Sitkom 'Wayang Bandel' Dinilai Lecehkan Umat Hindu

Selasa, 15 Mei 2012 15:28 Penulis: Darmadi Sasongko
Sitkom 'Wayang Bandel' Dinilai Lecehkan Umat Hindu Olga Syahputra, bintang Wayang Bandel
Kapanlagi.com - Program sitkom Wayang Bandel, yang ditayangkan Trans TV menuai protes dari komunitas Hindu yang tergabung dalam The Hindu Center of Indonesia. Trans TV dianggap tidak cermat dalam menggunakan simbol-simbol agama Hindu.

Saat program sitkom Wayang Bandel mengangkat tema Sastra Mahabrata, pada Sabtu (12/5/2012) lalu. Saat itu program yang dibintangi Olga Syahputra, Jessica Iskandar, Ayu Dewi dan Yadi Sembako itu, menampilkan dialog antara Pandawa dan Kurawa dengan latar belakang Istana Hastanipura dan Istana Indraprasta.

Mereka yang sebenarnya memerankan figur suci dalam kitab Weda, yaitu Yudhistira, Drupadi, Duryodhana dan Dursasana, justru bersikap main-main yang syarat pelecehan. Kata-kata kasar dari dialog tidak mencerminkan tokoh suci, bahkan jauh dari nilai kepatutan.

"Seniman itu harus punya sense of belonging. Mereka sering ke Bali harusnya mereka tahu patung-patung gitu ya, jadi artis jangan bodoh dan goblok gitu. Saya lebih ke penulis skenario, Mahabarata itu bukan dongeng," tutur Arya Wedakarna di Komala's Cafe, Sarinah, Jakarta Pusat, Selasa (15/5).

Apa yang disajikan Wayang Bandel dianggap sebagai pelecehan, dan umat Hindu Indonesia berhak mempermasalahkannya, sebagai bagian dari hak warga negara. Arya pun akan secepatnya mengirimkan somasi kepada pihak Trans TV.

"Kita punya badan penyiaran Hindu dan penyiaran resmi memang tidak ada proses itu, sehingga telah terjadi pelecehan terbuka. Kita akan kirimkan hari ini ke pihak Trans secara resmi kepada manajemen pihak Trans grup," papar Arya.

LANTAS BAGAIMANA NASIP OLGA DKK SETELAH ADA KECAMAN DARI UMAT HINDU?

(kpl/buj/dar)


REKOMENDASI
TRENDING