SELEBRITI

Tidak Hanya Programnya, Sederet Artis Pesbukers ini Juga Disorot MUI

Rabu, 29 Mei 2019 17:21 Penulis: Rezka Aulia

© KapanLagi.com/Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Majelis Ulama Indonesia alias MUI baru saja menegur tegas beberapa program Ramadan yang disiarkan beberapa stasiun TV. Tak hanya mengur, MUI juga meminta sederet acara ini dihentikan. Pasalnya MUI menilai acara yang ditayangkan sudah jauh melenceng dari spirit keagamaan dan nuansa Ramadan.

Ini bukan kali pertama MUI memberikan peringatan dan pantauan bersama Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Beberapa program menunjukkan perbaikan dari segi kualitas, namun sebuah program tak ada perubahan bahkan semakin memprihatinkan.

"Beberapa ada yang sudah mendapatkan sebaran terkait program Ramadan Pesbukers. Kita sudah memantau, tidak digubris. Nah trans tv ada perubahan setelah kami pantau bersama KPI," ujar Cholil Nafis selaku Ketua Komisi Dakwah MUI di kantor MUI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (29/5).

 

1. Dipantau 12 Tahun

Setiap bulan ramadan selama 12 tahun terakhir pihak MUI dan KPI bekerjasama dalam memantau program ramadan. Metro TV, TVRI, TV One, Kompas TV, dan RTV adalah stasiun yang membaik dari segi kualitas tayangan. Sedangkan Trans 7, Trans TV dan ANTV masih menjadi program yang banyak dikritik.

"Ada programyang harus diberikan sanksi keras, tapi tidak diberikan tanggapan dan perubahan. Yaitu Sahurnya Pesbukers dan Pesbukers," ujar Elvi selaku pemantau MUI.

2. Pelanggaran Billy Syahputra

Program ramadan ini disorot tak pelak karena perilaku pengisi acaranya. Sebagai contoh, program Sahur Segar (Trans 7) yang diisi oleh Billy Syahputra, Rina Nose, Mpok Alpha. Program yang ditayangkan pada jam sahur ini memiliki sisipan dialoh tak mendidik.

Anwar: Wajahmu kok bersinar banget sih?

Billy: Oh gue mau ke Gunung Kawi, mau ngepet.

"Dialoh itu tidak baik. Mengawali program dengan tarian berjoget layaknya orang tidak paham dengan Ramadan. Perilaku Billy ketemu perempuan cantik, langsung dicium. Ada (juga) kalimat penghinaan terhadap perempuan," lanjut Evi menambahkan.

Billy: Oh pasangan gua wajahnya kayak plastik ember.

3. Pesbukers

Program Sahurnya Pesbukers yang tayang di ANTV juga mendapat catatan cukup panjang dari MUI dan KPI. Tayangan yang diramaikan Raffi Ahmad, Ayu Ting Ting, Ruben Onsu, dll ini banyak adegan tak sesuai nuansa ramadan.

"Diawali tarian India, meliuk-liuk badannya, kamera-man menshoot tarian badan India. Pelukannya mesra dan lama ditepuk tanganin sama semua penonton. Saling hina dan ejak masih ada di tayangan ini," lanjut pihak MUI.

4. Pelanggaran Ayu Ting Ting - Eko Patrio

Dalam program Pesbukers, MUI menemukan cukup banyak temuan. Mulai dari Ayu Ting Ting yang mengaku menikmati masa janda, bahkan membandingkan tubuh gadis dan janda. Pelanggaran juga dilakukan Eko Patrio dengan kalimat yang cukup sensitif.

"Kemudian dialog Eko Patrio yang merupakan Anggota Dewan, dalam satu dialog, ada dialog melecehkan perempuan. Seakan-akan wanita itu murah," ujar Elvi.

Eko: wanita gampang, tinggal bilang ah ah (dan menunjukan kantong bagian belakang).

5. Raffi Ahmad - Zaskia Gotik

Masih dalam program yang sama di Pesbukers. MUI kembali menemukan pelanggaran yang bermuatan seksual.

"Sahurnya Pesbukers ANTV, tanggal 24 Mei ada satu dialog yang bahasanya mengarah ke seksual. Raffi Ahmad turun dari ojek, Zaskia Gotik suruh bayar," jelas Elvi.

6. Edukasi Publik

Ini bukan kali pertama program Pesbukers mendapat teguran. Program ini sempat vakum beberapa saat namun kembali tayang dengan konsep yang kurang lebih sama. Teguran dari MUI ini dirasa cukup keras karena banyaknya pelanggaran.

"Dengan kami menyampaikan ini, kami mengedukasi publik. Sekarang banyak tontonan di tv, tinggal dipilih aja tontonannya. Kami didukung masyarakat, dan kami anjurkan untuk tinggalkan tayangan televisi jika tayangannya tidak baik ditonton. Itu bentuk edukasi kami," tutup Cholil Nafis.

 

(kpl/apt/rna)


REKOMENDASI
TRENDING