SELEBRITI

Soal RUU Permusikan, Nugie: Aduh, Anak Band Nggak Usah Ikut-Ikutan Deh

Senin, 04 Februari 2019 12:38 Penulis: Dhefa Mauren Roos Mary

Nugie © KapanLagi.com/Agus Apriyanto, Jerinx SID © KapanLagi.com/Bayu Herdianto, Anang Hermansyah © KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Munculnya RUU Permusikan menimbulkan pergolakan di industri musik tanah air. Sebagian musisi ikut mengawal RUU ini, sedangkan yang lain mulai muncul dengan pendapatnya masing-masing. Ada yang pro, ada juga yang kontra.

Nugie menambah deret musisi yang ikut berkomentar soal RUU Permusikan ini. Menurut penturannya pro dan kontra yang muncul adalah hal yang biasa. Harapan serta himbauan ikut ia sampaikan pada rekan-rekan sesama musisi, khususnya untuk anak band.

"Dunia politik melihat ada hal-hal yang menarik kalau dibikin jadi kebijakan soal musik ini. Semoga katanya untuk menyejahterkaan para musisi, pengarang lagu, untuk mensejahterakan para seniman, tujuannya bagus. Kemudian ketika di tengah jalan (muncul) pro-kontra itu biasa. Semoga enggak buat perpecahan di kalangan musisi. Sedih sih gue lihat, sekarang udah pro-kontra. Aduh anak band enggak usah ikut-ikutan deh. Kita mending fokus mendamaikan itu semua," papar Nugie yang ditemui di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (3/2).

1. Reaksi Jerinx SID

Masih soal RUU Permusikan, Jerinx, personel SID adalah sala satu musisi yang menolak RUU ini dengan tegas. Menurut keterangan yang ia tulis pada akun Instagramnya, Jerinx menyebutkan, "RUU Permusikan ini tidak perlu dan justru berpotensi merepresi musisi."

Lebih lanjut lagi Jerinx sampai membuat tweet soal RUU ini dan menyebut nama Anang Hermasyah sebagai orang yang ia duga terlibat dalam perancangannya. Hingga Ashanty, istri Anang Hermansyah pun ikut meradang. Lantas bagaimana pendapat Nugie soal hal ini?

"Itu ekspresi orang sih, gue sih enggak ada masalah sih dari Anang dan Jerinx mau gimana. Semoga sih enggak buat perpecahan musisi musisi indonesia, gue pengin (musisi Indonesia) solid," jawabnya.

2. Anang Buka Suara

Rancangan Undang-Undang (RUU) Permusikan terus menuai pro dan kontra di antara para musisi. Anang Hermansyah yang juga menjabat di parlemen pun tak lepas dari caci maki lantaran diduga mengusulkan pasal yang merugikan para pekerja seni. Melalui channel Youtube pribadinya, The Hermansyah A6, ayah empat anak ini akhirnya buka suara.

'Itu adalah RUU, saya harus ceritakan sejarahnya agar tidak missing link. Awalnya (memang) saya ajukan UU ini, tapi sebelum ini menguat, banyak seniman pernah ke parlemen. Kita diskusi di badan legislasi. Terjadi dialog antar pelaku seni dan parlemen," ujar Anang Hermansyah, seperti dilansir dari channel Youtube pribadinya, Senin (04/02/2019).


REKOMENDASI
TRENDING