SELEBRITI

Tak Hadir di Persidangan, Mulan Jameela Perjuangkan Hak Asasi Ahmad Dhani

Kamis, 07 Februari 2019 22:15 Penulis: Guntur Merdekawan

Mulan Jameela perjuangkan Hak Asasi Ahmad Dhani / Credit: KapanLagi - Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - Hari ini, Kamis (7/2/2019), Ahmad Dhani diterbangkan ke Surabaya untuk menjalani sidang perdana dari kasus-nya yang lain, vlog yang berisi kata-kata 'Idiot'. Padahal seperti diketahui, Dhani sudah resmi jadi tahanan di LP Cipinang atas kasus ujaran kebencian yang ditulisnya di Twitter.

Dari informasi yang didapat, ayah dari Al Ghazali, El Rumi dan Dul Jaelani itu setelah ini kemungkinan bakal menetap di LP Madaeng, Jawa Timur. Tentu saja kabar itu membuat pihak keluarga dan juga kuasa hukum kecewa. Mereka tak setuju jika Dhani harus dipindah jauh dari keluarganya yang kini tinggal di Jakarta.

Pada sidang perdananya di Surabaya, Dhani tak ditemani pihak keluarga. Dan usut punya usut, Mulan Jameela sang istri lebih memilih untuk menemui ketua Komnas Hak Asasi Manusia (HAM) di Jakarta Pusat. Pelantun Wonder Woman itu meminta perlindungan hak asasi manusia dari pihak Komnas terhadap suaminya.

"Kita akan segera proses dari ibu Mulan dan pengacara, adalah bagimana supaya hak dari terdakwa Dhani Ahmad yang dipindahkan ke LP Madaeng untuk dikembalikan ke LP Cipinang dengan alasan-alasan bahwa beliau ini masih punya keluarga yang anaknya masih di bawah umur untuk selalu bisa bertemu," ujar Ahmad Taufan Damanik, Ketua Komnas HAM.

1. Tindakan Pihak Komnas HAM

Setelah mempelajari laporan Mulan, pihak Komnas pun setuju jika Dhani sudah semestinya stay di LP Cipinang, bukan LP Madaeng. Rencananya, mereka bakal segera mengirimkan surat permohonan kepada pihak pengadilan.

"Kemudian juga kemudahan untuk berkonsultasi dengan penasehat hukum, alasan keamanan karena di Madaeng kata mereka (pihak Dhani) itu overcrowded. Kita tadi mempelajari sebentar dan kita merencankan akan menyurati pengadilan tinggi dan kejaksaan. Agar hak-hak Ahmad Dhani ini sebagai terdakwa, apapun itu sebagai warga negara dia masih memiliki hak asasi, hak asasi ya itu tadi bisa bertemu keluarga, walaupun dia masih dalam proses banding dan kasus di Surabaya itu tadi," sambung Ahmad Taufan.

2. Tunggu Keputusan Pengadilan

Komnas tak bisa memastikan apakah permohonannya bakal dikabulkan oleh pihak pengadilan. Alasannya, pemegang keputusan final dari Ahmad Dhani tetaplah pihak Kejaksaan dan Pengadilan.

"Ya itu tergantung kepada Kejaksaan dan Pengadilan, Komnas hanya bisa memberikan surat yang menjelaskan bahwa sejalan dengan prinsip-prinsip Hak Asasi Manusia. Mestinya hak dari Ahmad Dhani ini di LP Cipinang, itu harus dipertimbangkan, tapi memang otoritas berada di kejaksaan dan pengadilan tinggi," jelasnya.

"Tergantung, Komnas secara resmi besok akan menyurati karena menurut kita Hak Asasi dari Ahmad Dhani ini yang tadi disampaikan tidak dapat mencampuri proses hukum, itu wilayah sendiri, itu menurut kita masuk akal untuk kita mintakan ke pihak pengadilan dan kejaksaan," pungkas Ahmad Taufan.

3. Dukungan Mulan Jameela

Meski tak bisa menghadiri sidang sang suami, Mulan tetap memberikan dukungan dan doanya. Tepat di hari yang sama, Kamis (07/02) siang ini, Mulan sempat mengunggah potret suaminya lewat IG Story.

"Ya Allah, jaga dia", tulis Mulan sambil mengunggah foto Ahmad Dhani kala mengenakan blangkon serta setelan jas itu dihiasi dengan tulisan doa.


REKOMENDASI
TRENDING