3 Tim Dancer di Balik Koreografi Unik dan Penampilan Keren Idol Korea

Selasa, 27 Februari 2018 10:31 Penulis: Mita Anandayu
3 Tim Dancer di Balik Koreografi Unik dan Penampilan Keren Idol Korea Tim Dancer Korea (Credit: Istimewa)

Kapanlagi.com - Sejak Hallyu Wave melanda Asia termasuk Indonesia, industri hiburan Korea Selatan selalu menjadi perhatian. Drama, film, idol K-pop, sampai variety show menjadi 'santapan' wajib bagi pecinta Korea. Khususnya untuk K-pop yang sudah jadi salah satu genre favorit tidak hanya di Asia, namun juga hampir di seluruh belahan dunia.

Ciri khas K-pop menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat musik. Kesuksesan idol K-pop ini pun tentu juga ada campur tangan sosok-sosok dengan ide cemerlang di belakangnya. Baik itu pencipta lagu sampai koreografer yang menjadikan setiap lagu dilirik oleh fans.

Berbicara soal ciri khas K-pop, boyband dan girlband Korea memang selalu memiliki dance yang enerjik. Koreografi yang digunakan bisa menjadi ikon di setiap lagu yang dirilis. Terkadang sang idol juga menggunakan backup dancers atau penari latar di setiap penampilannya.

Tahukah kamu, penari latar ini tidak hanya menjadi 'pelengkap' dalam setiap penampilan sang artis tapi beberapa dari mereka juga menjadi koreografer atau pengarang gerakan dance untuk lagu-lagu yang dirilis.

Dance Company

HITECH & CRAZY GIRLS jadi backup dancer di konser PSY (Credit: youtube.com/PSY)HITECH & CRAZY GIRLS jadi backup dancer di konser PSY (Credit: youtube.com/PSY)

Dance company merupakan tim dancer yang berada di bawah naungan perusahaan yang pastinya terstruktur. Perusahaan ini memberikan jasa membuat koreografi ataupun hanya sekedar menjadi backup dancer. Dance company biasanya akan terikat kontrak dengan agensi artis seperti SM, JYP, YG, FNC dan masih banyak lainnya. Para dancers akan dikontrak oleh agensi untuk mengikuti kegiatan sang idol, mulai dari latihan koreo bahkan konser!

Tak hanya memberikan jasa membuat koreografi ataupun backup dancer, biasanya dance company juga akan membuka pelatihan untuk yang tertarik belajar nge-dance ataupun mengasah dance skill.

Mengingat industri hiburan Korea sedang jadi perhatian dunia, beberapa dance company pun juga merambah hampir di seluruh penjuru dunia lho. Mereka membuka audisi, dance class dan dance workshop di beberapa negara.

Teknis Keterlibatan Backup Dancer, Mulai Latihan - Konser

Backup dancer biasanya mulai terikat kontrak dengan sang idol saat akan merilis lagu baru. Sebelum lagu tersebut dirilis, mereka akan berlatih koreo bersama. Terkadang sang pencipta koreografi merupakan salah satu tim dancer tersebut. Ada juga yang memang memakai koreografer lain, bahkan ada yang dari luar negeri!

Seperti video di bawah yaitu ketika koregrafer luar negeri bernama Tobias Ellehammer memberi contoh koreografinya di depan boygroup Super Junior untuk lagu Black Suit yang dirilis 2017.

Video by mia mamani

Setelah proses latihan selesai, mereka juga akan terlibat dalam pembuatan video klip. Tak sampai di situ saja, backup dancers biasanya juga akan terikat kontrak untuk tampil dalam masa promo sang idol, yaitu tampil di acara musik. Bahkan beberapa dancers juga masih dipakai hingga sang artis mengadakan konser. Tidak cuma itu, beberapa dari dance company biasanya juga akan menjadi trainer untuk calon-calon artis lho!

Video by sannechan 

Video di atas adalah ketika girlgroup T-ARA berlatih bersama koreogarfer lagu Roly Poly yang dirilis tahun 2011 lalu. YAMA & HOTCHICKS sebagai backup dancer juga bergabung saat sesi latihan.

Meski hanya backup dancer, ternyata mereka juga jadi pusat perhatian fans K-Pop! Banyak banget fans yang sadar betapa keren penampilan mereka saat mendampingi sang idol di atas panggung.

Nah, kali ini Kapanlagi.com berhasil merangkum tiga penari latar yang sering bergabung dalam project idol besar di Korea. Penari latar yang masing-masing dinaungi oleh dance company ini tercatat pernah bergabung menjadi koreografer ataupun backup dancer untuk Girls Generation, EXO, T-ARA, KARA, Big Bang sampai PSY! Siapa saja sih mereka?

1. 1Million Dance Studio

Logo 1Million Dance Studio (Credit: 1milliondance.com)Logo 1Million Dance Studio (Credit: 1milliondance.com)

Berada di daerah Gangnam, Seoul, Korea Selatan, nama 1Million Dance Studio dikenal bukan hanya di negaranya saja, namun K-Popers di seluruh penjuru dunia pun sudah nggak asing lagi dengar namanya.

1Million Dance Studio memberikan jasa untuk membuat koreografi dan training untuk agensi-agensi artis di Korea. Selain itu, 1Million Dance Studio juga membuka dance class setiap waktu bagi yang ingin mendaftar.

Lia Kim saat tampil bersama PSY yang cover lagu Gashina milik Sunmi. (Credit: instagram.com/liakimhappy)Lia Kim saat tampil bersama PSY yang cover lagu Gashina milik Sunmi. (Credit: instagram.com/liakimhappy)

1Million Dance Studio telah bekerja sama dengan SM Entertainment, JYP Entertainment, YG Entertainment, LOEN Entertainment, sampai CJ Entertainment. Mulai dari Lee Hyori, BoA, Girls' Generation, 2NE1, Miss A, f(x), GOT7, Heize, Suzy, HyunA, dan masih banyak lagi.

Lia Kim dan Jo Kwon (Credit: instagram.com/liakimhappy)Lia Kim dan Jo Kwon (Credit: instagram.com/liakimhappy)

Sedangkan Co-founder dan Chief Choreographer 1Million Dance Studio, Lia Kim tercatat telah membuat koreografi untuk Sunmi (24 Hours & Full Moon), TWICE (TT & Like Ooh-Ahh), sampai BoA! Bahkan terakhir kali Lia Kim terlihat disibukkan membuat koreo untuk Jo Kwon, Diva Korea Uhm Jung Hwa, sampai konser PSY!

Lia Kim dan Diva Korea Uhm Jung Hwa (Credit: instagram.com/liakimhappy)Lia Kim dan Diva Korea Uhm Jung Hwa (Credit: instagram.com/liakimhappy)

Beberapa dancer di 1Million Dance Studio juga ada yang bekerja sebagai koreografer di SM Entertainment, yakni Mihawk Back dan Kasper. Dua orang ini pun juga sampai populer di kalangan K-Popers karena dance keren mereka.

2. YAMA & HOTCHICKS

Logo YAMA & HOTCHICKS (Credit: instagram.com/hotchicksbyj)Logo YAMA & HOTCHICKS (Credit: instagram.com/hotchicksbyj)

Yama & Hotchicks adalah dance company yang terletak di daerah Gangnam, Seoul, Korea Selatan. Dance company ini didirikan oleh Bae Yoon Jung yang juga menjabat sebagai CEO pada tahun 2007. Selain itu, Bae Yoon Jung terkadang juga berperan sebagai Chief Choreographer.

Bae Yoon Jung (paling kiri) bersama artis-artis yang menjadi tim juri Produce 101 Season 1. (Credit: instagram.com/hotchicksbyj)Bae Yoon Jung (paling kiri) bersama artis-artis yang menjadi tim juri Produce 101 Season 1. (Credit: instagram.com/hotchicksbyj)

Dance Company ini dibagi menjadi tim cewek dan cowok. YAMA untuk tim dancer cowok, sedangkan HOTCHICKS untuk tim dancer cewek. Bahkan, kalau kamu perhatikan, pembagian tugas backup dancer pun dibagi tergantung dari lagunya. Contohnya seperti lagu SS501 yang berjudul Love Ya, tim dancer yang dipakai akan berbeda dengan lagu-lagu T-ARA seperti di bawah ini.

Sedangkan di lagu-lagu T-ARA contohnya, kalau kamu perhatikan tim dancernya akan berbeda dengan backup dancer dari SS501. Seperti video di bawah ini ketika T-ARA latihan untuk lagu Cry Cry.

Kerennya, koreografi YAMA & HOTCHICKS benar-benar menjadi fenomenal di Korea. Beberapa koreografi yang pernah dibuat oleh YAMA & HOTCHICKS adalah Abracadabra, Sixth Sense (Brown Eyed Girls), Love Ya & UR MAN (SS501), hampir semua lagu-lagu T-ARA seperti Roly Poly, Cry Cry dan Lovey Dovey, hampir semua lagu-lagu KARA seperti Mister, Lupin, Step sampai Mamamia, Face (NU'EST), Up & Down (EXID), Breakdown (Kim Hyun Joong), dan masih banyak lagi.

YAMA & HOTCHICKS saat sesi latihan bersama KARA (Credit: youtube.com/DSPMedia)YAMA & HOTCHICKS saat sesi latihan bersama KARA (Credit: youtube.com/DSPMedia)

Sosok Bae Yoon Jung juga bisa kamu lihat di acara Produce 101 Season 1 dan Mix Nine. Di acara tersebut Bae Yoon Jung memberikan dance training untuk para trainee. Bahkan, YAMA & HOTCHICKS juga membentuk sebuah girlgroup bernama SEEART di tahun 2017 lalu.

YAMA & HOTCHICKS bersama Girls Day (Credit: Istimewa)YAMA & HOTCHICKS bersama Girls Day (Credit: Istimewa)

Namun sayangnya, di acara Mix Nine Bae Yoon Jung pernah mengungkap bahwa YAMA & HOTCHICKS sedang krisis pasca membentuk girlgroup. KapanLagi.com pun juga menemukan akun youtube official mereka telah berubah nama LEGO LABLE. Belum ada keterangan lebih lanjut soal berubahnya nama akun youtube tersebut.

3. HITECH & CRAZY GILRS

Big Bang latihan dance bareng HITECH (Credit: youtube.com/Big Bang)Big Bang latihan dance bareng HITECH (Credit: youtube.com/Big Bang)

Berbeda dengan 1Million Dance dan YAMA & HOTCHICK, HITECH & Crazy Girls adalah tim dance dibawah naungan YG Entertainment. Tim dance ini juga dibagi menjadi dua tim, yakni tim cowok (HITECH) dan tim cewek (Crazy Girls).

Tentu saja kamu bakal sering melihat tim dancer ini menemani artis-artis YG. Mulai dari Big Bang, LEE HI, BLACKPINK, sampai PSY. Meski HITECH & Crazy Girls selalu membuat koreografi sendiri, namun tidak menutup kemungkinan mereka juga memakai koreografer dari luar untuk lagu yang akan dirilis. Contohnya saja lagu GENTLEMAN yang dibawakan oleh PSY. Karena lagu ini memakai sedikit koreo dari lagu Abracadabra yang dibawakan oleh Brown Eyed Girls, PSY pun meminta bantuan Bae Yoon Jung (Hotchicks Dance Team) untuk membuatkan koreografi untuknya, namun tetap memakai HITECH & Crazy Girls sebagai backup dancer.

WINNER dan HITECH & CRAZY GIRLS (Credit: instagram.com/____youngmoney)WINNER dan HITECH & CRAZY GIRLS (Credit: instagram.com/____youngmoney)

Tiga nama di atas masih sebagian kecil dari dance company yang ada di Korea. Tentu saja semua agensi artis di Korea nggak selalu memakai dance company tersebut. Dan lagi yang perlu diingat untuk tim dancer ini tidak selalu tampil dengan artis tersebut ya. Tergantung kontrak masing-masing agensi. Misal, ketika tim dancer selalu tampil dengan artis A di kemudian suatu ketika artis A tidak tampil bersama tim dancer tersebut, bisa jadi kontrak mereka telah habis dan memakai tim dancer yang lain.

Nah, untuk kamu yang ingin bergabung menjadi tim dancer, biasanya dance company akan melakukan audisi untuk mengetahui seberapa bagus dance skill yang kamu miliki. Baru setelah itu kamu akan mengikuti masa training dan bergabung menjadi backup dancer ataupun koreografer nantinya. Tertarik untuk bergabung?

(kpl/mit)

Editor:

Mita Anandayu


REKOMENDASI
TRENDING