SELEBRITI

Tanggapan Kritis Melanie Subono Terkait Status Gisella Anastasia Sebagai Tersangka dalam Kasus Video Syur

Selasa, 29 Desember 2020 21:22

Melanie Subono / Credit: KapanLagi - Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Nama Gisella Anastasia saat ini kembali jadi buah bibir publik. Pasalnya, Ia telah ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak kepolisian dalam kasus video syur berdurasi 19 detik yang tersebar beberapa waktu lalu. Karenanya, Gisel pun terancam hukuman 12 tahun penjara.

Tak cuma netizen, beberapa artis pun mulai turut buka suara terkait kasus ini, seperti salah satunya adalah Melanie Subono. Meski awalnya tak mau membahas masalah ini, wanita berusia 44 tahun itu akhirnya turut berkomentar karena banyak teman dan media yang bertanya padanya.

"Gini. Kalau soal DOSA, gue nggak tau karena cuma TUHAN yang berhak ngomong. Gue juga punya dosa. Gue yakin semua yang pake medsos pun. Sebagian besar kitapun lakuin hal yang sama. Atau dosa lain. Bohong sama temen. Apapun," buka Melanie pada curhatan panjangnya di Instagram, Selasa (29/12).

 

1. Sebut Gisel Tidak Salah

Lebih jauh, Melanie membahas terkait masalah sistem hukum di Indonesia yang menimbulkan tanda tanya besar dalam benaknya. Wanita berdarah Jerman ini bingung kenapa sang pelaku dalam video tersebut terancam mendapat hukuman yang lebih berat ketimbang sang penyebar.

"Soal HUKUM dan SISTEM. Yang tersebar adalah video PRIBADI. Misalnya Tiba-tiba temen lo sebarin sesuatu hal pribadi tentang lo, lo pasti marah. Tapi ISI dari hal pribadi selama tidak melanggar hukum, BUKAN urusan kita dan TIDAK SALAH secara Hukum. Yang tersebar adalah video PRIBADI. Kenapa hukum tidak lebih BERAT ke PENYEBAR VIDEO?" tanya Melanie.

 

2. Inisial Pria Tak Disebut

Sejauh ini, banyak media yang mengungkap nama Gisella Anastasia secara terang-terangan, namun masih memberikan inisial untuk si pelaku pria. Menurut Melanie, hal itu tidak adil.

"Lebih lagi yang mengesalkan dan merendahkan adalah kenapa perempuannya DISEBUT NAMA sementara yang laki HANYA INISIAL awalnya? Walaupun misalnya kita tau siapa di video itu harusnya POLISI, MEDIA dan lain-lain MELINDUNGI nama dan tetap menggunakan INISIAL. Atau kalau mau buka, Sebut semua secara NAMA. Adil," tegasnya lagi.

Melanie lantas menegaskan jika dirinya tidak membuat postingan tersebut untuk membela Gisel. Ia bahkan tak kenal dengan ibu satu anak tersebut.

 

3. Merasa Gisel Tidak Mendapat Perlakuan Adil

Pada intinya, Melanie mempertanyakan sistem hukum Indonesia yang terjadi dalam kasus ini. Ia merasa Gisel tidak mendapat perlakuan yang adil, baik secara hukum maupun publikasi.

"Sekian jawaban gue. Penyebar video adalah TERSANGKA. Orang di video harusnya hanya SAKSI kalau menurut HUKUM. Kalau masalah DOSA, TUHAN yang atur. Kalau mau komen yang logis, jangan jadi POLISI MORAL kecuali lo bisa buktiin ke gue kalau lo nggak punya dosa satupun," tuntasnya.

 


REKOMENDASI
TRENDING