HOME » SELEBRITI » IU
KOREA

5 Idol K-Pop Super Terkenal yang Sukses Berkarier Solo dalam Satu Dekade Terakhir

Senin, 01 Maret 2021 20:02 Penulis: Iwan Tantomi

credit via W Korea, Marie Claire, Vogue Korea

Kapanlagi.com - Bukan perkara mudah mendapatkan puncak ketenaran, apalagi sebagai idol K-Pop. Selain butuh kerja keras, para idol K-Pop harus memiliki segudang bakat yang keren sedari debut. Bahkan, selain jago nyanyi, dance, akting, visual yang menawan juga bakal menjadi nilai tambah tersendiri.

Kerennya, tak sedikit idol K-Pop yang tak mudah berpuas diri. Meski sudah mendapatkan puncak popularitas bersama grupnya, para idol K-Pop ini tetap semangat berkarya dengan melebarkan karier sebagai penyanyi solo, hingga sukses dan sangat terkenal.

credit via koreaboo.credit via koreaboo.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Google Analytics, dapat diketahui tren penyanyi solo dari kalangan idol K-Pop yang banyak dicari di mesin pencarian Google selama 10 tahun belakangan. Hasilnya, dalam satu dekade terakhir, muncullah nama 5 idol K-Pop super terkenal yang banyak mencuri perhatian sebagai penyanyi solo. Ada siapa saja?

1. IU

Pertama ada IU yang mendapatkan persentase tertinggi sebesar 28.6% sebagai idol K-Pop yang juga telah mengawali karier sebagai penyanyi solo sejak debut.

Persentase tersebut diakumulasikan dari data Google Analytics selama 10 tahun terakhir. Posisi IU nyaris tak pernah keluar dari Top 3 dalam tren pencarian idol K-Pop yang sukses berkarier sebagai solo.

Selain langganan merilis lagu yang bikin baper, IU juga memiliki visual yang menawan. Sepanjang satu dekade terakhir, ia juga nyaris tak pernah absen merilis lagu dan bermain drama Korea, wajar jika pada akhirnya popularitas IU tetap stabil hingga sekarang.

Menariknya, IU juga kerap dijuluki sebagai ratu OST untuk beragam drama Korea, berkat produktivitasnya dalam bermusik yang tinggi. Berkat popularitasnya yang terus merangkak naik, IU pun sukses melebarkan karier di dunia modeling, termasuk menjadi brand ambassador produk fashion mewah global.

 

 

2. HyunA

HyunA berada di urutan kedua sebagai idol K-Pop yang sukses berkarier secara solo selama satu dekade terakhir. Ia mendapatkan popularitas sebesar 13.1% berdasarkan data Google Analytics. Kemunculannya dalam video music (MV) Gangnam Style milik PSY memang menjadi cikal bakal masa keemasan kariernya.

Sebab, sejak saat itu HyunA aktif merilis beragam lagu secara solo. Meski tak dipungkiri, nama Wonder Girls sempat lekat dengannya, perlahan tapi pasti, ia pun bisa melepaskan diri dan akhirnya dikenal seutuhnya sebagai HyunA.

Selain itu, sepanjang perjalanan kariernya HyunA memang dikenal tak ragu dan berani berekspresi dalam bermusik. Ia bahkan sempat membuat kontroversi, dengan menggebrak stigma negatif idol K-Pop tak boleh pacaran, dengan terang-terangan mengumumkan berpacaran dengan Dawn, mantan member PENTAGON. 

Untungnya, HyunA tetap menepis kontroversi tersebut dengan talenta bermusik yang dimilikinya. Kebebasan berkarya itu makin ia tunjukkan sejak bergabung bersama manajemen milik PSY, P Nation.

 

 

3. Jennie

Di urutan ketiga ada Jennie yang meraih popularitas sebesar 8.9% berdasarkan data Google Analytics dalam satu dekade terakhir. Menariknya, Jennie baru memulai debut solonya pada 2018 silam dengan merilis single SOLO.

Akan tetapi popularitaskan langsung melejit, bersamaan dengan karier BLACKPINK yang juga makin sukses mendunia. Campur tangan Teddy Park sebagai produser utama BLACKPINK dalam album debut solo Jennie, juga turut mendorong kesuksesannya.

Sebab, lagu debut solo Jennie langsung meledak dan mendapatkan ratusan juta views di YouTube. Meski belum lagi melanjutkan karier solonya, dan fokus bersama BLACKPINK, pengaruh Jennie di industri K-Pop juga masih sangat besar.

Ia bahkan sampai didapuk menjadi brand ambassador salah satu produk fashion mewah global. Sama halnya HyunA dalam kariernya, Jennie juga pernah beberapa kali dilanda kontroversi, tetapi hal tersebut tak lantas memangkas popularitasnya sebagai idol K-Pop yang sukses bersolo karier.

 

 

4. Im Yoon Ah

Di urutan keempat ada Im Yoon Ah atau yang lebih akrab dikenal sebagai Yoona Girls Generation. Dalam 10 tahun terakhir mendapatkan popularitas sebesar 6.6% berdasarkan data Google Analytics. 

Yoona sangat terkenal di Korea. Bahkan, sejak debut bersama Girls Generation, visualnya begitu jadi perhatian. Berkat kecantikannya pula, Yoona berulang kali membintangi sejumlah cover majalah ternama.

Makin tahun, pengaruhnya makin besar. Popularitas Yoona makin meningkat berkat perannya membintangi banyak drama Korea terkenal. Hal itulah yang membuat ketenarannya bertahan lama, sekalipun Girls Generation sendiri tengah tak aktif belakangan.

Selain itu, pujian demi pujian kerap dilemparkan ke Yoona, berkat tubuh indahnya. Ia bahkan kerap menjadi sosok istri idaman kebanyakan lelaki di Korea. Tak salah jika penggemarnya pun datang dari beragam kalangan usia.

 

 

5. Lee Seung Gi

Di urutan kelima ada Lee Seung Gi yang mendapatkan popularitas sebesar 6.2% berdasarkan data Google Analytics. Meski bukan idol K-Pop, Lee Seung Gi merupakan penyanyi solo Korea yang banyak dicari di pencarian Google dalam satu dekade terakhir.

Kariernya sebagai penyanyi melejit setelah merilis beberapa single hits, seperti Because You're My Woman, Will You Marry Me, dan Return. Selain itu, Lee Seung Gi juga tak membatasi diri, dan memilih tampil total sebagai aktor.

Ada banyak drama terkenal yang sukses dibintanginya, seperti Brilliant Legacy (2009), My Girlfriend Is a Ninet-Tailed Fox (2010), hingga Vagabond (2019). Selain itu, Lee Seung Gi juga sukses menjadi pembawa acara, hingga figur yang banyak menghiasi beragam acara di TV Korea.

Sekalipun sempat vakum, lantaran harus menjalani wajib militer, nyatanya banyak penggemar menantikannya. Kini Lee Seung Gi kembali fokus bernyanyi. Di samping itu, ia juga melanjutkan kariernya di dunia akting dengan membintangi sejumlah drama Korea, termasuk Mouse yang begitu dinanti penayangannya pada 2021 ini.

Itulah sederet bintang Korea yang sukses berkarier secara solo, baik dalam bermusik, bermain peran, hingga menjadi sosok yang berpengaruh dalam industri hiburan K-Pop dalam satu dekade terakhir. Dari semua sosok tersebut, adakah yang kamu favoritkan, KLovers?

 

(kly/tmi)

Reporter: Iwan Tantomi


REKOMENDASI
TRENDING