RAN menjalani aksi serupa. Sebelum ini, mereka sudah melakukannya terlebih dahulu di Tegal tahun 2012 di bawah Djarum Foundation.

"Masalah ini merupakan isu semua orang, apapun pekerjaannya. Isu seluruh masyarakat Indonesia untuk peduli pada masa depan Indonesia yang lebih segar, lebih baik, kita harus sama-sama lakukan hal-hal dari yang kecil, seperti buang sampah pada tempatnya, matikan listrik yang tak dipakai. Itu bisa jadi kontribusi yang cukup signifikan kalau dilakukan bersama," ujar Nino dan Rayi secara bergantian ketika di Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (9/5).

Penanaman pohon trembesi dalam program Djarum Trees For Life / Credit: KapanLagi - Akrom SukaryaPenanaman pohon trembesi dalam program Djarum Trees For Life / Credit: KapanLagi - Akrom Sukarya

Seperti kebanyakan musisi lain pada umumnya, RAN punya sejumlah lagu-lagu cinta yang hits. Namun, mereka juga punya karya-karya lain seperti Selamat Pagi dan juga Bersepeda yang bertema lingkungan. Hal ini menunjukkan betapa besar keseriusan mereka untuk merangkul masyarakat guna peduli pada lingkungan.

"(Lagu) Ada di awal malah. Judulnya Selamat Pagi, isunya tentang lingkungan. Pas kecil masih dapat pagi yang enak. Sekarang pagi nggak sejernih dulu. Lagu itu ajak orang friendly terhadap lingkungan, ayo dong jaga. Juga ada lagu berjudul Sepeda. Isinya kurang lebih bahwa ada pilihan lain, nggak cuman kendaraan bermotor aja. Sepanjang karir RAN nggak cuman cinta-cinta aja. Kami sadar impact sebagai musisi, juga anak muda, lumayan bisa memberikan kontribusi positif, ataupun influence secara tidak sadar," sambungnya.

RAN rilis lagu-lagu bertema lingkungan / Credit: KapanLagi - Akrom SukaryaRAN rilis lagu-lagu bertema lingkungan / Credit: KapanLagi - Akrom Sukarya

Selain 2 lagu di atas, RAN dalam waktu dekat ini juga akan merilis beberapa lagu yang berhubungan dengan alam atau lingkungan. Terlebih lagi, lagu-lagu tersebut akan dijadikan soundtrack dari film bertajuk KULARI KE PANTAI.

Penutupan event penanaman pohon trembesi ini diramaikan dengan beberapa seremoni dan juga aksi dari RAN di atas panggung. Beberapa sosok besar juga hadir pada kesempatan itu, seperti Wakil Bupati Kabupaten Semarang NGesti Nugraha hingga Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pemali-Juana Ruhban Ruzziyatno.

(kpl/gtr)


REKOMENDASI
TRENDING