Ratna Listy Bertekad Naikkan Pamor Keroncong

Minggu, 23 Mei 2010 14:09 Penulis: Anton
Ratna Listy Bertekad Naikkan Pamor Keroncong Ratna Listy Foto: Ruswanto
Kapanlagi.com - Memang jarang orang mengenal Ratna Listy sebagai seorang penyanyi, lantaran selama ini ia dikenal sebagai seorang presenter. Tapi ternyata, kalau tengah tampil off air dirinya selalu diundang untuk nyanyi. Tak heran jika kemudian ia bisa ikut bersaing di AMI Awards dan menyabet nominasi di dalamnya.

"(Lagunya) Berbahasa Jawa, judulnya Janur Melengkung, musik keroncong etnik dengan nada pentatonik. Tapi masuknya di kategori dangdut daerah," ujar Ratna menjelaskan soal nominasi yang berhasil ia raih, saat preskon AMI Awards ke-13, Universitas Bunda Mulia, Jakarta, Jumat (21/5).

Dan kiprah di dunia tarik suara ternyata tak hanya dibuat iseng-iseng belaka, sebaliknya, ia ingin mencetak prestasi di blantika musik tanah air.

"Aku pengen banget mencetak hits, karena udah 4 album tapi belum pernah mencetak hit. Mudah-mudahan dengan menjadi nominator di AMI, ada banyak produser yang mengajak aku rekaman lagi untuk mencetak hits. Sehingga orang tak hanya mengenal aku sebagai presenter, tapi juga penyanyi," paparnya.

Lalu, kenapa pilih jalur musik tradisional? Bukankah trend musik pop dan melayu lebih digandrungi belakangan ini?

"Sebagai wakil dari generasi muda, merasa ikut bertanggung jawab untuk melestarikan budaya musik Indonesia, seperti keroncong atau campursari. Anak muda sekarang emang agak malu, gengsi atau malas untuk mempelajari jenis musik ini," tegasnya.

Dan membawakan musik keroncong adalah sebuah kebanggaan bagi Ratna, sebagai anak bangsa. Selain itu, penyanyi keroncong pun bisa go internasional.

"Bangga banget, pengennya sih seperti mbak Sundari Soekotjo yang bisa mempromosikan keroncong ke Belanda. Semoga bisa mengibarkan bendera keroncong yang aku bawa," harapnya.     

(kpl/ato/bun)

Editor:

Anton


REKOMENDASI
TRENDING