Soal Perceraian Ahok, Najwa Shihab: Seharusnya Itu Jadi Ranah Privat

Senin, 08 Januari 2018 22:15 Penulis: Natanael Sepaya
Soal Perceraian Ahok, Najwa Shihab: Seharusnya Itu Jadi Ranah Privat Najwa Shihab © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Bahtera rumah tangga yang dibangun Basuki Tjahja Purnama (Ahok) dan Veronica Tan selama 20 tahun akhirnya berakhir pada awal 2018 ini. Benar, pasalnya mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun telah melayangkan permohonan cerai yang dibenarkan oleh pihak pengadilan dan kuasa hukum Ahok sendiri.

Tak butuh waktu lama, kabar tersebut segera membuat masyarakat terkejut mengingat sosok Ahok yang jauh dari pemberitaan miring dalam profesi maupun kehidupan pribadinya. Melihat hal tersebut, Najwa Shihab pun memberikan komentarnya atas kabar perceraian Ahok.

"(Seharusnya) Itu private ya, bukan konsumsi public, jadi saya prihatin dan seharusnya itu jadi ranah privat Ahok. Masih banyak isu penting harus diperhatikan, soal Pilkada, soal Money Politic, soal mahar politik, soal hukum, Novel Baswedan yang sudah beberapa bulan ini tidak jelas. Ada begitu banyak isu yang seharusnya diperhatikan, dan itu tugas wartawan untuk mengangkat isu yang penting dan tidak mengaburkan isu-isu tersebut dengan isu yang sebenarnya kurang baik," ujar Najwa Shihab, saat ditemui di Menara Bank Mega, Tendean, Jakarta Selatan, Senin (8/1/2018).

© KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya© KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Lebih jauh, Najwa Shihab sendiri tidak menepis jika kabar perceraian Ahok di awal tahun ini akan memberikan dampak pada ranah politik. Karena itu presenter 40 tahun itu sangat berharap agar masyarakat pun mampu melihat permasalahan yang ada secara bijak, tidak lantas hanyut dalam rumor maupun fitnah yang beredar.

"Kalau bicara politisi, pasti akan banyak rumor yang beredar ya, justru tugas kita untuk melihatnya secara lurus saja, kalau kemudian kita ikut hanyut dalam berbagai rumor, hoax dan fitnah menurut saya justru kita jadi penyebar dan bukan pengobat. Itu tantangan kita untuk membuat hal penting menjadi menarik, sehingga publik melihat itu penting," pungkasnya.

Memang hal yang wajar jika masyarakat segera mengalihkan perhatiannya pada retaknya rumah tangga Ahok dan Veronica Tan, mengingat karir dan kehidupan pribadinya yang jauh dari pemberitaan miring. Namun seperti apa yang dikatakan Najwa Shihab, akan lebih bijak jika kita bisa memberi privasi untuk Ahok menyelesaikan masalah keluarganya tanpa mengabaikan sederet isu penting yang ada di negeri ini.

(kpl/far/ntn)

Reporter:

Fikri Alfi Rosyadi


REKOMENDASI
TRENDING