Begitu Dipuja, 'IDOL' Bukan Hanya Sekedar Nama di Dunia Hiburan Korea Selatan

Kamis, 07 Desember 2017 20:48 Penulis: Subi Akto
Begitu Dipuja, 'IDOL' Bukan Hanya Sekedar Nama di Dunia Hiburan Korea Selatan Blackpink, Jessica Jung & EXO © istimewa

Kapanlagi.com - Sekarang ini dunia hiburan asal Korea Selatan memang sudah memiliki peminat hingga mancanegara. Mulai dari fashion, kecantikan, drama, film hingga musik-nya pun kini menjadi favorit banyak orang. Yang paling sering terdengar tentu dunia K-Pop yang berisikan musik-musik menarik dan beragam grup dengan member yang tampan atau cantik.

Dunia K-Pop sudah dikenal hingga mancanegara. Sama seperti Wanna One yang sudah memiliki fans di berbagai negara. © via twitter.com/ongswooDunia K-Pop sudah dikenal hingga mancanegara. Sama seperti Wanna One yang sudah memiliki fans di berbagai negara. © via twitter.com/ongswoo

Dunia entertainment Korea pun memiliki istilah-istilah tersendiri yang kemungkinan masyarakat umum belum banyak yang mengetahui. Namun, bagi penggemar berat segala hal dari negara yang satu ini, pasti tahu tentang sebutan-sebutan untuk para artis yang tampil di atas panggung dengan menunjukkan bakat menari, menyanyi serta rap.

Arti Idol K-Pop

Yup, mereka adalah Idol. Sebutan ini memang hanya ada di Korea. Idol sendiri berbeda dengan musisi, penyanyi ataupun artis. Begitu disukai, idol dituntut untuk memiliki banyak talenta. Tak hanya menari dan memiliki suara bagus, mereka juga diharapkan bisa berakting dan memiliki kepribadian yang menarik saat tampil di layar televisi.

Grup TWICE dari JYP Entertainment merupakan salah satu girlband yang kini begitu populer. © via allkpop.comGrup TWICE dari JYP Entertainment merupakan salah satu girlband yang kini begitu populer. © via allkpop.com

Dilansir dari wikipedia, sebutan Idol Korea memiliki makna selebriti populer K-Pop yang telah berlatih keras selama bertahun-tahun setelah melewati berbagai tahapan audisi yang diselenggarakan oleh agen bakat Korea Selatan. Menurut The Vancouver Observer, stereotipe idola K-pop adalah "sangat muda, rupawan, dan mampu membawa nada melo-dramatis."

Dari penjelasan tersebut memang benar adanya jika seorang Idol sebelumnya harus menjalani masa pelatihan yang begitu panjang. Itu pun jika mereka sudah lolos audisi untuk bisa masuk ke sebuah agensi seperti SM Entertainment, JYP, YG dan masih banyak lagi yang lainnya.

Masa Trainee

Sebelum bisa debut menjadi seorang Idol, ada satu tahap yang harus mereka jalani dulu. Dalam masa pelatihan ini, para calon Idol biasanya disebut sebagai Trainee. Seperti sebutannya tersebut, mereka yang ingin menjadi seorang Idol haru melewati masa training yang cukup berat. Mulai dari latihan vokal, menari, kelas akting dan lain sebagainya.

Jessica Jung jalani masa trainee selama 7,5 tahun sebelum akhirnya debut sebagai member Girls Genertion. © via pinterest.comJessica Jung jalani masa trainee selama 7,5 tahun sebelum akhirnya debut sebagai member Girls Genertion. © via pinterest.com

Menjadi seorang trainee juga bukan jaminan mereka akan bisa debut. Banyak Idol yang yang sebelumnya melewati periode pelatihan yang begitu panjang dan lama. Sama halnya seperti sosok Jessica Jung yang menjalani masa trainee selama 7,5 tahun sebelum akhirnya bisa debut sebagai salah satu member Girls Generation di tahun 2007.

Bahkan banyak pula yang memutuskan untuk berhenti untuk menjadi seorang trainee karena agensi yang menaungi mereka tak kunjung beri kepastian. Ada pula yang pindah agensi dengan harapan mendapat perlakuan berbeda dan segera didebutkan.

Berkarir Sebagai Seorang Idol Awal Debut (rookie)

Saat sudah debut menjadi seorang Idol, ketenaran pun juga tak bisa langsung hadir. Disebut sebagai rookie, para idol grup yang baru saja muncul tentunya mendapat perlakuan berbeda daripada para senior mereka. Sebagai individu dan juga kelompok, mereka harus berusaha keras agar nama mereka cepat di kenal oleh masyarakat Korea.

Mulai dari debutnya, Blackpin disebut sebagai band yang kuat. © via twitter.com/YG_BLACKPINKMulai dari debutnya, Blackpin disebut sebagai band yang kuat. © via twitter.com/YG_BLACKPINK

Selain itu, masa latihan pun juga tak berhenti sampai di situ saja. Pada Idol yang sudah debut pun dituntut untuk terus berlatih agar kemampuan mereka semakin berkembang. Meski sudah debut, jaminan grup untuk tetap bertahan cukup lama pun juga tak bisa diperkirakan.

Bagi Fans Korea, Idol Bukan Hanya Sekedar Nama

Banyak anak muda Korea yang ingin menjadi Idol, namun tak sedikit pula dari mereka yang juga mencintai Idol kesayangan mereka. Sebutan Idol bagi para fans sendiri pun tak hanya dianggap sebagai idola yang menjadi favorit mereka. Ada berbagai hal yang belum diketahui oleh masyarakat luar Korea tentang hal ini.

Belum lama ini dalam cuplikan sebuah ajang kompetisi The UNIT, sebuah makna idol bagi para fans Korea pun sempat disebutkan. 'Idols refer to mystical objects to worship' atau jika diartikan, 'Idols mengacu pada objek mistis untuk disembah'.

Arti kata Idol dalam cuplikan sebuah ajang kompetisi ? istimewaArti kata Idol dalam cuplikan sebuah ajang kompetisi ? istimewa

Dilansir dari Wikipedia sendiri, kata Idol juga memiliki makna yang serupa yakni 'Idola adalah gambar atau objek material lainnya yang mewakili keilahian di mana ibadah keagamaan ditangani atau orang atau benda yang dianggap dengan kekaguman, pemujaan, atau pengabdian.

Dari pengertian di atas, sosok seorang Idol K-Pop memang bukan lagi dianggap sebagai seorang manusia biasa bagi para penggemarnya. Itulah penyebab mengapa para Idol dituntut untuk memiliki fisik, talenta dan juga sifat yang sempurna. Di mata fans, Idol yang mereka sukai tersebut dianggap paling sempurna dan tak ada duanya.

Sasaeng fans

Jika mendengar fans fanatik, kita pasti hanya terbayang tentang penggemar yang menangis karena bisa bertemu dengan idolanya. Hal tersebut cukup berbeda di panggung hiburan Korea Selatan. Di sana ada sebutan Sasaeng Fans.

Menurut Urban Dictionary, Sasaeng fans diartikan sebagai penggemar yang terlalu terobsesi terhadap idola K-pop dan mereka tidak dianggap sebagai penggemar sejati. Mereka menguntit idola dan menyerang privasi mereka.

Pasti bagi kalian yang sudah kenal dengan dunia K-Pop tahu tentang istilah yang satu ini. Namun bagi kalian yang kurang memahami, pasti akan terkejut dengan tindakan-tindakan para sasaeng fans kepada idola mereka di Korea Selatan.

EXO merupakan salah satu grup yang memiliki cukup banyak sasaeng fans. © via twitter.com/kyungsoobrEXO merupakan salah satu grup yang memiliki cukup banyak sasaeng fans. © via twitter.com/kyungsoobr

Dari level biasa, para sasaeng fans memang sering disebut penguntit karena kerap mengikuti para Idol-nya ke mana saja. Bahkan banyak yang rela menginap di depan atau dekat rumah sang idola. Kalau untuk urusan privasi, banyak dari sasaeng fans yang bermodalkan kamera canggih dan mampu memotret para Idol K-Pop dari kejauhan.

Tak berhenti di situ saja, ada berbagai cara yang dilakukan oleh para sasaeng fans untuk bisa bersama dengan sang Idol. Sama seperti yang menimpa boyband EXO. Dilansir dari AllKpop, ada seorang penggemar yang membawa sebuah mobil van mirip punya grup tersebut ke lokasi syuting. Sasaeng fans ini berharap para member salah masuk ke dalam mobil yang ia bawa. Untung sang manajer mampu menghentikan Baekhyun cs untuk memasuki mobil tersebut.

Skandal

Begitu dipuja oleh para penggemar, seorang Idol K-Pop pun juga begitu dikekang dalam masalah kehidupan pribadi terutama soal asmara. Banyak sekali kejadian seorang Idol yang ketahuan memiliki hubungan asmara dan menyebut hal tersebut adalah sebuah skandal.

Karena begitu dipuja, para Idol memang harus berhati-hati jika ingin memiliki seorang kekasih. Karena jika ketahuan, hal tersebut bisa merusak nama baik mereka sendiri. Bahkan tak jarang banyak penggemar yang marah soal hubungan Idol mereka.

Hubungan Taeyeon dan Baekhyun sempat sempat membuat penggemar marah. © via dramafever.comHubungan Taeyeon dan Baekhyun sempat sempat membuat penggemar marah. © via dramafever.com

Sama halnya dengan ramainya soal hubungan antara Taeyeon Girls Generation dan Baekhyun EXO. Ketahuan menjalin hubungan spesial, penggemar pun banyak yang marah dan berkomentar tak menyenangkan tentang hal tersebut. Bahkan sempat dikabarkan kalau keduanya pun akhirnya putus lantaran reaksi dari fans.

Sosok Suzy merupakan salah satu Idol K-Pop yang begitu sukses dan dipuja banyak orang. © via moonrok.comSosok Suzy merupakan salah satu Idol K-Pop yang begitu sukses dan dipuja banyak orang. © via moonrok.com

Untuk menjadi seorang Idol K-Pop memang membutuhkan perjuangan dan juga pengorbanan. Tak hanya masa trainee, saat debut dan sudah terkenal pun mereka tetap akan menghadapi kesulitan. So, apa kalian juga ingin menjadi seorang Idol?

(kpl/ssm)

Editor:

Subi Akto


REKOMENDASI
TRENDING