KOREA

10 Lagu Karya Mendiang Jonghyun SHINee yang Akan Selalu Dikenang

Rabu, 19 Desember 2018 16:16 Penulis: Gogor Subyakto

Jonghyun SHINee. Credit: Crank in Jong Hyun - SM Entertainment

Kapanlagi.com - Mendiang Jonghyun SHINee memang dikenal sebagai bintang yang memiliki segudang bakat. Tak hanya menyanyi dan menari, Jonghyun juga dikenal menghasilkan deretan lagu memukau untuk dirinya sendiri dan artis lain.

Semasa hidupnya, main vocalist dari SHINee ini memang sudah sering kali dipuji soal keahlian-nya dalam bermusik. Karena itu pula tak heran jika ia memiliki banyak lagu yang berhasil menarik perhatian publik dan penggemar.

Mengenang satu tahun kepergian-nya, berikut ini ada deretan lagu karya Jonghyun yang akan selalu dikenal. Ada End of A Day sampai Elevator. Yuk intip deretan daftarnya di sini!

1. End of a Day

Pertama ada End of a Day yang merupakan lagu utama dalam albumnya yang bertajuk 'Story Op.1'. Dalam album tersebut, Jonghyun secara penuh menulis seluruh lagu-lagunya. End of a Day sendiri dirasa sangat terhubung dengan para fans-nya. Jonghyun sendiri mampu menuliskan lirik seperti ia tengah bercerita dan menulis jurnal.

2. Lonely

Berikutnya ada Lonely yang merupakan single utama dari albumnya yang bertajuk 'Story Op.2'. Jonghyun sendiri menjelaskan kalau dirinya menuliskan lagu tersebut dengan memikirkan sosok senior dan teman dekatnya yakni Taeyeon. Duet keduanya dalam lagu ini dipuji sebagai duet vokalis terbaik dari SM Entertainment.

3. Breathe

Tak hanya dirinya sendiri, mendiang Jonghyun juga menuliskan beberapa lagu untuk artis lain. Sama halnya saat ia membuat lagu untuk Lee Hi yang bertajuk Breathe. Meski berada dalam agensi yang berbeda, Lee Hi mengaku sangat senang bisa mengikutsertakan lagu tersebut ke dalam albumnya yakni Seoulite. Lee Hi sempat persembahkan lagu tersebut pada acara Golden Disk Awards 2018.

4. A Gloomy Clock

Jonghyun memang diketahui memiliki teman dekat sesama artis yang bukan dari agensi-nya sendiri. Salah satunya ada IU yang sempat mendapatkan lagu karya dari Jonghyun yakni A Gloomy Clock. Uniknya, Jonghyun sempat menolak saat IU akan membayarnya untuk lagu yang termasuk dalam album Modern Times tersebut.

5. Juliette

Masih ingat dengan lagu Juliette dari SHINee? Ternyata Jonghyun pernah terlibat dalam pembuatan single hits tersebut. Yup, bintang penuh bakat ini sempat menuliskan lirik untuk Juliette bersama dengan Minho. Hal tersebut merupakan pertama kalinya Jonghyun terlibat sebagai seorang penulis lirik lagu. Keren ya!

6. Already

Seperti yang diketahui, Jonghyun memang begitu dekat dengan salah satu member SHINee yakni Taemin. Keduanya saling berikan dukungan soal karya-karya mereka. Jonghyun pun sempat menulis lagu Already untuk Taemin yang lalu dimasukkan dalam track list album Press It. Alredy sendiri lagu pertama yang diciptakan Jonghyun secara keseluruhan untuk member dan temannya.

7. Beautiful Tonight

Beautiful Tonight merupakan lagu yang termasuk dalam albumnya yakni Base. Ini merupakan pertama kalinya Jonghyun menulis sebuah lagu. Karena itu pula karya tersebut terasa begitu spesial. Dalam sebuah wawancara, Jonghyun menjelaskan kalau dirinya merasa begitu hangat setiap kali mendengarkan lagu tersebut.

8. Let Me Out

Mendiang Jonghyun sempat ditanya soal lagu favoritnya dalam album 'Story Op.2'. Ia pun menjawab Let Me Out sebagai pilihannya. Ia merasa kalau dirinya sangat terhubung dengan lagu tersebut daripada yang lainnya. Saat menyanyikan secara live, Jonghyun juga mengaku merasakan sebuah koneksi berbeda.

9. Deja-Boo

Deja-Boo merupakan lagu dalam album solo pertamanya yakni Base. Ini merupakan langkah pertamanya untuk menunjukkan diri sebagai seorang musisi dan keahliannya dalam menulis serta membuat lagu. Untuk single tersebut, Jonghyun berkolaborasi dengan Zion.T dan menunjukkan sisinya yang berbeda dari sebelumnya.

10. Elevator

Terakhir ada Elevator yang Jonghyun tulis saat tampil dia acara Monthly Live Connection dari Mnet di tahun 2015. Penampilannya bawakan lagu ini membuat fans merasakan kesedihannya sebagai seorang Idol. Lagu ini memberikan gambaran dirinya sebagai seseorang yang mengalami kehidupan sulit dan melelahkan. Jonghyun mengaku, ini pertama kalinya ia menangis saat menulis sebuah lagu.

So, lagu ciptaan mendiang Jonghyun SHINee mana yang jadi favorit kalian?


REKOMENDASI
TRENDING