5 Kabar Paling Bikin Sedih Fans K-Pop di 2017, Siapkan Tisu

Jum'at, 22 Desember 2017 15:10 Penulis: Rahmi Safitri
5 Kabar Paling Bikin Sedih Fans K-Pop di 2017, Siapkan Tisu Jonghyun, Sistar, Siwon © Istimewa

Kapanlagi.com - Tahun 2017 akan segera berakhir dalam hitungan hari. Banyak hal terjadi termasuk di dunia K-Pop. Ada yang bahagia, tapi sayangnya hidup itu tak selalu indah. Di antara kabar-kabar bahagia itu ada berita menyedihkan yang bahkan membuat penggemar K-Pop meneteskan air mata.

KapanLagi.com® merangkum sederet kejadian yang membuat sedih di tahun 2017 bagi penggemar K-Pop. Inilah dia beberapa peristiwa yang semoga saja tidak terulang lagi di tahun depan yang akan segera menyapa kita semua. 

5. Fanwar

Fanwars biasnya melibatkan fandom grup besar © IstimewaFanwars biasnya melibatkan fandom grup besar © Istimewa

Sederet prestasi membanggakan ditorehkan oleh bintang-bintang K-Pop. Rekor-rekor baru juga dipecahkan membuat para penggemar bangga dengan idola mereka. Sayangnya semakin banyak grup yang bagus malah membuat persaingan semakin ketat.

Para penggemar tentunya menginginkan idola mereka menjadi yang terbaik dari yang terbaik. Banyak hal pun mereka lakukan. Mulai dari membeli album, mendengarkan musik secara legal, sampai voting agar boygroup/girlgroup yang mereka puja bisa mendapat award di ajang penghargaan.

Dedikasi tinggi penggemar ini sayangnya terkadang diiringi dengan fanwar. Buat yang belum tahu, fanwar ini adalah perang di antara penggemar. Misalnya ada penggemar grup A tak suka dengan boyband B. Penggemar A ini biasanya akan menjatuhkan dan bicara jelek tentang B. Fans B yang tak terima idola mereka diejek, tentu akan membalas. Awalnya hanya satu dua orang, fanwar bisa merambat ke banyak penggemar dan terjadi berlarut-larut. 

Fanwar ini bisa terjadi antara fans dua grup yang sedang populer, bisa pula terjadi kepada penggemar grup senior dengan fans grup yang terhitung baru debut. Ada pula fanwar antara fans boyband dengan penggemar girlgroup. Tak jarang pula terjadi perang antara fans K-Pop dengan penggemar grup di luar Korea.

Fanwar ini percayalah sangat melelahkan dan bikin sedih. Fans yang hanya ingin mencintai idola mereka dalam damai kadang cuma bisa mengelus dada dan berharap tidak sampai ikut fanwar saat melihat grup yang mereka suka dihina antis/haters.

Cara menghindari fanwar adalah cukup dukung idola mereka tanpa perlu peduli dengan antis/haters. Kalau menemukan kata-kata yang tak mengenakkan cukup diam atau report akun haters tersebut.

4. Putus Cinta

Lee Min Ho dan Suzy putus di 2017 © IstimewaLee Min Ho dan Suzy putus di 2017 © Istimewa

Dua orang pacaran itu bisa berlanjut sampai ke pernikahan atau berakhir karena berbagai alasan alias putus. Beberapa bintang K-Pop tahun ini ada yang mengkonfirmasi kalau mereka putus cinta, seperti BoA dan Suzy Miss A.

BoA di awal tahun ini membenarkan kalau dia pacaran dengan aktor Joo Won. Sayangnya beberapa bulan setelah aktor Good Doctor itu menjalankan wajib militer, hubungannya dengan BoA juga dikonfirmasi telah berakhir. Sedangkan Suzy dan Lee Min Ho diketahui pacaran pada tahun 2015. Hubungan mereka mendapat restu dari banyak orang karena dianggap serasi. Sayangnya di bulan November lalu, mereka mengaku sudah putus.

Fans yang suka melihat idolanya bahagia karena punya pacar, pastinya merasa sedih mendengar kabar putus ini. Apalagi jika pasangan itu terlihat serasi dan cocok. Tak sedikit yang berharap BoA - Joo Won dan Suzy - Lee Min Ho bisa sampai ke pelaminan.

3. Disbandment dan Pindah Agensi

Bubarnya WG dan Sistar bikin syok © IstimewaBubarnya WG dan Sistar bikin syok © Istimewa

Salah satu hal yang ditakutkan oleh penggemar K-Pop adalah saat boyband/girlband yang mereka idolakan memutuskan untuk disband alias bubar. Tahun ini, banyak grup yang memutuskan untuk bubar, dua di antaranya adalah girlgroup yang sering disebut sebagai legend yaitu Wonder Girls dan Sistar. Dua grup yang selalu merajai tangga lagu ketika mereka merilis lagu baru. Tentu saja banyak penggemar keduanya yang langsung syok saat mendengar kabar disbandment dari idola mereka.

Yang juga bikin sedih adalah bubarnya IOI, girlgroup bentukan para jawara ajang Produce 101. Meski sudah diketahui dari awal kalau grup ini tidak akan selamanya ada, tetap saja saat mereka bubar penggemar menitikkan air mata. Selain Wonder Girls, IOI, dan Sistar; grup K-Pop lainnya yang memutuskan bubar di tahun 2017 adalah grup para vokalis bersuara indah 2AM, duo hip-hop Leessang, Boys 24, Chocolat, D.Holic, History, IBI, M.I.B, Phantom, Spica, The Legend dan Unicorn.

Bukan cuma kabar disbandment saja yang bikin syok. Saat Tiffany, Sooyoung dan Seohyun memutuskan untuk tinggalkan SM Entertainment, fans Girls Generation langsung sedih. Untungnya para member Girls Generation dan SM menjelaskan kalau tidak ada disbandment. Kedelapan member bisa kembali bersatu di masa depan kalau ada kesempatan.

Pokoknya biarpun bubar atau pindah agensi, tetap dukung dan hormati keputusan idola kalian ya, KLovers!

2. Skandal dan Komen Negatif Netizen

Beberapa idola yang tersandung skandal © IstimewaBeberapa idola yang tersandung skandal © Istimewa

Beberapa idola terkenal, terkena skandal di tahun 2017 yang bukan hanya membuat penggemar kecewa tapi juga dapat komentar negatif dari para netizens Korea yang menolak mereka untuk kembali ke dunia entertainment. Sederet bintang K-Pop yang tersandung skandal dan jadi bulan-bulanan netizens antara lain Yoochun JYJ, T.O.P Big Bang, Onew SHINee, Kangin, Choi Siwon, Baekho NUEST, dan Taeyeon Girls Generation.

Yoochun sempat diduga melakukan pelecehan seksual, meskipun dinyatakan tidak bersalah. T.O.P terbukti merokok ganja yang membuatnya harus dikeluarkan dari tim kepolisian wajib militer. Onew dituduh melakukan pelecehan seksual kepada seorang wanita di bar saat sedang mabuk dan kasus ini akhirnya tidak berlanjut. Kangin kembali dilaporkan melakukan kekerasan kepada seorang wanita. Siwon jadi bulan-bulanan netizens setelah anjing peliharaannya menggigit tetangga hingga meninggal. Baekho dituduh melakukan pelecehan seksual oleh seorang wanita. Dan Taeyeon sempat terlibat kecelakaan dan untungnya tidak terjadi hal yang serius.

Kasus-kasus tersebut ada yang selesai masalahnya dan ada pula yang belum terbukti kebenarannya, tapi sayangnya di mata netizens, mereka disebut sebagai trouble maker. Beberapa hal yang dilakukan oleh para idola ini memang tidak layak ditiru, tapi entah kenapa apapun yang mereka lakukan seakan mendapat komentar negatif yang membuat para penggemar cuma bisa sedih melihat idola mereka dijelek-jelekkan.

1. Meninggalnya Jonghyun SHINee

Kepergian Jonghyun ditangisi penggemar seluruh dunia © SM EntertainmentKepergian Jonghyun ditangisi penggemar seluruh dunia © SM Entertainment

Menjelang berakhirnya 2017, kabar mengejutkan datang dari Jonghyun SHINee. Sosok pria yang dikenal baik dan berbakat ini memutuskan untuk mengakhiri hidupnya secara tragis dengan cara bunuh diri pada tanggal 18 Desember lalu, setelah mengalami depresi berkepanjangan.

Meninggalnya Jonghyun bukan cuma membuat keluarga, sahabat, dan fans SHINee saja yang bersedih; fans K-Pop dan banyak orang merasa kehilangan. Fans K-Pop di seluruh dunia pun berduka dan punya cara sendiri untuk menunjukkan penghormatan terakhir mereka untuk Jonghyun.

Kepergian Jonghyun ini membuat para penggemar seakan disadarkan dengan kehidupan idola K-Pop yang jauh dari kesan glamor di keseharian. Apalagi beberapa dari mereka pernah secara langsung bilang merasa berat dalam berkarir. Fans pun berharap idola mereka selalu bahagia dan ramai-ramai mengucapkan kata dukungan di akun idola masing-masing.

RIP Kim Jonghyun! You worked hard!

(kpl/pit)

Editor:

Rahmi Safitri


REKOMENDASI
TRENDING