SELEBRITI

Sempat Menimbulkan Perdebatan, Dorce Gamalama Dimakamkan Sebagai Laki-Laki

Rabu, 16 Februari 2022 13:15

Dorce Gamalama dimakamkan sebagai laki-laki (credit: istimewa)

Kapanlagi.com - Presenter Dorce Gamalama meninggal dunia di RSPP Simprug pada Rabu (16/2/2022). Rencananya, presenter 58 tahun itu dimakamkan di di TPU Bantar Jati, Bambu Apus, Jakarta Timur.

Hal itu disampaikan oleh pengurus Masjid Al Hayyu, Ustaz Anan Muhajir. Ia mengatakan bahwa Dorce Gamalama dimakamkan di TPU Bantar Jati atas keinginan keluarga.

"Nantinya akan ditumpuk sama makam sepupunya," kata Anan Muhajir di Masjid Al Hayyu, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Rabu (16/2/2022).

1. Masjid yang Dibangun Dorce

Sebelum dimakamkan, Anan mengatakan, jenazah Dorce disalatkan di masjid Al Hayyu. Masjid yang dibangun Dorce sejak tahun 2008 silam.

"Biar bunda Dorce senang bisa disalatkan di masjid yang ia bangun sejak tahun 2008 ini," katanya.

2. Proses Pemakaman

Terkait proses pemakaman sendiri, Dorce Gamalama sempat meminta dimakamkan secara perempuan. Keinginan Dorce sempat menimbulkan pro dan kontra. Mengingat, Dorce sendiri dilahirkan sebagai laki-laki.

"Dimakamkan secara perempuan itu kita serahkan semua kepada Allah. Itu kan cuma keinginan beliau, yang ngurusin kan kita semua," kata Anan.

3. Sebagai Laki-laki

Namun Anan menjelaskan, Dorce akan dimakamkan secara laki-laki sesuai dengan syariat islam.

"Kita semua tahu beliau dilahirkan seperti apa ya kita kembalikan lagi ke asal. Karena yang penting kita lihat keimanan dia ke Allah SWT, saya enggak lihat yang lain-lain dulu," tutup Anan Muhajir.

4. Sempat Berpesan

Sebelumnya Dorce Gamalama dikabarkan sudah menitipkan pesan agar dirinya dimakamkan sebagai perempuan. Hal itu lantaran Dorce merasa sudah menjadi wanita setelah ia menjalani operasi.

"After operation, saya jadi perempuan. Ya saya punya kelamin perempuan. Mandikan saya dengan pakaian perempuan, sebagai seorang wanita," katanya.


REKOMENDASI
TRENDING