HOME » SELEBRITI » IU
KOREA

10 Kali Muncul dalam MV K-Pop - Drama Korea Terkenal, Ternyata Bangunan Ikonik Ini Aslinya Mangkrak 20 Tahun

Selasa, 11 Mei 2021 15:30 Penulis: Iwan Tantomi

credit via tvN/JYP Entertainment

Kapanlagi.com - Kesamaan syuting dalam adegan drama atau film Korea mungkin sudah biasa, nyatanya hal ini juga terjadi pada beberapa Music Video (MV) K-Pop juga. Bahkan, ada satu tempat ikonik yang disadari atau tidak, sering langganan jadi lokasi syuting, baik drama Korea maupun MV K-Pop.

Salah satunya adalah bangunan berbentuk melingkar dengan kubah di atasnya, yang diketahui ternyata adalah bangunan mangkrak selama 20 tahun lamanya. Sedianya bangunan yang dibangun sejak 1999 ini dijadikan kampus Korea Health University di Gimcheon.

credit via Gimcheon Newscredit via Gimcheon News

Bangunan lantas ditinggalkan begitu saja, karena tak mendapatkan pendanaan dari pemerintah, ditambah sedang terjadi krisis perekonomian global kala itu. Meski ditutup bagi publik sejak 2009, tempat tersebut masih rutin dicek keamanannya, karena sering disewakan untuk syuting MV K-Pop hingga drama Korea, demi mengumpulkan pendanaan.

credit via Gimcheon Newscredit via Gimcheon News

Berikut 10 MV K-Pop dan drama Korea yang memanfaatkan bangunan mangkrak tersebut sebagai lokasi syuting.

1. MV Stray Kids 'Hellevator'

Mungkin banyak yang belum tahu, tetapi idol K-Pop sekelas Stray Kids ternyata juga pernah memanfaatkan bangunan ikonik ini untuk syuting MV Hellevator. Menariknya dalam MV ini, Stray Kids masih belum sepenuhnya debut, tetapi talenta yang dimiliki ditambah produksi berkualitas dari JYP Entertainment, MV tersebut tetap menyita perhatian dengan dark atmosphere

 

 

2. MV AB6IX 'CLOSE'

Ada pula AB6IX yang turut memanfaatkan bangunan ikonik ini untuk merekam MV CLOSE. Rupa bangunannya pun terlihat jelas, di mana bagian dalam kubah bangunan ini menjadi latar ikonik dalam MV tersebut. Selain itu, AB6IX merekam pada siang hari, sehingga hampir setiap sudut bangunan dalam MV tersebut kelihatan semua.

 

 

3. MV LOONA 'Eclipse'

Dibanding MV, mungkin lebih tepat disebut video pengenalan para member. Benar saja, sebelum terbentuk seperti sekarang, LOONA mengenalkan member-nya satu per satu dengan konsep yang unik. Dalam video pengenalan Kim Lip berjudul Eclipse, bangunan mangkrak ini pun kembali dipilih sebagai lokasi syuting.

 

 

4. MV ONEUS 'TO BE OR NOT TO BE'

Bangunan mangkrak ini pun masih jadi favorit syuting MV, setelah ONEUS memilihnya untuk merekam MV TO BE OR NOT TO BE. Bahkan, lewat MV ONEUS ini, siapapun jadi tahu jika bangunan yang terbengkalai tersebut masih kelihatan megah dan ikonik.

 

 

5. MV VIXX 'The Closer'

Sudah melihat MV The Closer dari VIXX? Urusan MV, idol K-Pop satu ini memang tak pernah main-main. Bahkan dalam MV tersebut, menyajikan plot yang begitu rumit dengan berlarian ke penjuru arah di bangunan terbengkalai tersebut. Meski begitu, tetap saja, ciri khas bangunan tersebut tak luput dari pandangan.

 

 

6. MV VICTON 'Mayday'

Di tengah pandemi Covid-19, VICTON aktif membuat MV terbaik untuk comeback terbaru. Di MV Mayday, VICTON pun menampilkan beberapa adegan monokrom dengan latar belakang bangunan ikonik ini. Sudut pengambilan gambar yang berbeda di dalam gedung mangkrak tersebut, justru memberikan kesan mewah tersendiri pada MV ini.

 

 

7. MV ONF 'Why'

Masih menggunakan bangunan yang sama, ONF hadir dengan dengan kreativitas dan keunikan untuk MV Why. Seperti judulnya, MV ini pun seolah-olah pas menggambarkan 'kenapa' bangunan ini sampai mangkrak seperti ini.

 

 

8. MV Minseo 'ZERO'

Dikenal sebagai salah satu penyanyi solo Korea, Minseo ternyata juga pernah memanfaatkan bangunan mangkrak ini untuk MV ZERO. Apalagi dengan sudut perekaman yang dinamis, hampir semua sisi bangunan ikonik terlihat jelas, hingga ia seakan benar-benar membangun sebuah movie set.

 

 

9. Hotel del Luna

Jika pernah melihat drama Korea Hotel del Luna, tentu akan menemukan adegan yang menampilkan bangunan mangkrak ini. Bedanya, dalam drama ini, bangunan tampak sedikit lebih bagus warnanya. Meski bukan lokasi hotel utamanya, tetapi bangunan begitu ikonik karena menampilkan adegan bagaimana Man Wol (IU) terhubung dengan Pohon Bulan.

 

 

10. Vincenzo

Last but not least, ada drama Korea Vincenzo yang hits banget belakangan, karena juga dibintangi Song Joong Ki. Pada episode ke-10, drama ini menampilkan bangunan ikonik ini, di mana saat itu Vincenzo mengancam bakal melemparkan para sandera dari bangunan mangkrak tersebut.

Well, itulah beberapa MV K-Pop dan drama Korea yang proses syutingnya dilakukan dalam satu gedung ikonik sekaligus mangkrak yang sama. Kira-kira bakal ada lagi yang memanfaatkannya nggak, ya?

 

(kly/tmi)

Reporter: Iwan Tantomi


REKOMENDASI
TRENDING