KOREA

5 Artis Dunia yang Berkolaborasi dengan BLACKPINK, Salah Satunya Menciptakan Lagu

Rabu, 08 September 2021 10:00

Cardi B, BLACKPINK, Lady Gaga (Credit: Instagram/iamcardib, Balckpinkoffcial, Ladygaga)

Kapanlagi.com - Semakin hari, industri K-Pop semakin berkembang pesat. Sekarang, hampir seluruh dunia mengetahui apa itu K-Pop. Seiring berjalannya waktu, K-Pop tidak lagi terbatas pada Korea Selatan saja, tapi juga belahan dunia yang lainnya.

Hal ini ditunjukkan dengan berbagai perubahan yang terjadi, seperti banyak grup yang mengeluarkan single atau album dalam bahasa Inggris, melakukan kolaborasi dengan artis luar, dan juga melakukan promosi di luar negeri. Hal ini yang juga terjadi pada BLACKPINK. BLACKPINK yang merupakan artis YG Entertainment telah melakukan promosi luar negeri seperti Amerika Serikat di bawah naungan Interscope Records.

Selain itu, BLACKPINK juga melakukan banyak kolaborasi dengan berbagai artis dunia, terutama artis wanita. Siapa saja mereka? dan karya apa saja yang mereka hasilkan? Simak info berikut ini!

1. Selena Gomez

Siapa yang tak kenal dengan Selena Gomez, ia merupakan penyanyi kelahiran Texas, Amerika Serikat 22 Juli 1992. Ia dikenal sebagai artis yang memiliki jiwa sosial yang tinggi. Mantan Justin Bieber ini juga merupakan penyanyi yang memiliki banyak lagu-lagu populer, seperti Lose You To Love Me, We Don't Anymore, Wolves dan masih banyak lagu lainnya.

Selena Gomez melakukan duet dengan BLACKPINK melalui lagu dalam album BLACKPINK yakni THE ALBUM yang berjudul Ice Cream. Lagu ini menghantarkan BLACKPINK dan Selena dalam tangga lagu Billboard 100 dengan posisi 13. Lagu dengan sisi imut, fresh dan sexy ini banyak dinikmati oleh masyarakat luas.

2. Lady Gaga

Jika kita mendengar Lady Gaga pasti otak kita langsung tertuju pada busana nyentrik setiap kali menghadiri acara. Lady Gaga atau yang memiliki nama asli Stefani Joanne Angelina Germanotta merupakan wanita yang lahir pada 28 Maret 1986. Tidak hanya terkenal sebagai penyanyi Lady Gaga juga pandai dalam menulis lagu. Lagu populer yakni Bad Romance hanya ia ciptakan dalam waktu 10 menit.

Kolaborasi antara Lady Gaga merupakan kolaborasi yang apik dan juga membuat siapa saja menyukainya. Dengan suara khas yang dimiliki oleh mereka. Mampu membuat siapa saja mengetahui bahwa lagu tersebut mereka nyanyikan dengan baik. Lagu Sour Candy masuk dalam album Lady Gaga yakni Chromatica.

3. Cardi B

Dengan gaya ceplas ceplos yang ia miliki, ibu dua anak ini mendapatkan popularitas yang sangat luar biasa. Cardi B merupakan seorang Rapper yang memiliki nama asli Belcalis Marlenis Almánzar. Cardi B merupakan wanita kelahiran New york, 11 Oktober 1992. Cardi B memiliki banyak lagu populer seperti WAP, I Like it, UP.

Cardi B berkolaborasi dengan BLACKPINK dengan judul lagu Bet U Wanna. Lagu ini sangat asik berirama cepat. Gabungan antara rap Cardi B dengan suara khas BLACKPINK membuat lagu ini terasa sempurna. Cardi B juga mengungkapkan dalam tweet yang ia unggah bahwa beberapa platform musik mengalami gangguan karena banyak yang mengunduh lagu tersebut.

4. Dua lipa

Dua Lipa merupakan musisi cantik kelahiran 22 Agustus 1995. Dua Lipa juga merupakan penyanyi berkebangsaan Inggris. Pada tahun 2015 Dua Lipa menandatangani kontrak dengan Warner Music Group, serta merilis lagu pertamanya yakni New Love. Selain memiliki suara yang bagus dan juga khas, Dua Lipa juga merupakan artis yang pandai menciptakan lagu.

Dua Lipa merupakan artis barat pertama yang berkolaborasi dengan BLACKPINK lewat lagu Kiss And Make Up. Ketika itu, belum ada artis barat yang melakukan kolaborasi bersama BLACKPINK. Namun, Dua Lipa melakukan hal tersebut. Lagu Kiss And Make Up berhasil memasuki beberapa tangga lagu di seluruh dunia. 

5. Ariana Grande

Ariana Grande merupakan wanita kelahiran 26 Juni 1993 merupakan seorang penyanyi, penulis lagu, dan aktris asal Amerika Serikat. Ariana Grande mulai masuk dalam industri hiburan pada tahun 2008 di drama musikal Broadway berjudul 13, sebelum ia juga berperan sebagai Cat Valentine di serial televisi Nickelodeon Victorious pada tahun 2010 dan di spinoff Sam & Cat pada tahun 2013.

Berbeda dengan Lady Gaga, Dua Lipa, Cardi B dan juga Selena Gomez. Ariana tidak melakukan kolaborasi dengan bernyanyi, tapi ia ikut andil dalam menciptakan lagu Ice Cream yang dinyanyikan oleh Selena Gomez dan juga BLACKPINK. Ariana memasukkan sentuhan musiknya dalam Ice Cream.

Kolaborasi antara K-Pop dengan artis western merupakan hal yang wajar yang dilakukan saat ini. Pasar global menuntut mereka untuk memperluas pasar dengan salah satu caranya yakni melakukan kolaborasi.

Ditulis Oleh: Andre'an Adhe Prastyo

 


REKOMENDASI
TRENDING