in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Sempat Jadi Honorer dan Hidup Pas-pasan, Denny Caknan Sebut Titik Baliknya Karena 'Kartonyono Medot Janji'

Rabu, 16 Desember 2020 19:11 Penulis: Wulan Noviarina Anggraini

Denny Caknan © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Pemuda asal Ngawi, Jawa Timur, Denny Caknan mengawali karirnya sebagai seorang musisi pada tahun 2019. Namanya seketika dikenal setelah melantunkan lagu berjudul Kartonyono Medot Janji yang hingga saat ini sudah ditonton hampir sebanyak 200 juta kali di Youtube.

Tapi siapa sangka Denny Caknan sebelum namanya dikenal seperti saat ini pernah menjadi seorang pegawai honorer Dinas Lingkungan Hidup. Tak hanya itu, sebelum menelurkan lagu Kartonyono Medot Janji, Denny pernah juga merilis sebuah lagu bergenre pop, namun tak berhasil mendongkrak namanya.

"Iya pernah. Dan dulu sebelum garap lagu Kartonyono Medot Janji saya masih idealis sih. Sesuka saya, bikin lagu pop," ungkap Denny Caknan saat ditemui di KLY office, Menteng, Jakarta Pusat belum lama ini.

1. Rejeki di Dangdut

"Tapi akhirnya idealis itu agak bisa dikontrol karena lagu yang laku itu emang dangdut jadi kita beralih. Dan alhamdulillah ini jalan hidupnya, rejekinya di dangdut," lanjutnya.

Lelaki berusia 27 tahun ini pun juga menceritakan bagaimana awal ide dirinya beralih genre dari pop ke musik dangdut atau campur sari. Karena melihat minat masyarakat di tongkrongan entah di cafe atau angkringan yang biasa menyetel lagu dangdut atau campur sari, membuat Denny baru terpikir untuk menelurkan sebuah karya dengan genre musik tersebut.

"Karena di Jawa yang booming dangdut, musik pop turun, jadi kalau di angkringan, di cafe, lagu yang diputar itu malah dangdut. Terus saya baru mikir 'kenapa saya nggak bikin kayak gini' ya akhirnya bikin dan meledak, dulunya nonton sekarang alhamdulillah ditonton," ujarnya.


2. Beri Perubahan Besar

Selain itu, Denny Caknan mengakui bahwa single Kartonyono Medot Janji tersebut memberikan perubahan besar dalam kehidupannya. Baginya, tembang Kartonyono Medot Janji merupakan titik balik untuk kehidupan pribadi maupun keluarganya.

"Perubahan pasti sangat besar, jadi merubah semuanya. Jadi titik balik hidup saya ada di lagu Kartonyono Medot Janji itu," tukasnya.

(kpl/irf/phi)

Reporter: Irfan Kafril


REKOMENDASI
TRENDING