SELEBRITI

Usahanya Ikut Terdampak Pandemi, Ucok Baba Terpaksa Kurangi Karyawan

Rabu, 25 November 2020 17:15

Ucok Baba (credit: Kapanlagi.com/Muhammad Akrom Sukarya)

Kapanlagi.com - Sudah satu tahun lebih pelawak Ucok Baba merintis usaha dengan berjualan buah durian. Namun, setelah wabah virus Covid-19 mulai masuk ke Indonesia, usaha yang dirintisnya mulai mengalami penurunan omset.

Alhasil, lelaki 49 tahun itu mau tak mau harus tarik ikat pinggang dan merumahkan beberapa pegawainya yang selama ini sudah turut membantu memajukan usahanya tersebut.

"Kalo sekarang ini saya lebih repot ketimbang sebelum pandemi. Karena kita harus kurangin karyawan, karena gak bisa menggaji. Sehingga saya pontang panting urus ini itu sehingga jadi sibuk," ucapnya saat dijumpai di kawasan Jalan Kapten Tendean, Mampang, Jakarta Selatan, belum lama ini.

1. Tak Hitung Untung

Walau tidak sampai gulung tikar, pria kelahiran 10 Mei 1982 itu bersyukur karena usaha berjualan buah durian itu masih bisa menghidupi keluarganya dan para karyawannya untuk bisa bertahan hidup.

"Kalo masalah untung sudah gak saya lihat lagi, yang penting itu bisa jalan, teman-teman bisa kerja dan beli makan untuk anak, itu aja. Saat ini tinggal beberapa lah (karyawan). Masih diatas 10 lah," pungkasnya.

2. Inul Daratista Alami Hal Serupa

Bukan hanya Ucok Baba yang harus merelakan sejumlah karyawannya akibat kondisi pandemi yang tak kunjung berakhir ini. Beberapa waktu lalu Inul Daratista juga terpaksa merumahkan beberapa karyawan yang selama ini sudah bekerja untuknya.

"Semua (pegawai) yang di Jakarta aku PHK. Maaf. Karena udah delapan bulan harap maklum. Di Jakarta ada 20 outlet lebih, satu outlet ada 75 karyawan, kalau di atas 20 outlet bisa dihitung sendiri jumlahnya (yang terkena PHK). Saat ini banyak nombok daripada untung, karena kita kan nggak ada omzet, nggak ada profit apapun," tutur Inul ditemui di kawasan Kapten Tendean, Selasa (3/11/2020).

3. Pandemi Segera Berakhir

Pandemi Covid-19 membawa berbagai dampak dan menyebabkan banyak perubahan di kehidupan masyarakat. Melihat kondisi sulit ini membuat semua orang berharap agar situasi bisa secepatnya membaik.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menekan angka penularan Covid-19 adalah dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan. #IngatPesanIbu, rajin mencuci tangan dengan sabun, pakai masker dan hindari keramaian.


REKOMENDASI
TRENDING