KOREA

5 Rapper Girl Group K-Pop dengan Pesona yang Kuat, Soyeon Jadi Leader Grup

Sabtu, 04 September 2021 19:30

Pesona Rapper Wanita K-Pop (Credit; Instagram)

Kapanlagi.com - Dalam grup K-pop biasanya terdiri dari dancer, vokal, rap dan juga visual. Walaupun tidak semua grup memiliki komposisi ini sebagian besar grup memiliki format seperti ini. Pada awalnya seorang rapper dalam grup biasanya digunakan sebagai pemanis lagu, tapi seiring berjalannya waktu, hal ini tidak lagi terjadi.

Terkadang, dalam grup rap menjadi bagian yang penting dalam sebuah lagu, bahkan menjadi bagian yang sangat dominan. Hal ini terjadi karena efek dari hip-hop yang juga merambah dalam dunia Idol K-Pop. Tapi, tidak semua rapper dalam grup memiliki kualitas yang bagus.

Dalam rap tentunya, flow, lirik, karakter, dan penjiwaan sangat dibutuhkan. Tak banyak rapper Idol K-Pop terutama wanita memiliki hal tersebut, tapi terdapat 5 Rapper Idol yang memiliki hal tersebut, siapa saja mereka?.

1. Soyeon

Rapper girl group (G)I-DLE, Soyeon merupakan jebolan ajang produce yang diadakan oleh MNET. Selain itu, dalam grupnya Soyeon juga merupakan leader dalam grup tersebut,hal itu yang membuat Soyeon lebih terkenal dibanding yang lainnya.

Selain kemampuan menari, rap, dan juga menyanyi Soyeon juga banyak menciptakan lagu untuk grupnya ini. Bahkan hampir semua lagu yang ada dalam grup (G)I-DLE merupakan ciptaan dari Soyeon. Dengan rap dan tone suara yang bisa dibilang unik, Soyeon berhasil masuk dalam salah satu rapper terbaik.

2. HyunA

Selain memiliki image yang sexy dan juga dewasa, HyunA juga menunjukkan bahwa dia merupakan sosok rapper yang perlu untuk diperhitungkan dalam dunia K-Pop. HyunA merupakan mantan member 4minute. Dalam grupnya dulu ia memang memegang kendali lebih banyak dibagian rap dan terbukti rap nya mampu memukau masyarakat.

Namun, HyunA sekarang lebih memilih untuk bersolo karir dan bergabung dengan agensi PSY yakni P-Nation bersama Sang kekasih yakni Dawn. Walaupun sudah menjadi solois, tapi kemampuan rap nya masih tetap memukau hal itu tercermin dalam lagunya 'I'm not cool'.

3. Hwasa MAMAMOO

Jika kita mendengar grup MAMAMOO tentunya kita tidak asing dengan Hwasa, gadis cantik yang mematahkan standar kecantikan yang telah bertahun-tahun tertanam dalam benak warga Korea Selatan ini merupakan ikon dari grup tersebut.

Meskipun skill rap Hwasa tak sebagus dengan Soyeon dan juga HyunA, tapi karakter suara yang kuat serta gaya yang berani dan juga kuat membuat namanya melambung tinggi. Ia melebarkan sayap dalam industri musik dengan melakukan debut solo, lagu miliknya 'Maria' merupakan lagu tersukses yang dimiliki Hwasa.

4. Jennie BLACKPINK

Kim Jennie atau yang akrab dipanggil dengan Jennie BLACKPINK ini merupakan main rapper dari BLACKPINK, bergabung dengan agensi yang terkenal akan kemampuan rap yang sangat luar biasa yakni YG Entertainment membuat Jennie memiliki skill rap yang sangat luar biasa. Bahkan ia sejajar dengan rapper pria dengan rap tercepat.

Jennie pada awalnya masuk ke agensi YG Entertainment ingin berfokus vokal, tapi karena kemampuan bahasa inggris yang sangat baik maka YG Entertainment memutuskan untuk Jennie Berlatih Rap

5. Lisa BLACKPINK

Siapa yang tak kenal dengan mega bintang satu ini, Lisa BLACKPINK merupakan salah satu rapper bersama Jennie dalam grup BLACKPINK. Gadis asal Thailand ini merupakan penari utama dalam grupnya. Namun, kemampuan rap yang sangat baik membuatnya masuk dalam rap-line.

Lisa dipuji oleh beberapa kritikus musik karena flow dan gaya bicara yang sangat khas. Selain itu, aura dan juga pembawaannya yang swag, terlihat alami tanpa dibuat-buat. Tidak seperti Rapper yang lain, Lisa cenderung memperhatikan flow daripada kecepatan rap.

Grup dan rap merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, memang dulu rap adalah sesuatu yang digunakan hanya untuk pemanis lagu. Namun, kini rap mengambil peranan penting dalam setiap lagu.

Ditulis Oleh: Andre'an Adhe Prastyo

 


REKOMENDASI
TRENDING