in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

D’Academy 5 Raih 'Program Ajang Bakat Terbaik' di Anugerah KPI 2022

Senin, 17 Oktober 2022 13:05

Anugerah KPI 2022 Sematkan Penghargaan 'Program Ajang Terbaik' untuk Program D'Academy 5 INDOSIAR - Credit: Indosiar

Kapanlagi.com - Ajang pencarian bakat musik dangdut D’Academy yang digagas oleh INDOSIAR berhasil meraih penghargaan dari Anugerah KPI 2022 sebagai Program Ajang Bakat Terbaik. D’Academy merupakan program talent search asli karya anak bangsa yang mengangkat musik asli Indonesia yakni musik dangdut serta mencari bakat terbaik anak muda berbakat dari seluruh penjuru Indonesia.

Hingga kini, belantika musik Tanah Air juga diwarnai oleh penyanyi terbaik alumni D’Academy serta ajang pencarian bakat INDOSIAR lainnya. “Semoga D’Academy terus menjadi tontonan yang menghibur dan melahirkan bintang-bintang dangdut Indonesia,” harap Putri Isnari yang langsung ditambahkan oleh Jirayut. “Terima kasih pemirsa INDOSIAR yang selalu menyaksikan D’Academy 5,” tutur Jirayut.

1. Lanjutan Kompetisi D'Academy 5

Kompetisi di babak Top 24 D’Academy 5 masih terus berlanjut pada hari Sabtu, 15 Oktober 2022 lalu dengan penampilan dari Grup 5 yakni Rahm (Bogor), Salwa (Lebak), Tina (Soppeng), dan Vini (Cianjur). Sebelumnya di hari Jumat, 14 Oktober 2022 lalu kompetisi di Konser Top 24 Result D’Academy 5 Grup 4 berlangsung sengit. Hasil akhir mengharuskan Isman (Rokan Hulu) tersenggol dan menghentikan perjuangannya di kompetisi D’Academy 5. Sementara Hasby (Gowa), Sridevi (Prabumulih), dan Afan (Jakarta Barat) sukses melaju ke babak selanjutnya.

Persaingan dari Grup 5 diawali di Konser Top 24 Show D’Academy 5 dimana setiap peserta ditantang untuk tampil sebanyak dua kali yakni solo dan grup. Rahm (Bogor) membuka kompetisi dengan menyanyikan lagu “Kiblat Cinta” karya Adibal. Upaya Rahm (Bogor) memberikan penampilan terbaik hingga menyisipkan lirik dan puisi berbahasa Korea Selatan tidak sia-sia. Penampilannya kali ini diganjar dua standing ovation dari Nita Thalia dan Fomal. “Penampilan kamu malam ini keren sekali. Musik dangdut juga bisa disisipkan lirik Bahasa Korea yang lumayan panjang juga tadi,” puji Nita Thalia. Berbeda dengan penilaian Soimah dan Fildan yang menilai penghayatan dari Rahm (Bogor) untuk lagu yang dinyanyikan masih kurang.

2. Penampilan Vini, Tina, & Salwa

Giliran Vini (Cianjur) yang berupaya mencuri hati Dewan Juri lewat lagu “Air Mata Tiada Arti”. Dua standing ovation dari Rita Sugiarto dan Fildan berhasil diraih Vini (Cianjur). “Aku senang sekali lihat kamu menyanyikan lagu ini yang pernah saya nyanyikan juga. Sejak awal kamu nyanyi sampai akhir semua mulus bahkan sampai improvisasi juga berhasil. Cengkoknya pas sekali,” puji Rita Sugiarto. Sementara itu keberuntungan belum berpihak pada Tina (Soppeng). Lagu “Gundah” yang coba dibawakan Tina (Soppeng) di babak Top 24 D’Academy 5 belum berhasil meluluhkan hati Dewan Juri untuk memberikan standing ovation. “Banyak hal yang mengganggu saya dari penampilan kamu malam ini. Saya paham kamu terlalu bersemangat dan emosional menyanyikan lagu ini sehingga di awal lagu tempo dan kontrol nada sudah berantakan. Padahal penampilan kamu sebelumnya sudah bagus. Jadi menurut saya penampilan kamu malam ini belum ada sesuatu yang spesial,” komentar Soimah.

Fildan Menilai Penampilan Salwa (Lebak) Masih Banyak Nada yang Tidak Sesuai di Lagu 'Maha Cinta'

Salwa (Lebak) sebagai academia terakhir yang tampil dari Grup 5 mencoba keberuntungan lewat lagu “Maha Cinta”. Namun hanya Nita Thalia yang memberikan standing ovation dari penampilannya kali ini. “Sebenarnya perkembangan kamu di penampilan sebelumnya sangat baik bahkan sempat dapat lima standing ovation. Jadi sangat disayangkan sekali penampilan kamu malam ini banyak nada yang tidak sesuai,” ujar Fildan. Tantangan berikutnya dijawab oleh Rahm (Bogor), Salwa (Lebak), Tina (Soppeng), dan Vini (Cianjur) dengan tampil secara grup lewat lagu “Panah Asmara”. Tidak ada satu pun dari Dewan Juri yang memberikan standing ovation dari penampilan grup keempat academia kali ini. Soimah menilai hanya penampilan Rahm (Bogor) yang aman sementara Salwa (Lebak), Tina (Soppeng), dan Vini (Cianjur) masih cukup banyak yang perlu diperbaiki.

3. 'Kiblat Cinta' Bawa Rahm (Bogor) Jadi Academia Terbaik Top 24 Show D’Academy 5 Grup 5

Di akhir acara Dewan Juri menetapkan Rahm (Bogor) sebagai academia terbaik yang tampil di Konser Top 24 Show D’Academy 5 Grup 5. Dengan demikian Rahm (Bogor) berhak mendapat reward berupa tambahan 10% polling dari tiga academia lainnya. Setelah diakumulasi, Rahm (Bogor) berhasil berada di posisi teratas dengan perolehan polling sementara sebesar 42,21% disusul Salwa (Lebak), Tina (Soppeng), dan Vini (Cianjur). Dukungan untuk keempat academia masih terus dibuka hingga Konser Top 24 Result D’Academy 5 Grup 5 yang akan berlangsung hari Senin, 17 Oktober 2022 LIVE di INDOSIAR sejak pukul 20.30 WIB.

Saksikan D’Academy 5 Babak Top 24 pukul 20.30 WIB LIVE hanya di INDOSIAR, Luar Biasa!

(kpl/ums)

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake
REKOMENDASI
TRENDING