Work & Play Balance, Kunci Sukses Edho Zell Jadi Influencer dengan 3,7 Juta Subscriber

Selasa, 17 November 2020 07:50 Penulis: Wuri Anggarini
Work & Play Balance, Kunci Sukses Edho Zell Jadi Influencer dengan 3,7 Juta Subscriber (c) Ideafest 2020

Kapanlagi.com - Edho Zell pasti sudah bukan sosok yang asing lagi di kalangan generasi digital zaman now. Dikenal sebagai salah satu content creator dan influencer hits, Edho memang banyak disukai netizen karena kontennya yang family friendly dan menghibur. Jauh banget dari namanya konten sampah. Tapi, popularitas dan kesuksesan Edho nggak terjadi dalam waktu semalam. Butuh effort selama bertahun-tahun hingga karyanya di-notice oleh netizen.

Yup, Edho memang melalui perjalanan panjang yang menghabiskan uji coba beragam konten demi memuaskan ambisinya agar bisa terkenal di Youtube. Cerita ini dibagikan Edho saat mengisi sesi IdeaTalks di Ideafest 2020 yang berlangsung pada Jumat (13/11/2020). Ternyata banyak fakta menarik tentang perjalanan kariernya, salah satunya adalah inspirasi jadi content creator ternyata berasal dari Duo Keong Racun, lho!

Makhluk Viral Indonesia Pertama Jadi Inspirasi

(c) Ideafest 2020(c) Ideafest 2020

Setelah drop out dari universitas karena nggak sanggup membayar uang kuliah, Edho Zell sempat bekerja jadi penjaga warnet. Tahun 2009 di tengah perasaan gagal yang dialaminya, muncul sosok fenomenal yang terkenal di mana-mana yaitu Sinta dan Jojo yang terkenal lewat video lip sync Keong Racun. Bisa dibilang ini adalah makhluk viral pertama yang ada di Indonesia karena berkat video tersebut, Sinta dan Jojo banyak diundang ke televisi.

“Saya terinspirasi buat cari tahu apa platformnya. Akhirnya saya belajar bikin Youtube, belajar bikin videonya. Saya upload video pertama saya dengan harapan langsung viral. Besoknya ngecek, saya kira sudah berjuta-juta, ternyata cuma 1. Besoknya lagi nambah 1. Di hari ketiga saya cek ternayata nambah 3 orang itu ya dari saya sendiri,” cerita Edho selama sesinya berlangsung.

Melepaskan Ambisi Jadi Kunci

(c) Ideafest 2020(c) Ideafest 2020

Angka video yang nggak bertambah juga bikin Edho akhirnya menyerah. Ia kembali merasa gagal. Ia pun mulai melepaskan ambisinya untuk jadi kaya dan terkenal. Tapi, kejutan datang beberapa minggu setelahnya karena ia melihat notif di akun Youtube-nya. Ternyata ada 3 akun yang memberikan komentar positif pada videonya. Ternyata ada salah satu user di Youtube yang memposting videonya di Kaskus sehingga banyak yang nonton.

“Akhirnya saya semangat buat video lagi. Jumlah penontonnya dari 3 jadi 15. Tapi terus saya mikir kalau gini kapan saya kayanya? AKhirnya saya mulai coba bikin video yang nggak isa ditonton di TV dengan melakukan sensasi, prank dan sebagainya,” lanjut Edho

Bertahun-tahun mencoba membuat video seperti itu, ia pun meyerah lagi. Sekitar di tahun 2012 ia berada di titik paling rendah karena banyak masalah, gagal nikah dan hampir ingin bunuh diri, Edho pun mulai mengenal Tuhan. Ia merasa ada panggilan baru dan punya tujuan hidup yang baru juga. Ia menceritakan bahwa tujuannya nggak lagi ingin terkenal tapi ingin memberikan dampak buat anak muda.

“Dari situ saya mendapat energi, bisa sampai 500 ribu subscriber, dapat gold play button yang kedua setelah Raditya Dika dan terus berkembang hingga menembus 1 juta subscriber. Sekarang 3,7 juta subscriber. Saya tahu ini bukan angka yang besar tapis aa punya pondasi audiens yang positif. Terbukti kalau saya lagi kebanyakan endorse, bukannya mereka malah marah tapi malah memberikan semangat,” lanjutnya.

Sekarang ia merasa jauh lebih diberkati padahal isi kontennya hanya jalan-jalan atau makan bersama keluarga saja.

Work and Play Balance Jadi Rahasianya

Sekarang ia sudah menjalani banyak partnership dengan brand ternama, salah satunya adalah Samsung yang telah 4 tahun bersamanya. Dari gagal jadi mapan, Edho mengaku hal yang paling dibanggakan olehnya adalah work and play balance. Hal ini juga semakin dimudahkan dengan kehadiran Samsung Galaxy Note20 dan Samsung Galaxy Note20 Ultra yang digunakan.

“Sekarang saya bikin konten nggak perlu pusing lagi karena fitur dari Samsung. Fase produksi konten jadi jauh lebih singkat karena praktis banget,” cerita Edho.
Ia pun menceritakan sejak menggunakan smartphone Samsung Galaxy Note20 dan Samsung Galaxy Note20 Ultra memberikan banyak fitur canggih, nggak hanya kerja dari rumah tapi kerja dari genggaman. Buat content creator seperti dirinya, bisa mengedit foto langsung di smartphone sudah jadi impian banget.

(c) Youtube/Samsung Indonesia(c) Youtube/Samsung Indonesia

Nggak heran sih kalau Edho jadi makin kreatif dengan Samsung Galaxy Note20 ini karena dibekali dengan Pro-Grade Camera yang menghadirkan kualitas video pro dan triple camera dari Galaxy Note20 dapat menangkap berbagai momen aja saja, dari yang dramatis hingga sekelas jepretan kamera profesional. Setelah sibuk bekerja seharian, saatnya Play Harder with Powerful Gaming Combo yang semakin memanjakan dengan kehadiran Game Booster, 120Hz Display, dan 240Hz report rate.

Mau makin produktif? Kerja makin cerdas dengan S Pen yang bisa menampung segala ide yang dimiliki. Sensasi S Pen terbaru dari Samsung ini terasa seperti menulis di atas kertas. Bisa memudahkan buat menulis ide yang mengalir kan?  
Rasakan juga kecanggihan Samsung DeX yang bisa menyambungkan smartphone kamu ke TV buat menikmati pengalaman layar yang lebih memanjakan.

See, kecanggihan Samsung Galaxy Note20 dan Samsung Galaxy Note20 Ultra bisa bikin kamu kerja jadi makin produktif, work and play tetap balance. Gimana, mau jadi super kreatif ala Edho Zell?

 

(adv/wri)

Editor:

Wuri Anggarini


REKOMENDASI
TRENDING