in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Penampilan Grup 1 Top 28 LIDA 2019 Burhan Duta Yogyakarta Tersenggol & Raih Nilai Nol

Rabu, 13 Maret 2019 10:27 Penulis: Cinthya Septavy

Grup 1 Top 28 LIDA 2019 (credit: Indosiar)

Kapanlagi.com - Kompetisi dangdut terbesar di Indonesia, Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2019 sudah memasuki babak 28 besar. Semalam, Selasa (12/3), giliran grup 1 yang bersaing untuk mengharumkan daerah provinsi masing-masing.

Mereka adalah Anton (Kalimantan Utara), Cut (Aceh), Burhan (Yogyakarta), dan Nirwana (Bengkulu). Setelah diacak urutan tampil, Cut menjadi peserta yang mendapat kesempatan tampil pertama.

Cut tampil membawakan lagu berjudul Hujan karya cipta Eddy Nuansa dan dipopulerkan Erie Suzan. Upayanya untuk memikat dewan juri panel provinsi dan pemirsa, lewat suaranya yang merdu, tak sia-sia. Penampilannya yang memukau diganjar seluruh lampu dukungan dari juri dan panel provinsi.

1. Melly Goeslow: Tidak Ada Sesuatu Yang Lebih dari Anton

“Ada beberapa artikulasi kamu kurang jelas. Tapi overall penampilan kamu bagus. Pertahankan terus,” ucap Melly Goeslow, selaku juri tamu.

Usai Cut, giliran Nirwana unjuk kemampuan. Membawakan lagu berjudul Derita karya cipta H. Rhoma Irama, Nirwana juga sukses menyapu bersih seluruh lampu dukungan dari juri dan panel provinsi.

“Perfecto. Kamu nyanyi ada nyawanya, rasanya enak. Kamu selalu ada peningkatan di setiap penampilan kamu,” puji Inul Daratista.

Anton menjadi penampil ketiga. Penampilannya dalam membawakan lagu berjudul Dahsyat karya cipta Joel Anggara, hanya meraih tiga lampu biru dari juri dan empat lampu panel provinsi. Dua juri, memberikannya lampu merah.

Nassar menilai Anton sudah membawakan lagu yang pernah dipopulerkan almarhum Abiem Ngesti itu dengan baik. Namun Melly Goeslow memiliki penilaian berbeda. “Saya 100 persen tidak setuju dengan Nassar. Menurut saya, tidak ada sesuatu yang lebih dari Anton. Penghayatan biasa saja, pas di part rock maksa, artikulasi kurang jelas. Kalau di kompetisi tidak ada toleransi,”

2. Burhan Raih Nilai Nol

Usai Anton, giliran Burhan unjuk kemampuan. Penampilannya membawakan lagu berjudul Viva Dangdut, hanya meraih lampu dukungan dari panel provinsi saja. Seluruh juri tidak ada satupun yang memberinya lampu biru alias lampu dukungan.

“Isi lagu ini mengajak penonton untuk bergoyang tapi grove dan power kamu kurang. Not di awal lagu ngambang dan lemas. Pelajari lagi teknik mic ing,” ujar Dewi Perssik mengomentari penampilan Burhan.

Setelah keempat peserta tampil, tiba pengumuman skor akhir yang akan menentukan siapa peserta yang akan tersenggol dan bertahan di panggung LIDA 2019. Mereka pun terlihat tegang. Sebab polling dari pemirsa yang ditutup usai acara, sangat menentukan perjalanan mereka di panggung LIDA 2019.

Sebagaimana diketahui ada tiga elemen penilaian kepada peserta. Pertama dari panel provinsi yang memiliki bobot 5 persen, kedua dewan juri yang memiliki bobot 20 persen, dan ketiga polling SMS dan vote aplikasi Shopee dari pemirsa yang memiliki bobot paling besar, yakni sebesar 75 persen.

Berdasar urutan tampil, nilai yang diperoleh Cut dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya adalah sebesar 1,25. Dari juri sebesar 7,69. Sedangkan dari pemirsa sebesar 24,69. Setelah digabungkan, Cut meraih total nilai 33,63.

Kemudian nilai yang diperoleh Nirwana dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya sebesar 1,25. Dari juri sebesar 7,69. Dari pemirsa sebesar 25.00. Setelah digabungkan, Nirwana meraih total nilai 33,94.

Anton yang tampil ketiga, perolehan nilai dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya sebesar 1,25. Dari juri sebesar 4,62. Dari pemirsa sebesar 12,71. Setelah digabungkan, Anton meraih total nilai 18,58.

Burhan yang tampil terakhir memperoleh nilai dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya sebesar 1,25. Dari juri Burhan tak meraih nilai sama sekali atau 0,00. Dari pemirsa sebesar 12,60. Setelah digabungkan, Burhan meraih total nilai 13,85.

Dengan demikian Nirwana berada di posisi puncak dengan skor akhir tertinggi yakni 33,94 menyusul Cut dengan total nilai 33,63. Kemudian Anton berada di posisi ketiga dengan total nilai 18,58 dan Burhan berada di posisi terbawah dengan total nilai 13,85.

Sebagai peraih nilai terendah, Burhan pun harus tersenggol. Perjalanannya di panggung LIDA 2019 harus terhenti. Saksikan terus LIDA 2019, dan dukung peserta favoritmu dengan cara voting melalui aplikasi Shopee atau voting SMS (ketik: LIDA [spasi] Nama Peserta, kirim ke 97288).

(kpl/dan/cvn)

Reporter: Dadan Deva


REKOMENDASI
TRENDING