KOREA

‘IDOL’ Menjadi MV Ke-6 yang Tembus 100 Miliar Views, Ini Dia Beberapa Fakta Unik dari Lagu Tersebut!

Senin, 13 September 2021 10:51

BTS (Credit: Instagram/BTS_bighit)

Kapanlagi.com - Boy group asal Korea Selatan BTS kembali mencetak prestasi yang membanggakan para ARMY. Pasalnya, salah satu mv dari lagu mereka berhasil menembus satu miliar penayangan di youtube. Lagu tersebut adalah IDOL. Hal ini mereka capai pada tanggal 11 September 2021 lalu. Pencapaian ini juga menjadi pencapaian yang cukup bersejarah, mengingat sebelumnya, BTS sudah mencatatkan lima mv dari lagu lain mereka yang menembus angka satu miliar penayangan di youtube.

Lagu IDOL ini merupakan lagu yang dirilis oleh BTS pada tanggal 24 Agustus 2018 lalu. Dengan begitu, butuh selama kurang lebih tiga tahun bagi mereka untuk dapat menembus satu miliar penayangan di youtube. Lagu ini juga sebagai single utama dari album kompilasi ketiga mereka LOVE YOURSELF: ANSWER.

Lagu ini memang sudah menjadi trending sejak dirilis pertama kali pada tiga tahun yang lalu. Selain dari musik yang sangat easy listening, ternyata terdapat beberapa hal unik lainnya di balik lagu dan mv dari lagu IDOL ini yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar dan pecinta musik k-pop lainnya. Yuk simak beberapa fakta unik tersebut!

1. Makna Lirik dan Judul Lagu yang Unik

IDOL jika diterjemahkan dari bahasa inggris memiliki makna berupa idola. Hal ini memiliki makna bahwa melalui lagu ini, BTS ini merupakan suatu idola. Tetapi ada hal unik di balik judul lagu yang terbilang cukup simple ini. Kata IDOL di dalam lagu ini juga memiliki makna lain yang merupakan akronim dari I DO LOVE MY SELF, yang memiliki makna bahwa aku mencintai diriku sendiri.

Selain judul yang unik, lirik yang ada di dalam lagu ini juga terbilang cukup unik. Di dalam lagu ini, BTS ingin menceritakan pada pendengar bahwa mereka memang idola, tetapi juga merupakan manusia biasa juga yang mencintai dirinya sendiri, mencintai orang lain, dan merasakan cinta-cinta yang lain. 

2. Konsep Karya Campuran Modern dan Tradisional

Selain dari judul dan lirik lagu yang memiliki makna mendalam dan juga konsep yang unik, dari keseluruhan lagu ini, mulai lagu hingga music video-nya ini juga menyimpan hal-hal unik lainnya. Mereka memadukan unsur modern dan tradisional yang terlihat dari audio dan music video mereka.

Dari segi melodi, BTS menggunakan EDM dan TRAP GROOVE serta diselingi oleh instrumen tradisional Korea. Salah satu unsur yang diselipkan di dalam lagu ini adalah Chu-Imsae yang merupakan bagian dari musik tradisional Korea seperti samul nori (musik perkusi Korea). Dari segi video, mereka juga menyelipkan tarian tradisional khas Korea Selatan dan juga menggunakan baju tradisional Korea yaitu Hanbook.

3. Merupakan Bagian Kampanye Anti Depresi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, lirik lagu dari IDOL ini menggambarkan pesan Love Your Self, Love My Self. Selain itu lagu ini juga menggambarkan bentuk dissrespect dari mereka terhadap para penggemar yang terlalu berlebihan hingga mengganggu kehidupan para idola seperti BTS

Melalui lagu ini, BTS bergabung dan juga melakukan kampanye dengan UNICEF bertema "Love My Self" untuk mencegah kekerasan pada anak dan remaja. Melalui kampanye yang dilakukan ini, BTS berharap agar remaja lebih mencintai diri mereka sendiri sehingga terhindar dari berbagai kasus anak seperti depresi, bullying, aksi bunuh diri, terlibat balap liar, tawuran, kasus narkotika, menjual diri dan kasus kriminal lainnya. 

4. Rilis Dalam Dua Versi

Fakta unik selanjutnya dari lagu ini adalah dari perilisan lagu IDOL ini. Lagu ini ternyata dirilis oleh BTS dalam dua versi yang berbeda yaitu versi original dan versi remix. Dalam versi remix-nya, BTS juga menyisipkan suatu kejutan yang ada di bagian akhir dari lagunya tersebut.

Kejutan tersebut adalah adanya suara rapper kenamaan Amerika Serikat yang juga turut menyumbangkan suara emasnya di dalam lagu ini, yaitu Nicki Minaj. Tanpa mengubah lagu BTS ini secara keseluruhan, Nicki Minaj hanya menambahkan rap di bagian akhir lagu. Kolaborasi ini menjadi kolaborasi yang ditunggu-tunggu oleh para penggemar dari BTS dan Nicki Minaj

5. Sempat Trending di Awal Perilisannya

Selain dari perilisan yang terdapat dua versi perilisan di dalam lagu ini, BTS juga mendapatkan suatu pencapaian yang mengagumkan dari perilisan lagu ini. Jadi, sebelum mencapai satu miliar penayangan di youtube, mereka juga mencapai 50 juta penayangan di youtube dalam 24 jam perilisannya. Lagu ini juga memang menjadi trending di twitter dan di berbagai negara yang ada di dunia. 

Pencapaian yang dihasilkan dari lagu ini menggenapkan jumlah mv lagu dari BTS ini yang mencapai satu miliar penayangan selama mereka berkarir di dunia musik. Kini total terdapat enam mv lagu yang dimiliki oleh BTS yang mencapai satu miliar penayangan di youtube. Lagu-lagu tersebut adalah Boy With Luv, DNA, Dynamite, Mic Drop (Remix Steve Aoki), Fake Love, dan yang terbaru adalah IDOL

Wah, sungguh pencapaian yang luar biasa dari BTS yah KLovers. Semoga pencapaian ini dapat memacu BTS untuk dapat berkarya dengan lebih kreatif dan inovatif lagi ya KLovers!

Ditulis oleh: Muhammad Ancah

 

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake
REKOMENDASI
TRENDING