SELEBRITI

Sering Dikira Sihir, Ria Enes Bocorkan Rahasia di Balik Suara Boneka Suzan

Selasa, 10 Maret 2020 07:15

Suzan dan Ria Enes / Credit: KapanLagi - Bambang E Ros

Kapanlagi.com - Di mana ada Ria Enes, di situ pasti ada sosok Boneka Suzan yang ikonik. Duo ini dulunya begitu ngehits di era 90an karena karya-karya musiknya, pun guyonannya yang begitu gokil. Dan meski kini sudah jarang eksis seperti dulu lagi, namun rupanya karakter Suzan ini masih tetap hidup loh.

Jika kalian pernah nonton aksi Suzan dan Ria secara langsung, pasti banyak sekali yang bingung, bagaimana bisa sebuah boneka bisa berinteraksi dan ngomong dengan sangat lancar. Terlebih lagi, Ria yang ada di sampingnya seakan-akan tak pernah terlihat menggerakkan bibirnya sedikitpun ketika Suzan sedang ngomong.

Nah, belum lama ini, Ria dan Suzan diundang untuk hadir sebagai bintang tamu di channel Youtube Call Me Mel yang dipandu oleh Melaney Ricardo dan Ichsan Akbar. Pada kesempatan itu, duo ini sempat menunjukkan beberapa lelucon yang sukses membuat seluruh penonton tertawa terbahak-bahak.

1. Rahasia Suara Suzan

Saking penasarannya, Ichsan sang host pun bertanya apakah Ria memang yang mengendalikan dari Suzan. "Emang kalian mikir siapa yang ngomong?" jawab Ria disambut tawa para penonton.

Usut punya usut, ternyata aksi yang ditunjukkan Ria itu namanya seni ventriloquilsme alias ilmu mengendalikan suara perut. Pada intinya, Ria bisa menirukan berbagai macam suara tanpa menggerakkan terlalu banyak menggerakkan bibirnya.

"Oh iya kalau ilmu ventriloquisme itu asalnya dari Yunani dan itu dulu memang dipakai untuk sihir. Tapi ventriloquisme ini bisa dipelajari. Awalnya kan dari teater, lama-lama harus belajar ventiloquiesme, makin ke sini makin saya pelajarin," ungkap Ria.

"Ventriloquisme itu ilmu yang mempelajari suara perut. Atau gini deh, sulap suara. Jadi saya bisa menyulap, boneka atau apapun yang memang saya pengen mainkan, seolah-olah kayak tadi," tutupya.


REKOMENDASI
TRENDING