PREDEBUT

Memiliki nama lengkap Kim Kibum, pria ini lahir pada tanggal 21 Agustus 1987, dan merupakan anggota nomor 12 dari Super Junior.

Kibum menjalani debut akting di serial drama TV APRIL KISS pada tahun 2004 sebelum debut dengan Super Junior.

Sejak perilisan studio album SORRY-SORRY, Kibum tidak lagi berpartisipasi dalam promosi aktif Super Junior kecuali dalam syuting video klip Sorry-Sorry dan It's You, demi memilih fokus di akting.

Kibum sendiri memiliki seorang adik perempuan bernama Kim Saehee yang tinggal dengan ibunya. Satu orang sepupunya adalah aktor dan model Korea, Shin Dong Wook.

Saat masih anak-anak, pada usia sepuluh, Kibum pindah ke Los Angeles di mana ia menjadi murid di Santa Monica High School. Pada tahun 2002, ia ditemukan oleh pencari talenta dari Korea Selatan dan mendapat rekomendasi untuk mengikuti Starlight Casting System yang diselenggarakan SM Entertainment.

Kibum akhirnya menandatangani kontrak dengan SM Entertainment dan menjadi trainee, dan mendapat pelatihan bernyanyi, akting, dancing dan berbagai pelatihan talenta lain seperti menjadi pembawa acara dan modeling.

Saat itu meski tinggal di Seoul, ia kerap kembali ke Los Angeles untuk mengunjungi keluarganya dan untuk menjalani pendidikan pendek.

Karir

2004

Kibum banyak berpartisipasi dalam peragaan busana dan terlibat iklan KTF, C&C phone, NF Sonata, OLIVE, My Chew, Ottogi Noddle dan Elite Uniform bersama seniornya di SME, BoA. Selain itu ia juga muncul di iklan bersama Ahyoomee, Go Ara, dan Heechul.

Selain debut aktor dalam drama APRIL KISS, Kibum juga membintangi SHARP 2 pada tahun 2005, bersama Heechul dan Go Ara. Selain itu ia juga mendapat peran kecil dalam drama MBC MARRYING A MILLIONAIRE pada bulan November 2005.

2005-2007

Pada tahun 2005 Kibum secara resmi debut sebagai bagian dari Super Junior. Pada tahun 2006, ia mendapat peran utama dalam sitkom MBC, RAINBOW ROMANCE, bersama Kim Heechul sebanyak 243 episode.

Hal itu juga diikuti drama kedua Kibum dengan Go Ara berjudul SNOW FLOWER yang tayang di stasiun SBS.

2008-2009

April 2008 Kibum kembali berakting setelah vakum 16 bulan, dan mendapat peran dalam drama MBC, Chunja's Happy Events.

Pada tahun 2009 Super Junior merilis album ketiga SORRY-SORRY, di mana Kibum absen dalam promosi album tersebut sehingga sempat memicu kontroversi bahwa dirinya keluar dari Super Junior.

Berita tersebut telah dibantah oleh SM Entertainment dan juga member Super Junior sendiri. Demikian ketika Super Junior merilis It's You, Kibum tidak memiliki part solo sama sekali. SME memberi konfirmasi bahwa Kibum sibuk dengan jadwal solonya dan bakal absen dari semua aktivitas promosi.

Pasca perilisan Sorry-Sorry Answer, Kibum yang absen dari music video lagu tersebut menyatakan, "Pertama, aku dalam proses untuk mempersiapkan drama. Apakah aku akan berpartisipasi dalam album keempat, melanjutkan aktivitas solo, atau kembali berakting, masih butuh diskusi lebih lanjut dengan perusahaanku."

Mei 2010, Kibum dikonfirmasi tak akan terlibat dalam album Bonamana, ataupun segala bentuk kegiatan Super Junior hingga waktu yang belum ditentukan, dan bakal fokus dalam karir aktingnya.

Pada tahun 2010, Kibum membintangi film berjudul JUMUNJIN yang rilis tanggal 21 Januari. Selain itu pada tahun 2011, Kibum juga bermain dalam drama Deep Rooted Tree.

Sementara itu pada tahun 2012 ini, diberitakan Kibum bakal bermain sebagai pemeran utama pria serial drama I Love Itally yang bakal tayang pada bulan Mei.

Baca Profil Lengkap Kim Kibum ▼