in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Grup 3 Top 28 LIDA 2019: Sheyla Berhasil Lolos, Dedi Duta Sumatera Barat Tersenggol

Jum'at, 15 Maret 2019 09:35 Penulis: Cinthya Septavy

Grup 3 Top 28 LIDA 2019 (credit: Indosiar)

Kapanlagi.com - Kompetisi dangdut terbesar di Indonesia, Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2019 sudah memasuki babak 28 besar. Semalam, Kamis (14/3), giliran grup 3 yang bersaing untuk mengharumkan daerah provinsi masing-masing.

Mereka adalah Dedi (Sumatera Barat), Alif (Kalimantan Timur), Beni (Banten), dan Sheyla (Maluku). Setelah diacak urutan tampil, Sheyla menjadi peserta yang mendapat kesempatan tampil pertama.

Membawakan lagu berjudul Bumi Semakin Panas, Sheyla hanya mampu memikat satu dewan juri untuk memberinya lampu biru. Empat juri lainnya memberikan lampu merah tanda tak suka atau tidak mendukung atas penampilannya. Sedangkan empat panel provinsi memberinya lampu dukungan.

“Sebenarnya kamu mempunyai suara yang bagus, semangat kamu pun keren. Namun kamu terlalu emosional dan akhirnya lepas control. Di beberapa bagian tidak stabil, jadi saya belum bisa menikmati penampilan kamu,” ujar Zaskia Gotik menjelaskan mengapa dirinya memberi lampu merah.

Berbeda dengan Zaskia Gotik, Ruben Onsu, selaku juri tamu memiliki penilaian berbeda atas penampilan Sheyla. Oleh sebab itu, ia memberikan lampu biru kepada Sheyla. Seperti apa kata Ruben?

 

1. Alasan Ruben Onsu

“Temponya bagus, baju juga bagus, dan aksi panggung kamu keren. Saya bisa menikmati penampilan kamu malam ini,” ujarnya.

Usai Sheyla, giliran Dedi unjuk kemampuan. Membawakan lagu berjudul Engkau Laksana Bulan, Dedi berhasil memukau seluruh dewan juri dan panel provinsi. Penampilannya diganjar seluruh lampu biru dari juri dan panel provinsi.

“Malam ini kamu membawakan lagu dengan enak, cara bernyanyi kamu pun bagus dan kamu bisa menginterpretasikan lagu ini dengan baik. Namun kamu harus memperbaiki stage act kamu,” ucap Nassar mengomentari penampilan Dedi.

Dua peserta setelah Dedi, juga berhasil tampil memukau dan meraih nilai sempurna dari juri dan panel provinsi. Alif yang menjadi penampil ketiga, berhasil menyapu bersih lampu dukungan dari juri dan panel provinsi usai membawakan lagu berjudul Bertahun Rindu.

“Kamu itu kecil-kecil cabe rawit. Pada dasarnya vocal kamu sudah matang, pokoknya kamu itu paket komplit,” puji Inul Daratista. “Suara kamu itu pulen banget, mudah-mudahan SMS nya tinggi,” Zaskia Gotik menambahkan.

Beni yang menjadi penampil terakhir, juga meraih lima lampu biru dari juri dan empat lampu dukungan panel provinsi dalam membawakan lagu berjudul Kehilangan Tongkat. Nassar yang terpesona dengan penampilan Beni, berharap Beni bisa terus menunjukan peningkatannya dalam bernyanyi dangdut.

“Tantangan kamu ke depannya adalah bagaimana caranya penampilan kamu bisa membuat dewan juri standing ovation,” ucap Nassar.

2. Skor Akhir

Setelah keempat peserta tampil, tiba pengumuman skor akhir yang akan menentukan siapa peserta yang akan tersenggol dan bertahan di panggung LIDA 2019. Para peserta pun terlihat tegang. Sebab polling dari pemirsa yang ditutup usai acara, sangat menentukan perjalanan mereka di panggung LIDA 2019.

Sebagaimana diketahui ada tiga elemen penilian kepada peserta. Pertama dari panel provinsi yang memiliki bobot 5 persen, kedua dewan juri yang memiliki bobot 20 persen, dan ketiga polling SMS dan vote aplikasi Shoppe dari pemira yang memiliki bobot paling besar, yakni sebesar 75 persen.

Berdasar urutan tampil, nilai yang diperoleh Sheyla dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya adalah sebesar 1,25. Dari juri sebesar1,25. Sedangkan dari pemirsa sebesar 22,00. Setelah digabungkan, Sheyla meraih total nilai 24,50.

Kemudian nilai yang diperoleh Dedi dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya sebesar 1,25. Dari juri sebesar 6,25. Dari pemirsa sebesar 15,49. Setelah digabungkan, Dedi meraih total nilai 22,99.

Alif yang tampil ketiga, perolehan nilai dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya sebesar 1,25. Dari juri sebesar 6,25. Dari pemirsa sebesar 20,78. Setelah digabungkan, Alif meraih total nilai 28,28.

Beni yang tampil terakhir memperoleh nilai dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya sebesar 1,25. Dari juri sebesar 6,25. Dari pemirsa sebesar 16,73. Setelah digabungkan, Beni meraih total nilai 24,23.

Dengan demikian Alif berada di posisi puncak dengan skor akhir tertinggi yakni 28,28 menyusul Sheyla dengan total nilai 24,50. Kemudian Beni berada diposisi ketiga dengan total nilai 24,33 dan Dedi berada di posisi terbawah dengan total nilai 22,99.

Sebagai peraih nilai terendah, Dedi pun harus tersenggol. Perjalanannya di panggung LIDA 2019 harus terhenti. Meski sejatinya, Dedi tampil baik dalam penilaian juri. Namun sayang, ia tidak meraih banyak dukungan dari pemirsa.

Berbeda dengan Sheyla. Meski hanya satu juri yang memberinya lampu biru, ia meraih banyak sekali dukungan dari pemirsa. Bahkan ia menjadi peraih tertinggi polling dari pemirsa di antara tiga peserta lainnya.

Saksikan terus LIDA 2019, dan dukung peserta favoritmu dengan cara voting melalui aplikasi Shopee atau voting SMS (ketik: LIDA [spasi] Nama Peserta, kirim ke 97288).

(kpl/dan/cvn)

Reporter: Dadan Deva


REKOMENDASI
TRENDING