SELEBRITI

Semangat Sheila Timothy Memajukan Peran Perempuan Dalam Usaha Ekonomi Kreatif

Rabu, 31 Oktober 2018 09:52 Penulis: Rahmi Safitri

Sheila Timothy © KapanLagi.com®/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Perkembangan zaman yang begitu pesat membuat daya saing kerja juga ikut meningkat. Daya saing tersebut membuat para pekerja menjadi semakin kreatif dan inovatif. Terlebih lagi, hal ini dapat disalurkan pada dunia industri kreatif yang ikut berkembang.

Laporan 'Tenaga Kerja Ekonomi Kreatif' menunjukkan bahwa perempuan mendominasi serapan tenaga kerja di sektor industri kreatif. Badan Pusat Statistik (BPS) bersama Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyatakan bahwa sejak 2011 hingga 2016, perempuan secara konsisten menjadi pemain utama pada bidang ini dengan persentase sebesar 53,86 persen.

Data menarik lainnya ditunjukkan oleh Sensus Ekonomi 2016. Perempuan Indonesia masih memimpin persentase kepemilikan usaha ekonomi kreatif. Pengusaha laki-laki menunjukkan angka sebesar 45,04 persen, sedangkan angka perempuan mencapai 54,96 persen.

1. Kata Sheila Timothy

Hal ini dibuktikan oleh salah satu artis sekaligus produser, Sheila Timothy. Usaha dan karya filmnya seperti WIRO SABLENG, TABULA RASA, BANDA, dll, menunjukkan sumbangsih nyata dalam ekonomi kreatif nasional. Daftar Negatif Investasi (DNI), kata perempuan yang akrab disapa Lala ini, menunjukkan peran yang signifikan.

"Sejak dibuka DNI 2016 makin giatnya industri film di Indonesia, makin banyak investasi, makin banyak film yang sukses secara intern film art kami banyak yang menang di kompetensi internasional," ucap Lala pada acara seminar Perempuan Dalam Ekonomi Kreatif, di Hotel Arya Duta, Senin 29 Oktober 2018.

"Jadi 10 tahun lalu perempuan yang mau masuk industri film discourage oleh ortunya, sekarang makin berkembang. Perluasan pasar tersebut membuat tenaga kerja makin banyak yang dibutuhkan," sambungnya.

2. Harapan Lala

Peran perempuan dalam ekonomi kreatif tentu merupakan hal yang positif dan harus didukung. Kakak Marsha Timothy ini pun berharap hal yang lebih baik lagi.

“Saya berharap perempuan Indonesia tumbuh dan berkembang dalam ekonomi kreatif," tutup Lala.

Siapa yang setuju dengan pernyataan Lala Timothy? Yuk share pendapat kamu!


REKOMENDASI
TRENDING