in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Penampilan Grup 14 LIDA 2019, Randy Sabara Duta dari Sulawesi Tenggara Tersenggol

Rabu, 30 Januari 2019 10:35 Penulis: Editor KapanLagi.com

Grup 14 LIDA 2019 (credit: Indosiar)

Kapanlagi.com - Show grup 14 Top 80 LIDA 2019 usai diselenggarakan pada Selasa malam (29/1). Peserta dari grup 14 Top 80 ini terdiri dari Randy Sabara (Sulawesi Tenggara), Kiki (Kepulauan Riau), Novi (Kalimantan Barat),  Abi (Jawa Tengah), dan Delila (Papua Barat). Kemampuan vocal mereka dalam menyanyikan lagu dangdut, diadu.

Malam itu dewan juri yang bertugas adalah Soimah, Zaskia Gotik, Dewi Perssik dan Nassar. Untuk juri tamu dari musisi non dangdut adalah Yuni Shara. Selain menilai penampilan peserta, Yuni Shara menghibur penonton lewat tembang 50 Tahun Lagi.

Sementara untuk panel provinsi hadir para finalis ajang pencarian bakat Indosiar yang berasal dari daerah masing-masing peserta yakni Fildan DAA (Sulawesi Tenggara), Susi BP (Jawa Tengah), Golda LIDA (Papua Barat), Oji LIDA (Kepualauan Riau), dan Weni DAA (Kalimantan Barat). Sebagai komentator busana para peserta hadir fashion guru Caren Delano.

1. Juri dan Panel Provinsi Terpesona

Memasuki penampilan peserta, Novi duta Kalimantan Barat, mampu mencuri hati juri dan panel provinsi lewat suaranya yang khas dan unik. Membawakan lagu Hari Berbangkit, Ia meraih lima lampu biru, tanda suka dari juri  dan panel provinsi, serta standing ovation dari Caren Delano.

“Saya suka penampilan kamu, kamu bisa menguasai panggung. Saya juga suka cengkok kamu Karena kamu berbeda dengan penyanyi lain,” ujar Nassar mengomentari penampilan Novi. “Pesan saya, kamu harus tetap rendah hati,”timpal Dewi Perssik.

Abi duta Jawa Tengah membuat juri dan panel provinsi terpesona dengan parasnya yang rupawan ditambah dengan suaranya yang merdu. Membawakan lagu Benang Biru, ia meraih lima lampu biru dari panel provinsi dan tiga lampu biru dari juri.
 
“Saya suka dengan tatapan matamu dan pembawaan dirimu yang tenang,” komentar Soimah. “Secara keseluruhan kamu tampil sempurna, tapi sayang rasanya (suara tinggimu) kurang sampai, jika itu dilakukan akan jauh lebih bagus lagi. Saya beri lampu biru karena mengapresiasi usaha kamu yang ingin tampil maksimal,” ujar Yuni Shara.

2. Randy Sabara Dapat Banyak PR

Usai Abi, giliran Randy duta provinsi Sulawesi Tenggara yang unjuk kebolehan. Sayang, ia tidak bisa melawan grogi di penampilan perdananya  dalam membawakan lagu Mahal. Lima lampu dukungan dari panel provinsi diraihnya, namun hanya satu juri yang menyalakan lampu biru, sementara empat juri lain menyalakan lampu merah tanda tidak suka dengan penampilannya.

“Sebetulnya kamu punya suara bagus, bisa menyanyi dangdut, tapi kamu itu grogi jadi suaranya banyak yang gemetar. Kalau seandainya kamu lolos, kamu harus lebih rileks lagi saat bernyanyi,” ucap Zaskia Gotik mengomentari penampilan Randy. “Maaf cengkok kamu nggak jelas, nyanyi juga masih berantakan, banyak sekali PR yang kamu harus benahi,” ucap Nassar.

Pun demikian dengan Delila. Duta dari provinsi Papua Barat ini tak mampu tampil maksimal dalam membawakan lagu Wakuncar sehingga hanya dua juri yang memberi lampu biru kepadanya, sementara panel provinsi memberi dukungan penuh kepadanya.

“Saya tidak melihat ada dangdut di penampilan kamu, dan kamu seharusnya bisa menjaga kontrol nada selama bernyanyi,” ucap Dewi Perssik.

3. Penampilan Kiki Jadi Penutup Spektakuler

Kiki, duta provinsi Kepulauan Riau menjadi penampil terakhir. Ia berhasil menutup konser LIDA grup 14 Top 80, dengan spektakuler. Suaranya yang merdu ditambah dengan aksi panggung yang memukau dalam membawakan lagu Makan Darah membuat dirinya meraih lima lampu dukungan dari seluruh juri dan panel provinsi.

“Penampilan kamu asik, seru, dan aksi panggung kamu pun bagus. Improvisasinya juga keren banget, aku suka banget dengan kamu,” ucap Zaskia Gotik. “Ini menjadi penutupan yang indah pada malam hari ini,” ucap Yuni Shara.

4. Penilaian Akhir

Setelah kelima peserta tampil, tiba pengumuman skor akhir yang menentukan siapa peserta yang tersenggol dan bertahan. Seperti diketahui ada tiga elemen penilaian kepada peserta yakni pertama Panel Provinsi yang memiliki bobot 5 persen, kedua Dewan Juri (20 persen), dan ketiga adalah SMS dari pemirsa (75 persen).

Berdasar nilai gabungan antara tiga elemen tersebut, Kiki mendapatkan skor akhir tertinggi, yakni 23,58 persen, disusul  Novi  22,83 persen,  Abi  19,71 persen,  Delila  17,51 persen, dan Randy meraih skor akhir terendah yakni  16,38 persen. Dengan begitu, Randy duta dari provinsi Sulawesi Tenggara harus tersenggol. Perjalanannya dipanggung LIDA 2019 harus terhenti.

Saksikan terus LIDA 2019, dan dukung peserta favoritmu dengan cara voting melalui aplikasi Shopee atau voting SMS (ketik: LIDA [spasi] Nama Peserta, kirim ke 97288).

Penulis : Louvina Gita Shoya

(kpl/dan/mag/lou)

Reporter: Dadan Deva


REKOMENDASI
TRENDING