SELEBRITI

10 Fakta Dorce Gamalama yang Jarang Diketahui, Cinta Pertama di Usia 15 Tahun pada Pria Padang - Menikah Beberapa Kali

Rabu, 16 Februari 2022 11:32 Penulis: Tantri Dwi Rahmawati

Fakta Dorce Gamalama © KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Dorce Gamalama meninggal dunia pada Rabu (16/2). Kabar ini disampaikan oleh bunda Hetty selaku sahabat mendiang Dorce Gamalama saat dihubungi oleh tim KapanLagi.com. Menurut bunda Hetty, Covid-19 menjadi penyebab meninggalnya Dorce Gamalama.

Bisa dibilang, Dorce memang sudah tak lagi wira-wiri di televisi beberapa tahun belakangan. Meski begitu, tak sedikit netizen yang penasaran dengan sosoknya yang multitalenta. Berikut sederet fakta tentang Dorce yang bisa jadi jarang diketahui publik.

1. Lakukan Operasi Kelamin di Surabaya

Merasa dirinya adalah perempuan yang terjebak di tubuh laki-laki, Dorce melakukan operasi ganti kelamin pada 1983 di Surabaya. Kala itu, Prof. Dr. dr. Djohansjah Marzoeki Sp.BP yang menanganinya. Setelah empat bulan menunggu, Dorce secara medis dinyatakan layak menjalani operasi pergantian kelamin.

2. Dari Panggung Kelab Malam Surabaya Hingga ke Amerika Serikat

Dilansir dari buku Aku perempuan: jalan berliku seorang Dorce Gamalama, Dorce mengawali karier bernyanyinya di club hiburan malam Surabaya. Ia lalu berkesempatan nyanyi di TVRI Surabaya. Di sana, ia bertemu dengan Bernardi Halim yang lantas mengajaknya ke Amerika Serikat. Tawaran manggung berdatangan makin deras setelah itu.

3. Menerima Tawaran Foto Panas

Masih dilansir dari sumber yang sama, Dorce yang sedang naik daun itu menerima tawaran dari Arswendo Atmowiloto untuk berpose sensual di tabloid Monitor. Meski memakai stocking dan underwear, Dorce tetap tampak tak memakai apa-apa di pemotretan itu.

Tak disangka Dorce, foto tersebut menuai protes dari banyak pihak termasuk para penggemarnya. Dorce lantas sadar, berpose panas bukan lah tujuan dari keputusannya mengganti kelamin jadi perempuan.

4. Nyanyi Sambil Lontar Guyonan adalah Ciri Khas Dorce

Sebagai penyanyi, Dorce punya kelebihan lain yakni melempar banyolan. Ia juga kerap tampil konyol yang tentu mengundang tawa para penonton. Totalitasnya di panggung tak diragukan lagi. Dorce pun makin melejit dikenal sebagai artis serba bisa.

5. Pernah Tersandung Kasus dengan Produser Film

Pada tahun 1987, Dorce tersandung kasus dengan produser film. Pasalnya, ia menandatangani dua kontrak film sekaligus di waktu yang sama dengan dua rumah produksi yang berbeda. Kasus ini sampai ke meja hijau.

Dorce yang kala itu masih awam dengan perjanjian kontrak, menyerahkan semuanya ke kuasa hukum. Hingga akhirnya jalan tengah diambil. Dorce lantas bermain di dua film dari rumah produksi hasil kerjasama dua produser film tadi.

6. Jatuh Cinta dengan Pria Padang

Masih dilansir dari Aku perempuan: jalan berliku seorang Dorce Gamalama, terungkap sepenggal kisah cinta Dorce. Ya, bisa dibilang, Dorce cukup tertutup soal asmara. Dalam buku itu, Dorce mengungkap betapa ia merasakan cinta pertama di usia 15 tahun. Kala itu, ia jatuh hati pada pria berdarah Padang.

7. Menikah Beberapa Kali

Soal asmara, Dorce setidaknya tercatat sempat menikah beberapa kali. Dilansir dari Liputan6.com, pernikahan Dorce yang pertama kandas para 1988 setelah sempat bertahan 9 tahun.

Tahun 2004, Dorce mengaku sedang dekat dengan pria asing. Bukan warga negara Indonesia," ujarnya dilansir dari Liputan6.com. Dorce mengatakan calon suaminya adalah seorang duda beranak tiga. Seorang di antara anak-anak tadi tengah menunggu kelahiran si jabang bayi.

Penikahan kedua diketahui terjadi di tahun 2007 dan hanya bertahan selama 3 bulan. Tak diketahui pasti identitas suami Dorce kala itu. Mereka menikah secara siri lalu bercerai gara-gara fitnah.

Tahun 2009, Dorce diketahui sudah menikah lagi ang suami dikenalnya melalui situs jejaring sosial Facebook. Sayang Dorce enggan membuka identitas pasangannya.

8. Berhasil Menikahkan Anaknya

Pada tahun 2011, Dorce berkesempatan mengantar anak adopsi pertamanya, Rizky Sutrisno Kidjo, ke jenjang pernikahan. Dorce terharu karena anaknya ternyata laki-laki beneran.

"Aku menangis karena senang. Ternyata Rizky nggak kayak aku. Dia laki-laki beneran. Anakku 100 persen real man," ujarnya dilansir dari wowkeren.com pada Desember 2011 silam.

9. Ingin Dimakamkan sebagai Perempuan

Beberapa waktu lalu, beredar kabar betapa Dorce ingin dimakamkan sebagai perempuan. Rupanya keinginan itu sudah ia tulis di buku Aku perempuan: jalan berliku seorang Dorce Gamalama pada tahun 2005 silam.

"Kini cuma satu permintaanku: jika aku mati, aku tidak mau jasadku disentuh oleh laki-laki. Aku tidak mau dimandikan oleh laki-laki," ungkapnya.

10. Berkonflik dengan Desy Ratnasari

Dorce pernah punya talkshow di televisi berjudul Dorce Show pada 2005 silam. Acara itu dihentikan pada 2009 dan diganti dengan D'Show. Di sana lah konfliknya dengan Desy Ratnasari merebak. Dalam acara itu, Desy dan Dorce mengisi secara bergantian.

Dorce menolak sistematika itu. Ia mengaku memang tak bisa bergabung dengan siapapun. Selain itu, ia juga merasa Desy tak meminta izin padanya untuk membawakan D'Show.

"Seorang yang punya dedikasi pasti punya attitude, tapi ini bukan kehendaknya (Desy) juga untuk tampil. Tapi, ini kan rumah orang. Saat dia masuk, saat orang (Dorce) itu lagi tidak ada. Sebagai orang timur, harusnya bersilaturahmi minimal facebook atau SMS. Mungkin Desy enggak punya nomor saya," ujarnya pada Okezone.com Mei 2009 silam.


REKOMENDASI
TRENDING