KOREA

10 Channel YouTube Buat Nonton Web Drama Korea Terbaik Secara Legal dan Gratis

Rabu, 07 April 2021 21:00 Penulis: Iwan Tantomi

credit via naver x dispatch & big picture mart

Kapanlagi.com - Maraknya konten digital yang dipublikasikan di YouTube, nyatanya tak disia-siakan oleh para sineas konten Korea. Selain getol memproduksi drama Korea untuk televisi atau platform streaming berbayar, produser drama juga aktif merilis web drama yang banyak dirilis di YouTube.

Kualitasnya pun tak bisa dianggap remeh, karena di samping artis yang digandeng bertalenta, jalan cerita yang diusung juga tak kalah menarik dengan drama Korea. Menariknya lagi, sebagian besar web drama Korea ini bisa ditonton secara legal dan gratis.

Bila kamu bosan nonton drama Korea, 10 channel YouTube ini berikut dapat kamu kunjungi untuk menonton beragam web drama yang keren-keren. Daripada download ilagal, kan?

1. AsianCrush

AsianCrush jadi website streaming beragam serial dan film bahkan tak hanya dari Korea, tetapi juga dari Jepang, China, Malaysia, Thailand, Vietnam, hingga Indonesia. Kerennya AsianCrush sering membuat web drama Korea berkualitas dan bisa ditonton cuma-cuma, seperti I Am, The Blue Sea, Love Security, Longing for Spring, dan I Eat, Therefore I Am.

2. Tooniverse

Di Korea, Tooniverse menjadi channel yang sering menayangkan kartun dan anime. Namun, belakangan channel milik CJ E&M ini menambah konten dengan membuat web drama Korea di akun YouTube dan bisa dinikmati secara gratis. Beberapa web drama Korea terbaik dari Tooniverse, antara lain My YouTube Diary, Ma Boy, Ohlala School, dan The Haunted House EX: The Haunted Memory.

3. PLAYLIST Global

PLAYLIST Global sangat terkenal di Korea sebagai penyedia konten web drama berkualitas. Channel YouTube-nya bahkan tembus 1.6 juta subscriber. Sebagian besar web drama Korea buatan PLAYLIST Global menyasar remaja, tetapi tak sedikit yang berkisah tentang kehidupan orang dewasa muda. Beberapa web drama Korea terbaik di PLAYLIST Global, seperti Love Playlist, Flower Ever After, A-TEEN, serta XX.

4. tvN D STORY

Selain hadir lewat di televisi, channel tvN juga menghadirkan web drama via tvN D STORY. Konten yang dihadirkan di channel YouTube secara gratis ini pun menyasar gen Z, dengan tema anak muda dan persahabatan. Namun, tak jarang juga ada web drama Korea dengan tema lebih matang hingga romantic thriller. Beberapa web drama terbaik yang bisa ditonton di channel ini, seperti Trap, God's Will, The World of My 17, dan The Temperature of Language: Our Nineteen.

5. Dingo K-Drama

Dibuat oleh MAKEUS Company, Dingo hadir sebagai brand hiburan dan lifestyle di Korea. Menariknya, channel YouTube Dingo hadir dengan beragam konten, termasuk K-Pop dan web drama. Beberapa web drama yang keren banget buat ditonton di channel ini, ada Like, Miss Independent Ji Eun, Not a Robot, dan Fling at a Convenience Store.

6. Lululala Story Lab

Channel hiburan ini memang terbilang baru, tetapi beberapa hasil produksi web drama dari Studio Lululala terbilang keren-keren. Channel yang dihadirkan oleh JTBC ini pun bahkan menggandeng beberapa selebritis terkenal sebagai pemain, termasuk Jaemin NCT hingga aktor Jung Sang Hoon lho. Beberapa web drama terbaik yang bisa kamu tonton di channel ini, antara lain The Way I Hate You, Hanging On!, Nineteen, dan Alive.

7. KOK TV

KOK TV alias King Of Korean-drama TV menjadi channel YouTube berikutnya yang tak boleh sampai kamu lewatkan. Diikuti lebih dari 1.5 juta subscriber, channel bikinan WHYNOT Media ini menghadirkan beberapa web drama yang cukup fresh, seperti FAILing in Love, Secret Crushes, Real High School Romance, One Fine Week, hingga Best Mistake.

 

8. Studio DIA

Jika kamu termasuk yang suka hal-hal berbau aneh dalam drama Korea, ada baiknya subscribe channel YouTube Studio DIA. Genre yang dihadirkan sangat beragam dan unik-unik. Ada fantasi, hal-hal konyol, perubahan bentuk, dan tema-tema tak terduga lainnya. Beberapa web drama terbaik dari channel ini adalah My Dog-Like Dating, What to Do With You, dan Legally, Dad.

9. Lifetime

Lifetime tak hanya banyak berisi konten K-Pop, tetapi juga menghadirkan konten web drama yang cukup dramatis. Bahkan, kamu akan sangat familier dengan beberapa pemainnya, karena tak sedikit yang berasal dari kalangan selebritis lho. Beberapa web drama terbaik yang pernah dibikin Lifetime, seperti The Mermaid Prince, Sydney Sunshine, Ghostderella, Who Kissed Me, dan How to Get Your Ex Back.

10. Big Picture Mart

Last but not least, ada channel YouTube Big Picture Mart yang terbilang baru dengan pengikut sebanyak 19 ribu subscriber. Web dramanya pun belum begitu banyak dibandingkan beberapa channel lainnya. Namun, ada banyak nama besar yang ambil peran di dalamnya, seperti yang terbaru Big Picture House yang dibintangi oleh Jaehyun dan Seunghyub N.Flying serta mantan member AOA, Yuna.

Itulah beberapa channel YouTube terbaik yang bisa kamu manfaatkan untuk menonton web drama terbaik, yang kualitasnya tak kalah dengan drama Korea hits lho.

(kly/tmi)

Reporter: Iwan Tantomi


REKOMENDASI
TRENDING