SELEBRITI

Terlibat Pementasan Bunga Penutup Abad, Marsha Timothy Gantikan Happy Salma

Rabu, 31 Oktober 2018 21:00 Penulis: Tyssa Madelina

Happy Salma menggantikan Marsha Timothy di pementasan teater. © KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - Antusiasme masyarakat terhadap pementasan teater Bunga Penutup Abad membuat Titimangsa Foundation kembali menggelar acara tersebut untuk kali ketiga. Namun ada hal berbeda pada pementasan yang siap diselenggarakan pada 17 dan 18 November 2018. Yakni karakter Nyai Ontosoroh yang kini dibawakan oleh aktris Marsha Timothy.

Happy Salma sebagai pemeran Nyai Ontosoroh pada dua pementasan sebelumnya mengaku sengaja melepas karakter itu. Karena ia tidak ingin diidentikan dengan satu karakter secara terus menerus.

"Salah satu alasan melepas karena saya tidak mau diidentikan dengan Nyai Ontosoroh yang memang dari 11 tahun lalu saya mainkan. Saya ingin memberikan kesempatan kepada teman-teman bukan hanya untuk berperan, tapi juga merasakan sebagai Nyai Ontosoroh," tutur Happy dalam jumpa pers di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (31/10/2018).

1. Digantikan Marsha Timothy

Menjabat sebagai produser, Happy Salma menyerahkan peran Nyai Ontosoroh kepada Marsha Timothy. Pilihan itu datang dari sutradara yakni Wawan Sofwan yang merasa Marsha memiliki kapabilitas untuk memerankan karakter rekaan mendiang Pramoedya Ananta Toer tersebut.

"Saat itu aku ditelepon Happy Salma, dia tawari mau ikut pentas lagi nggak? Aku langsung mau. Sempat tanya peran apa, dia jawab Nyai Ontosoroh. Karena tahu seberapa dahsyat dan kuat karakter ini aku langsung: 'Lo yakin ngajak gue?', dia bilang 'Ini sutradaranya dan aku yang minta'," kata Marsha di tempat yang sama.

2. Menggantung Jawaban

Meski begitu bersemangat dengan peran tersebut, Marsha Timothy tak serta merta menerima tawaran yang datang. Ia mengaku sempat ragu apakah mampu membawakan karakter sekuat Nyai Ontosoroh.

"Habis ditelepon itu aku tiga hari berpikir, bukan karena mau nggak mau, tapi aku mampu nggak meranin Nyai Ontosoroh? Dari tiga hari itu diskusi sama banyak orang dan mereka bilang jangan sampai nolak karena ini mungkin kesempatan nggak datang dua kali. Akhirnya aku nerima dan berharap mudah-mudahan bisa," ujar istri Vino G Bastian itu.

3. Tiket Hampir Ludes

Tiket pementasan teater Bunga Penutup Abad sudah dibuka sejak beberapa waktu lalu. Tak sampai dua hari, dari total kapasitas 2264 kursi hanya menyisakan 145 tiket saja.

Pementasan yang mendapat dukungan dari Bakti Budaya Djarum Foundation ini merupakan alih wahana dari dua buku Pramoedya Ananta Toer. Dua judul itu adalah Bumi Manusia dan Anak Semua Bangsa yang merupakan bagian dari Tetralogi Pulau Buru yang kontroversial.


REKOMENDASI
TRENDING