KOREA

Patut Dinantikan, Inilah Sederet Ajang Music Awards untuk Musik Korea

Jum'at, 03 September 2021 10:22

Beberapa Ajang Music Award Korea (Credit: Twitter/Mnet, dan GaonK Chart , dan Website/TMA)

Kapanlagi.com - Annual event yang memberikan penghargaan kepada para pelaku dunia hiburan merupakan salah satu acara yang cukup penting bagi suatu dunia hiburan. Event tersebut bertujuan untuk memberikan apresiasi atas setiap usaha yang telah mereka dedikasikan untuk membuat suatu karya yang dinikmati oleh masyarakat umum. Dengan adanya apresiasi ini tentunya juga dapat membuat para pelaku dunia hiburan ini dapat lebih terpacu untuk dapat menghasilkan karya-karya yang luar biasa.

Selain untuk mengapresiasi, dengan ajang-ajang pemberian penghargaan ini tentunya juga dapat digunakan ajang untuk para penggemar dapat memberi dukungan secara langsung ataupun tidak langsung (dengan voting biasanya) dan juga ajang untuk para idola dan penggemar berinteraksi. Di ajang-ajang seperti ini juga dapat digunakan oleh para idola untuk dapat mengenalkan karya-karya terbarunya dengan menjadi penampil juga di dalam ajang tersebut.

Ajang pemberian penghargaan seperti ini ada hampir di seluruh dunia. Begitu juga di Korea. Ajang ini selalu dinanti oleh para penggemar idol K-Pop karena selalu menghadirkan penampilan dari para idola. Inilah beberapa ajang penghargaan musik yang selalu dihelat tiap tahunnya dan tentunya menarik untuk dinanti dan ditonton, di antaranya adalah:

1. The Fact Music Awards

Ajang penghargaan yang masih tergolong baru ini debut pertama kali pada bulan April 2019 lalu. Acara penghargaan tersebut, The Fact Music Award di dua tahun terakhir memberikan penghargaan sebanyak delapan kategori penghargaan pada hari pelaksanaannya. 

Pada tahun ini, penyelenggaraan acara ini akan diadakan secara online untuk menanggulangi penyebaran virus COVID-19. Karena tujuan dari diadakan acara ini adalah untuk dinikmati antara para idola dengan para penggemarnya, penyelenggara mengadakan acara untact sebagai bentuk upaya penyelenggaraan acara dengan memikirkan alasan kesehatan yang saat ini menjadi fokus di seluruh dunia.

 

2. Melon Music Awards

Ajang penghargaan musik K-Pop selanjutnya adalah Melon Music Awards. Acara yang diadakan setiap tahunnya ini diatur oleh LOEN Entertainment melalui layanan musik online mereka, Melon. Ajang ini menjadi suatu ajang yang cukup ditunggu-tunggu karena merupakan salah satu ajang penghargaan utama musik K-Pop di Korea Selatan dan juga dihadiri oleh sederet bintang-bintang idol K-Pop kenamaan Korea Selatan. 

Sama seperti kebanyakan acara penghargaan, Melon Music Award biasanya juga dimulai dengan red carpet dan wawancara singkat para artis yang dipandu oleh seorang presenter. Di dalam ajang penghargaan ini, sistem dan kriteria penilaian didalamnya adalah berdasarkan tiga poin penilaian, yaitu online voting, penjualan digital, dan penilaian dewan juri.

 

3. Mnet Asian Music Award

Ajang penghargaan music award berikutnya adalah Mnet Asian Music Award. Seperti namanya, ajang yang biasa disebut dengan MAMA ini akan disiarkan dan dapat ditonton di saluran Mnet. Acara tahunan akbar ini juga disiarkan di tiga belas negara Asia lainnya, termasuk Indonesia.

Di dalam ajang penghargaan ini, terdapat lebih dari lima puluh cabang penghargaan yang terbagi menjadi dua kategori besar, yaitu penghargaan khusus (daesang) dan juga ada kategori penghargaan umum. Ajang ini pertama kali diadakan pada tanggal 27 November 1999. Itu artinya ajang ini sudah terlaksana selama dua puluh satu tahun. Pada tahun 2020 lalu, BTS berhasil menyapu bersih seluruh nominasi Daesang yang dipertandingkan di ajang ini. 

 

4. Seoul Music Awards

Seoul Music Awards adalah suatu ajang tahunan untuk memberikan penghargaan pada pelaku dunia hiburan Korea yang selalu dilaksanakan sejak tahun 1990. Hal ini menjadi sangat ditunggu-tunggu oleh para penggemar K-Pop mengingat pada ajang ini selalu menghadirkan idola-idola K-Pop yang sedang hits dan naik daun di Korea Selatan.

Pada tahun ini, Seoul Music Awards yang ke-30 sudah berhasil dihelat. Pada edisi tahun ini, Seoul Music Awards Berlangsung di KSPO Dome, Korea Selatan, acara tersebut dipandu oleh Sooyoung Girls' Generation, Kim Heechul Super Junior, dan Shing Dong Yup. Karena masih adanya pandemi Covid-19, Seoul Music Awards berlangsung dengan format on-tact serta mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah semakin meluasnya penyebaran virus di Korea Selatan.

 

 

 

5. Gaon Chart Music Awards

Ajang penghargaan music awards yang terakhir adalah Gaon Chart Music Awards. Gaon Chart Music Awards adalah acara penghargaan musik tahunan di Korea Selatan oleh portal musik Gaon Chart. Penghargaan ini akan lebih fokus pada lagu dan album daripada musisi. Para finalis yang akan mendapatkan penghargaan ini didasarkan pada tangga lagu Gaon pada tahun sebelumnya, berdasarkan data penjualan lagu dan album.

Pada tahun ini, BTS dan Blackpink mendominasi pada setiap nominasi yang ada di Gaon Chart Music Awards ini. Berbeda dengan acara pada tahun-tahun sebelumnya, Gaon Chart Music Awards yang kini memasuki tahun ke-10 digelar secara virtual. Setiap selebritis yang menerima piala dalam acara ini juga telah direkam sebelumnya (pre-record).

Itulah beberapa ajang penghargaan music awards yang ada di Korea Selatan. Dengan adanya ajang-ajang seperti ini, semoga para pelaku dunia hiburan khususnya di bidang musik dapat lebih terapresiasi dan terdorong untuk dapat terus memproduksi karya-karya yang menarik dan mengagumkan.

Ditulis oleh : Muhammad Ancah

 

 

 

 


REKOMENDASI
TRENDING