HOME » KOREA
KOREA

12 Rekomendasi Film Anime Terbaik Sepanjang Masa, Sayang Jika Dilewatkan

Minggu, 17 Juli 2022 10:55

Rekomendasi Film Anime Terbaik (credit: imdb)

Kapanlagi.com - Siapa yang tak suka menonton film? Hampir setiap orang sepertinya suka melakukannya. Apalagi jika film yang ditonton merupakan jenis film favorit. Dari banyaknya jenis film, anime atau kartun Jepang jadi salah satu yang cukup banyak difavoritkan. Terbukti, banyak orang yang mencari rekomendasi film anime terbaik untuk dijadikan sebagai tontonan.

Film anime memang tak pernah sepi peminat. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sangat banyak yang menggemari anime. Wajar saja pasalnya, film anime mempunyai cerita yang seru dan menarik untuk diikuti. Apalagi, ada beberapa rekomendasi film anime terbaik yang sudah terbukti kualitasnya. Penasaran, apa saja judul anime tersebut?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa rekomendasi film anime terbaik yang wajib ditonton setidaknya sekali seumur hidup.

1. MY NEIGHBOR TOTORO

MY NEIGHBOR TOTORO menjadi salah satu anime Jepang yang paling populer sepanjang masa. Karakter Totoro yang lucu dan menggemaskan juga sangat terkenal hingga ke penjuru dunia. Alhasil, meski sudah diproduksi sejak tahu 1998 silam, MY NEIGHBOR TOTORO masih kerap masuk ke dalam daftar rekomendasi film anime terbaik sepanjang masa.

Anime yang diproduksi studio Gibli  ini bercerita tentang sebuah keluarga yang pindah ke sebuah desa terpencil. Dalam keluarga tersebut terdapat dua anak perempuan, Satsuki dan Mei. Suatu hati, Mei bertemu dengan Totoro makhluk mitologi yang misterius tapi lucu dan ajaib. Kedua bocah perempuan tersebut lantas berteman dengan Totoro dan melakukan berbagai hal ajaib bersama.

MY NEIGHBOR TOTORO mempunyai alur yang sederhana tapi memikat. Penonton hanya perlu duduk menyaksikan dengan takjub keajaiban-keajaiban yang dilakukan Totoro, Satsuki, dan Mei.

2. SPIRITED AWAY

Rekomendasi film anime terbaik yang kedua masih berasal dari produksi Studio Gibli. Anime tersebut berjudul SPIRITED AWAY. Anime yang satu ini juga bergenre fantasi. Bercerita tantang seorang anak perempuan bernama Chihiro yang harus berpetualang untuk menyelamatkan kedua orangtuanya dari kutukan. Ayah dan ibu Chihiro dikutuk menjadi babi lantaran punya sifat serakah.

Bukan tanpa alasan kenapa SPIRITED AWAY layak disebut sebagai salah satu film anime terbaik. Pasalnya, anime ini telah memenangkan banyak penghargaan. Salah satu yang paling bergengsi, SPIRITED AWAY berhasil memenangkan kategori Best Animated Feature di pergelaran Oscar.

3. GRAVE OF THE FIREFLIES

Apabila kalian mencari rekomendasi film anime terbaik dengan cerita yang sedih, GRAVE OF THE FIREFLIES bisa jadi pilihannya. GRAVE OF THE FIREFLIES mengangkat cerita tentang anak-anak korban Perang Dunia II di Jepang, tepatnya ketika bom atom dijatuhkan di kota Hiroshima dan Nagasaki.

Tokoh dalam anime ini bernama Seita dan Setsuko, kakak beradik yang hidupnya penuh dengan kesusahan akibat perang. Hari-hari Seita begitu berat karena harus menghidupi adiknya. Perjuangan hidup Seita dan Setsuko sangat menguras emosi. Hubungan Seita dan Setsuko juga begitu menyentuh dan penuh keharuan. Penonton bakal merasa iba sekaligus simpati menyaksikan perjuangan hidup kakak beradik ini.

4. KIMI NO NA WA

Rekomendasi film anime terbaik selanjutnya berjudul KIMI NO NA WA. Saat dirilis pada 2016 lalu, KIMI NO NA WA langsung jadi salah satu film yang jadi perbincangan. Bahkan hingga saat ini, KIMI NO NA WA masih jadi film anime favorit bagi banyak orang.

KIMI NO NA WA bercerita tentang kehidupan seorang laki-laki bernama Taki Tachibana dan perempuan bernama Mitsuha Miyamizu yang saling terhubung secara misterius. Suatu hari Taki dan Mitsuha mengalami peristiwa aneh. Keduanya tiba-tiba saja bertukar raga. Karena penasaran, Taki dan Mitsuha lantas berusaha untuk saling menemukan.

Dalam usaha tersebut, akhirnya Taki dan Mitsuha justru dihadapkan pada rahasia dan misteri yang lebih besar. Penasaran, seperti apa kisah Taki dan Mitsuha? Langsung saja tonton anime satu ini.

5. WEATHERING WITH YOU

WEATHERING WITH YOU juga jadi salah satu film anime terbaik yang sayang jika dilewatkan. WEATHERING WITH YOU juga berasal dari sutradara yang sama yang menggarap KIMI NO NA WA. Anime ini bercerita tentang dua tokoh bernama Hodaka dan Hina.

Hodaka merupakan seorang pekerja di sebuah majalah kecil. Sementara, Hina merupakan gadis yang tampak biasa saja tapi ternyata mempunyai kekuatan dalam memunculkan matahari dan mendatangkan hujan. Suatu hari mereka berdua bertemu. Mereka lantas memanfaatkan kemampuan Hina untuk melakukan hal-hal yang mereka mau. Penasaran, seperti apa kelanjutan kisahnya? Langsung saja tonton WEATHERING WITH YOU.

6. 5 CENTIMETERS PER SECOND

Untuk penggemar film anime romantis, 5 CENTIMETERS PER SECOND jadi salah satu judul yang cukup direkomendasikan. Anime 5 CENTIMETERS PER SECOND mempunyai cerita yang romantis sekaligus menyentuh. Penonton yang menyaksikannya bisa terbawa perasaan alias baper seketika. Tak saja tentang cinta, 5 CENTIMETERS PER SECOND juga menampilkan cerita tentang persahabatan.

Dikisahkan, Toono Takaki dan Shinohara Akari dua orang yang sudah lama menjalin hubungan. Suatu hari, mereka harus berpisah secara terpaksa lantaran Akari harus ikut orangtuanya pindah rumah. Meski sudah tinggal terpisah, keduanya tetap menjalin komunikasi lewat berkirim surat. Namun jarak dan kesibukan tetap menjadi masalah yang cukup berarti.

Berhasilkah mereka mempertahankan hubungan di tengah berbagai masalah yang mendera? Jika penasaran langsung saja tonton dan ikuti kisah Toono Takaki dan Shinohara Akari di anime 5 CENTIMETERS PER SECOND.

7. PERFECT BLUE

Rekomendasi film anime terbaik selanjutnya ada anime berjudul PERFECT BLUE. Anime ini mempunyai cerita yang cukup matang dan dalam, sehingga tidak begitu cocok untuk ditonton oleh anak di bawah umur. Apalagi, di anime ini terdapat adegan kekerasan dan pemerkosaan yang tentunya tidak ramah anak. Namun, untuk orang dewasa PERFECT BLUE jadi satu judul yang wajib kalian tonton.

PERFECT BLUE berkisah tentang seorang tokoh bernama Mira Kirigoe. Mira merupakan seorang member idol grup yang baru menjajal dunia akting. Sayangnya, karier Mira sebagai aktris justru dinilai kurang. Mira yang dahulu dipuja sebagai idol justru menerima banyak cercaan dan teror.

8. THE WIND RISES

THE WIND RISES juga bisa dibilang salah satu rekomendasi film anime terbaik yang pernah ada. THE WIND RISES merupakan animasi produksi studio Ghibli yang disutradarai oleh Hayao Miyazaki. Anime ini mempunyai cerita yang menarik dan kompleks mengenai bencana, romansa, perang, dan kehilangan. 

Anime bercerita tentang seorang anak bernama Jirou yang bermimpi bisa menciptakan pesawat terbang. Jirou adalah sosok yang gigih. Pada akhirnya, Jirou berhasil mewujudkan impiannya tersebut. Namun tentunya, perjalanan Jirou untuk mewujudkan impiannya itu tentu tidaklah mudah. Banyak pertentangan yang terjadi dan menempa kehidupan Jirou. 

9. SILENT VOICE

Jika kalian mencari rekomendasi film anime terbaik yang romantis dan mengharu biru, SILENT VOICE bisa jadi jawabannya. Anime ini mempunyai cerita yang menyentuh. SILENT VOICE mengisahkan tentang Shouko Nishmiya seorang gadis tuli yang sempat mengalami bullying yang dilakukan oleh teman sekelasnya, Shouya Ishida.

Sekian tahun berselang, suatu hal besar terjadi pada Ishida Shouya. Sehingga mengubah tabiatnya yang semula jahil dan pembully, menjadi baik hati. Shouya kemudian memutuskan untuk mencari Nishimiya dan memperbaiki perbuatan buruknya di masa lalu.  

10. MIRAI NO MIRAI

Anime MIRAI NO MIRAI jadi rekomendasi film anime terbaik yang selanjutnya. MIRAI NO MIRA mempunyai cerita yang seru dan menarik. Tokoh dalam anime ini adalah Kun Oota, seorang anak berusia 4 tahun. Kun Oota merupakan anak kesayangan di keluarganya. Namun kehidupan Kun mulai berubah setelah dia mempunyai seorang adik perempuan bernama Mirai.

Pasalnya, sejak itu kedua orangtua Kun jadi lebih menyayangi Mirai. Lantaran merasa sedih, Kun akhirnya memutuskan pergi  ke sebuah taman. Saat itu, peristiwa ajaib terjadi. Kun bisa bertemu dengan beberapa orang dari masa lalu dan masa depan di kehidupannya, termasuk Mirai dalam usia remaja. Bersama Mirai remaja, Kun akhirnya melakukan sebuah petualangan menakjubkan.

11. WORDS BUBBLE UP LIKE SODA POP

WORDS BUBBLE UP LIKE SODA POP merupakan salah satu anime produksi original Netflix yang cukup populer. Anime ini disutradarai Kyohei Ishiguro. Anime WORDS BUBBLE UP LIKE SODA POP mempunyai cerita yang ringan dan segar. Anime ini bercerita kisah seorang anak laki-laki pendiam bernama Cherry dan seorang anak perempuan bernama Smile. 

Cherry dan Smile mempunyai karakter yang berbeda. Suatu ketika mereka mengalami kejadian yang membuat hp mereka tertukar. Sejak saat itu, hubungan antara Cherry dan Smile terjalin mulai dari persahabatan kemudian jadi cinta. Namun lantaran punya karakter yang berbeda, Cherry dan Smile mempunyai interaksi yang seru dan unik.

12. WOLF CHILDREN

Rekomendasi film anime terbaik yang terakhir yaitu WOLF CHILDREN. Anime ini termasuk dalam genre fantasi. Cerita anime WOLF CHILDREN bermula saat Hana seorang wanita yang menjalin hubungan dengan seorang laki-laki siluman serigala.

Hana kemudian mempunyai dua orang anak dengan kuping dan ekor selayaknya serigala. Terlahir sebagai anak yang tak biasa, kedua anak Hana mengalami kesulitan beradaptasi dengan dunia yang di tempatinya.

Sayangnya, tak lama setelah kedua anak itu lahir, sang ayah meninggal dunia. Hana akhirnya harus menghidupi kedua anaknya seorang diri. Ya, anime ini mempunyai cerita yang sedih dan menyentuh, karena banyak menceritakan tentang kegigihan seorang ibu membesarkan anaknya. 

Itulah di antaranya beberapa rekomendasi film anime terbaik. Selamat menonton!


REKOMENDASI
TRENDING