FILM INDONESIA

Kemendikbud Bekerja Sama Dengan Netflix, Adakan Pelatihan untuk Sineas Indonesia

Jum'at, 10 Januari 2020 17:38 Penulis: Wulan Noviarina Anggraini

Kemendikbud dan Netflix © KapanLagi.com/Akbar Prabowo Triyuwono

Kapanlagi.com - Sineas Tanah Air sekarang bisa lebih berbahagia. Pasalnya, kerja sama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Indonesia dan Netflix baru saja terbangun.

Adapun bentuk kerjasama tersebut adalah pelatihan penulisan kreatif (creative writing), pelatihan pasca-produksi, keamanan online (online safety), dan tata kelola untuk menghadapi pertumbuhan industri kreatif yang dinamis. Ini adalah kali pertama Kemendikbud bekerja sama dengan Netflix untuk perfilman Indonesia.

"Partnership ini adalah yang pertama dari sebuah program kebudayaan yang bersifat lebih inovatif, terfokus pada memasak dan menunjukkan talenta di bidang kebudayaan Indonesia di dunia," ujar Mendikbud, Nadiem Makarim, di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (9-1).

1. Mendikbud Apresiasi Netflix

"Kami apresiasi Netflix yang memberikan dukungan terhadap pertumbuhan perfilman Indonesia. Kemitraan ini kita lakukan sebagai upaya mendukung dan menginternasionalkan produksi film anak bangsa,” tambahnya.

Kerjasama ini pun didukung penuh oleh Nadiem Makarim, Mendikbud RI.
Pria dengan julukan Mas Menteri ini ternyata penikmat platform streaming online asal Amerika tersebut.

"Saya bersyukur sekali karena saya fans Netflix. Seneng rasanya konten Indonesia semakin lama semakin banyak tampil di Netflix," ungkapnya.

2. Timba Ilmu di Hollywood

Lebih lanjut, kerja sama yang terjalin bukan hanya itu. Nantinya juga akan ada beberapa script writer Tanah Air yang menimba ilmu di Hollywood.

"Nah ini adalah inisiatif pertama kami. Senang sekali mengumumkan bahwa Netflix akan mengadakan pelatihan kepada beberapa orang scriptwriter Indonesia akan dikirim ke Hollywood, untuk dilatih dalam konteks script writing dan film science ya," pungkasnya.

(kpl/apt/phi)


REKOMENDASI
TRENDING