Gara-Gara Boneka Suzan, Ria Enes Ketagihan Pada Dunia Anak-Anak

Selasa, 18 Oktober 2016 18:15 Penulis: Guntur Merdekawan
Gara-Gara Boneka Suzan, Ria Enes Ketagihan Pada Dunia Anak-Anak Suzan - Ria Enes © KapanLagi.com®/Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - 'Suzan, Suzan, Suzan besok gede mau jadi apa? Aku kepingin pinter biar jadi dokter'. Bait lirik tersebut tentu sudah tidak asing lagi bagi anak-anak era 90-an. Judulnya Suzan Punya Cita-Cita, dibawakan oleh Ria Enes dengan boneka kesayangannya, Suzan dan sempat booming pada masanya.

Meski sudah jarang tampil di televisi, bukan berarti Ria meninggalkan dunia anak-anak. Sampai saat ini, pemilik nama asli Wiwiek Suryaningsih itu masih dan akan terus menghibur anak-anak Indonesia. Hal itu diungkapkan langsung oleh dirinya saat berbincang-bincang dengan KapanLagi.com® di kediamannya di kawasan Kembangan, Jakarta Barat, Senin (17/10).

"Tetap saya masih di dunia anak-anak. Ya saya kan kelola playgroup, TK Dunia Suzan. Ada tiga sekolah, dua di Surabaya, satu di Malang. Memang masih rutin ke Surabaya juga selain ada acara semacam seminar lah. Pokoknya akhirnya edutainment ya, education dan entertainment. Kalau untuk anak-anak sih nggak murni entertainment pasti ada sisi edukasinya kan, ya semacam kayak dongeng, ya apapun bentuknya," cerita Ria tentang kesibukannya selama ini.

Ria tetap geluti dunia anak-anak © KapanLagi.com®/Agus ApriyantoRia tetap geluti dunia anak-anak © KapanLagi.com®/Agus Apriyanto


Di samping menjadi ibu rumah tangga dari tiga anak, Ria masih fokus dengan pendidikan anak-anak Indonesia. Oleh karena itu tahun 1996 silam, ia mendirikan Dunia Suzan, sebuah sanggar seni yang kini menjadi Taman Kanak-kanak (TK). Ria mengaku kecintaannya dengan dunia anak-anak pun mengalir begitu saja.

"Sebetulnya hidup kita ini kan ngalir ya. Kalau ngomong cita-cita sih saya dulunya pengen psikolog. Tapi kemudian saya siaran kan sambil kuliah di radio Suzana dan itu pun akhirnya lahir Suzan sampai akhirnya ditawarin nyanyi itu pun lagu anak-anak, siapa sangka eh ternyata asik juga. Jadi memang sekali lagi ini bukan klise ya, manusia yang merencanakan, Tuhan yang menentukan. Ternyata rencana Tuhan lebih indah dan itu yang akhirnya saya jalani, saya syukuri, saya komit dengan dunia anak-anak," sambung mantan penyiar radio itu.

Terlebih lagi, saat ini Ria bersama mantan penyanyi cilik seperti Joshua Suherman, Dea Ananda, Leony dan lainnya pun tengah disibukkan dengan project Save Lagu Anak. Gerakan ini bertujuan untuk menyelamatkan sekaligus menciptakan kesadaran di masyarakat terhadap lagu anak.

"Apalagi sekarang mantan artis cilik bikin gerakan Save Lagu Anak, ya udah makin lengkap lah bahwa memang saya nggak bisa ke mana-mana. Bukan berarti saya pengen ke mana-mana, tapi memang dalamin saja dunia anak," pungkasnya.

(kpl/rhm/gtr)

Reporter:

Nuzulur Rakhmah

REKOMENDASI
TRENDING