Sosok Alex Komang Dalam Kenangan Slamet Rahardjo

Sabtu, 14 Februari 2015 12:20 Penulis: Fitrah Ardiyanti
Sosok Alex Komang Dalam Kenangan Slamet Rahardjo Slamet Rahardjo/©Kapanlagi.com®/Bambang
Kapanlagi.com - Kepergian Alex Komang yang begitu cepat, meninggalkan duka yang mendalam tak hanya bagi keluarga yang ditinggalkannya namun juga para sahabat. Sosok Alex yang rendah hati dan pekerja keras membuat beberapa orang sahabatnya seperti Dewi Irawan dan Nia Dinata sangat terpukul. Begitu juga dengan aktor senior Slamet Rahardjo.

Saat dihubungi wartawan Sabtu (14/2) pagi, Slamet mengenang sosok juniornya itu. “Alex itu aktor yang menurut saya punya dedikasi tinggi terhadap kemajuan industri perfilman tanah air. Walaupun dia lebih muda, tapi saya menilai dia sosok pekerja keras yang tidak pernah menyerah. Dia salah satu aktor yang mau memikirkan bagaimana industri perfilman bisa maju. Itu yang saya kenang dari sosok beliau,” ujar pria 67 tahun ini.

Ya, Alex tak hanya berpikir bagaimana supaya industri perfilman Indonesia bisa maju. Lelaki berusia 54 tahun ini berhasil terpilih menjadi ketua Badan Perfilman Indonesia (BPI) periode 2014-2017. Sayangnya, belum genap setahun menjabat, beliau telah lebih dulu berpulang.

Kondisi terakhir Alex Komang sebelum berpulang/©twitter.com/dewiirawan13Kondisi terakhir Alex Komang sebelum berpulang/©twitter.com/dewiirawan13

Slamet juga menuturkan jika ia sempat tak lagi mengenali wajah Alex, “Sebenarnya tanda-tanda dia sakit udah terlihat dari enam bulan lalu. Saya melihatnya kok semakin hari kondisi tubuhnya makin kurus. Pertemuan terakhir saya dengan dia, saya hanya ngebatin kok mukanya bukan seperti muka Alex yg dulu saya kenal lagi,” ungkapnya. Ia menganggapnya sebagai sebuah firasat kepergian Alex.

Ia seakan masih tak percaya dengan kepergian Alex yang begitu mendadak. “Tiga hari lalu, saya sempat telepon-teleponan. Makanya saya kaget banget tiba-tiba dapat kabar dia kritis dan meninggal. Yang pasti perfilman Indonesia sangat kehilangan sosok seperti beliau. Walaupun sedang sakit, tapi masih kepikiran perfilman tanah air,” tuturnya.

Slamet juga mengingat kembali sosok yang identik dengan brewoknya itu. “Dia itu agak susah kalau disiplin. Saya sering marah dan tegur dia kalau datang telat ke lokasi syuting. Seingat saya hanya itu. Tapi dia orang yang profesional dalam kerja dan sosok yang punya dedikasi tinggi terhadap pekerjaannya,” pungkasnya.

Rencananya almarhum Alex Komang akan dimakamkan hari ini (14/2) di tanah kelahirannya, Jepara, Jawa Tengah. Selamat jalan, Alex Komang. Perfilman Indonesia kehilanganmu.

(kpl/abs/tch)

Reporter:

Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING